Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi Belajar Fisika Siswa

Penulis

  • Rosita Rosita STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang
  • Ayu Zulpiah Sulaiman STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang
  • Syahrir Haruna Kemenag Kab. Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.33

Kata Kunci:

think pair share, pembelajaran konvensional, motivasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap motivasi belajar fisika, (2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar fisika, (3) mengetahui perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Pinrang tahun ajaran 2019/2020. Kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 peserta didik, sedangkan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 26 peserta didik. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket motivasi belajar awal, angket motivasi belajar akhir. Teknik pengambilan data adalah dengan observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap motivasi belajar fisika, (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar fisika, (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar fisika.

Referensi

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan Nasional.(2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Abu Hamid. (2011). Pembelajaran Fisika di Sekolah. Yogyakarta: P2IS FMIPA UNY.

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Penerjemah: Helly Prajitno S. & Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati & Mudjiono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Erman Suherman, dkk.(2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ermawati, E., Nurchalis, N. F., & Sardi, A. (2021). Online EFL Teaching and Learning: Different skills, Different Challenges. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(1), 495–505. https://doi.org/10.24256/ideas.v8i2.1660

Hamzah B. Uno.(2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.

Imas Kurniasih dan Berlin Sani.(2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Jakarta: Kata Pena.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.

Kyriacou, Chris. (2011). Effective Teaching: Theory and Practice. Penerjemah: M. Khozim. Bandung: Nusa Media.

Mundilarto.(2012). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: UNY Press.

Oemar Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto.(2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Saifuddin Azwar. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara

Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Triton PB. (2006). SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Rosita, R., Sulaiman, A. Z., & Haruna, S. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 93–104. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.33

Terbitan

Bagian

Artikel