HUBUNGAN KINERJA GURU DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KOTA WATAMPONE
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i1.58Kata Kunci:
Hasil Belajar, Kinerja Guru, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar kinerja guru, motivasi belajar dan hasil belajar fisika, mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar fisika, motivasi belajar dengan hasil belajar fisika , dan kinerja guru dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika peserta didik, mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar fisika peserta didik jika motivasi belajar dikontrol, mengetahui hubungan antara motivasi dengan hasil belajar fisika peserta didik jika kinerja guru dikontrol. Populasi penelitian ini, seluruh peserta didik kelas XI IPA/MIA SMAN di Kota Watampone Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan; Kinerja guru, motivasi belajar, dan hasil belajar fisika peserta didik termasuk dalam kategori tinggi. Terdapat hubungan positif antara kinerja guru dengan hasil belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar, kinerja guru dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika peserta didik, masing-masing 0,646, 0,640, 0,776. Terdapat hubungan positif antara kinerja guru dengan hasil belajar peserta didik jika motivasi belajar dikontrol, sebesar 0,570; Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik jika kinerja guru dikontrol, sebesar 0,563. Model persamaan regresi berganda Ŷ = -6,771 + 0,109X1+ 0,131X2.
Referensi
A, Jason, Michael J. Wesson Colquitt, University of Georgia, Jeffery A. LePine, Arizona State University, and Texas A&M University. 2011. Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment In The Workplace. Fourth Edi. United States: y McGraw-Hill Education, 2 Penn Plaza, New York, NY 10121.
Ahmad, A. K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 79-87.
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1193-1202.
Anggriani, S. ., & Jumrah. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 42–57. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i1.10
Bailey, M. D., & Michaels, D. (2019). An optimization-based DSS for student-to-teacher assignment: Classroom heterogeneity and teacher performance measures. Decision Support Systems, 119, 60–71. https://doi.org/10.1016/J.DSS.2019.02.006
Başar, U., & Sigri, U. (2015). Effects of Teachers’ Organizational Justice Perceptions on Intention to Quit: Mediation Role of Organizational Identification. 1, 45–59. https://doi.org/10.12738/estp.2015.1.2326
Harnipa. (2016). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi, Minat dan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Luwu.
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Likert, R. (1932). A technique for the measurement of attitudes. In Arsip Psikologi (22nd ed., Vol. 140). Arsip Psikologi. https://psycnet.apa.org/record/1933-01885-001
Mekonnen, S. K. (2014). The Correlation among Teachers’ Expectations and Students’ Motivation, Academic Self Concept and Academic Achievement. Journal of Education and Practice, 5(20), 77–81. https://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/14248
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Salkind, N. (2010). Encyclopedia of Research Design. Encyclopedia of Research Design. https://doi.org/10.4135/9781412961288
Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. JURNAL PENDIDIKKAN MATEMATIKA, 1(2), 105–113. https://doi.org/DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1946
Susanto, H., Negeri, S., Selatan, D., Sungai, K. H., & Kal-Sel, S. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/JPV.V2I2.1028
Siregar, S.2014.Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Rietveld dan Sunaryanto. 1994. 87 Masalah Pokok dalam Regresi Berganda, Yogyakarta: Andi Offset.
Yusuf, Abd Razak, Ibrahim, M. M., & Ismail, M. I. (2019). Pengaruh Kinerja Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Pada Smait Wahdah Islamiyah Makassar. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 16(1), 104–116. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/3316
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nur Hidayat, Muhammad Sidin Ali, Muris Muris, Rosita Rosita

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.