Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i1.8

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar Fisika

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk a) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik dimasa Pandemi Covid-19 pada peserta didik kelas X MA DDI Kaballangang, b) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar fisika dimasa pandemi Covid-19 pada peserta didik kelas X MA DDI Kaballangang, dan c) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika dimasa Pandemi Covid-19 pada peserta didik kelas X MA DDI Kaballangang. Berdasarkan analisis data dan pembahasan mengenai hasil penelitian tentang hubungan motivasi peserta didik terhadap Hasil Belajar Fisika peserta didik Kelas X MA DDI Kaballangang tahun Ajaran 2020/2021, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Dimana motivasi belajar memberikan pengaruh sebesar 27,5% disebabkan oleh faktor internal. Hubungan antara Motivasi belajar terhadap Hasil belajar termasuk dalam kriteria rendah karena nilai interval koefisiennya berada diantara 0,200 – 0,399. Besar kontribusi yang didapat sesuai dengan rumus KD = x 100% adalah sebesar 7,56%, ini menunjukkan bahwa Hasil belajar fisika dipengaruhi oleh Motivasi belajar fisika peserta didik. Besarnya pengaruh motivasi peserta didik terhadap Hasil Belajar Fisika peserta didik Kelas X MA DDI Kaballangang tahun Ajaran 2020/2021 adalah sebesar 27,5% terhadap Hasil Belajar Fisika, sedangkan sisanya 72,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar motivasi peserta didik. Kriteria persentase 27,5% termasuk dalam kategori rendah.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-16

Cara Mengutip

Rosita, R., & Ishak, I. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i1.8

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.