ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Penulis

  • Jusman Jusman UIN Alauddin Makassar
  • Jumrah Jumrah STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang
  • Putri Anggia STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i1.54

Kata Kunci:

Hasil Belajar Fisika, Motivasi Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran  belajar, hasil belajar fisika dan untuk mengetahui hubungan antara  belajar dengan hasil belajar fisika Siswa kelas X SMA Negeri 3 Pinrang. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik propossional randem Sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Yamanen dari populasi yang ada, sehingga sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 65 siswa dari 265 siswa sebagai populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional dengan pendekatan expost facto dan survey. Analisis yang digunakan adalah analisi deskriptif dan analisi korelasi sederhana untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dan mengetahui arah hubungan yang terjadi. Hasil variabel  pada 40 Item soal angket berkategori valid, nilai cronbach’s Alpha X sebesar 0,895 yang berarti bahwa pada instrumen adalah reliabel. Deskripsi analisis deskriptif secara numerik pada nilai Mean sebesar 61,38, Median sebesar 62,50, Mode sebesar 65, Std. Deviation sebesar 8,46 Variance 71,5, Range sebesar 33, Minimum sebesar 41, dan nilai Maximum sebesar 74. Tingkat keeratan hubungan  terhadap hasil belajar sebesar 0,990 maka dapat dikatakan motivasi belajar memiliki tingkat hubungan berada pada kategori berkorelasi sempurna terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Pinrang.

Biografi Penulis

Jumrah Jumrah, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Putri Anggia, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Referensi

A.M., Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Abraham, Maslow. 2004. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Eklektik. Skripsi FIP UNIMED 2016

Agus Suprijono, 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Cet. 1. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Akdon, dan Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Atkinson, R.L., 2009. Pengantar Psikologi . Alih bahasa: Nurjanah. Jakarta: Penerbit Erlangga.

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.

Cahyani, A., Diah Listiani, I., & Putri Deta Larasati, S. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Chernis, C & Goleman, D. 2001. The Emotionally Intelligent Workplace, San Fransisco: Jossey Bass a Willey Company.

Dimyati dan Moedjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati, 2013. Belajar & Pembelajaran, cet. 5. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah. 2008. Prestasi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Cipta Karya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. cet. 3. Jakarta : Rineka Cipta.

Donald, F. J. Mc. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. dalam Nashar, H. Jakarta: Delia Press.

Hanafiah. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Nurnaifah, I. I. ., & Razzaq, A. . (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Microsoft PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 29–41. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i1.9

Pardede, Ratlan dan Manurung, Reinhard, 2014. Analisis Jalur (Path Analysis) Teori dan Aplikasi dalam Riset Bisnis, Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Priyatno, Duwi. (2010). “5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 19”. Yogyakarta: Andi Putrayasa, Ida Bagus. 2013. Landasan Pembelajaran. Singaraja : Undiksha Press.

Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.

Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Sardi, A., Palimari, & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68–83. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.31

Sanjaya, Wina.2008. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media Group 1

Siregar, Syofian. 2014. Satistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A Chapter Review: Selecting Language For Materials Writing:(The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching-Routledge). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara Bandung PT Remaja Rosdaka Karya

Walid, Abdul 2021. Pengaruh Iklim Sekolah Dan Etos Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Di SMA Negeri Kabupaten Pinrang, Disertasi: Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

Winkel, W.S. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.

Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Zaharah, Z., Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 269-282. Volume 7 No. 3

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-24

Cara Mengutip

Jusman, J., Jumrah, J., & Anggia, P. (2023). ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i1.54

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.