http://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/issue/feedAl-Irsyad Journal of Physics Education2025-07-27T21:27:32+07:00Ihfa Indira Nurnaifahihfaindira@stkipddipinrang.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE)</strong></p> <p><strong>Editor in Chief: <a title="Google Scholar" href="https://scholar.google.com/citations?user=64qHLLgAAAAJ&hl=id" target="_blank" rel="noopener">Ihfa Indira Nurnaifah</a><br />DOI: </strong><a title="DOI Jurnal" href="https://doi.org/10.58917/ijpe" target="_blank" rel="noopener">10.58917/ijpe</a><br /><strong>Indexed By: </strong><em><a title="SK Akreditasi Tahap 1 2025" href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/14804" target="_blank" rel="noopener">SINTA 5</a> <a title="GS" href="https://scholar.google.com/citations?user=Dzp9F4UAAAAJ&hl=id" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>, <a title="GRD" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/29106" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a>, <a title="ICI" href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=125863" target="_blank" rel="noopener">ICI Copernicus</a>, <a title="RG" href="https://www.researchgate.net/journal/Al-Irsyad-Journal-of-Physics-Education-2828-0849?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InByb2ZpbGUiLCJwYWdlIjoicHVibGljYXRpb24iLCJwcmV2aW91c1BhZ2UiOiJwcm9maWxlIn19" target="_blank" rel="noopener">ResearchGate</a>, and <a title="CFF" href="https://search.crossref.org/?q=10.58917%2Fijpe&from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a></em></p> <p>Jurnal ini dikelola oleh STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang. <strong>IJPE</strong> memuat tulisan artikel Ilmu Pendidikan Fisika baik tulisan dari hasil penelitian maupun tulisan studi kepustakaan. Jurnal ini diterbitkan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini bereputasi nasional, terakreditasi Sinta 5 dengan <strong>E-ISSN: <a title="eissn" href="https://portal.issn.org/api/search?search[]=MUST=allissnbis=%222828-0849%22&search_id=28790243" target="_blank" rel="noopener">2828-0849</a></strong> dan <strong>P-ISSN: <a title="pissn" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2828-5476" target="_blank" rel="noopener">2828-5476</a>.</strong></p> <p><em>This journal is managed by STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang. <strong>IJPE</strong> contains articles on Physics Education, both writings from research results and literature study writings. This journal is published regularly twice a year, namely January and July. The journal is of national repute and Sinta 5 accredited with E-ISSN: <strong><a title="eissn" href="https://portal.issn.org/api/search?search[]=MUST=allissnbis=%222828-0849%22&search_id=28790243" target="_blank" rel="noopener">2828-0849</a></strong> and P-ISSN: <strong><a title="pissn" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2828-5476" target="_blank" rel="noopener">2828-5476</a></strong>.</em></p>http://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/311ANALISIS KETERAMPILAN BERARGUMENTASI (COMMUNICATION SKILL) CALON GURU SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KETERAMPILAN ABAD 212025-06-30T20:12:20+07:00Mariani Akhfarmarianiakhfar90@gmail.comIhfa Indira Nurnaifah Idrisihfa.indira.nurnaifah.idris@unm.ac.idRiskawati Riskawatiriskawati@unm.ac.id<p>Lulusan program pendidikan diharapkan memiliki hard skill dan soft skill yang terasah secara optimal. Salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh calon guru adalah kemampuan berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan keterampilan berargumentasi (communication skill) calon guru sebagai bagian dari penguatan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan lokasi penelitian di Universitas Pancasakti Makassar pada program studi Pendidikan Fisika. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 45 mahasiswa angkatan 2022–2024. Instrumen yang digunakan berupa soal esai yang telah tervalidasi. Keterampilan berargumentasi diukur berdasarkan lima indikator, yaitu claim, data, warrant, backing, dan rebuttal. Argumentasi yang baik mencakup kelima indikator tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator claim dan data memperoleh persentase tertinggi sebesar 70% dengan kategori kuat, sedangkan indikator warrant, backing, dan rebuttal masih berada pada persentase sekitar 40% dengan kualifikasi cukup. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung hanya mampu menyajikan bukti data, namun belum menguasai seluruh komponen keterampilan berargumentasi secara menyeluruh.</p>2025-07-27T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Mariani Akhfar, Ihfa Indira Nurnaifah Idris, Riskawati Riskawatihttp://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/372PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA2025-07-16T14:59:24+07:00Eka Seprianti Sihalohoekahaloho2017@gmail.comApriani Sijabataprianisijabat@gmail.cFine Eirene Siahaanfine@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Kahoot! terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA, khususnya pada materi Energi dan Usaha. Kesulitan siswa dalam memahami konsep abstrak seperti usaha dan energi menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain non-equivalent control group, melibatkan dua kelompok: eksperimen yang menggunakan Kahoot! dan kontrol dengan metode konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari pretest, posttest, dan angket respon siswa. Hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai signifikansi 0,017 (< 0,05). Selain itu, 73,61% siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Kahoot!, yang mencerminkan peningkatan motivasi dan keterlibatan dalam pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa Kahoot! merupakan alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika sekaligus menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.</p>2025-07-27T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Eka Seprianti Sihaloho, Apriani Sijabat, Fine Eirene Siahaanhttp://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/315PENERAPAN E-LKPD INKUIRI DENGAN LIVEWORKSHEET TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MA MADANI2025-06-30T10:08:51+07:00A. Jusrianaandijusrianafisikaunm@yahoo.co.idSarlinda Sarlindasarlinda@gmail.comDani Ali Umarali@gmail.com<p>Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen, yang perlakuannya diberikan pada satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol dengan design penelitian The Matching Only Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan antara minat belajar peserta didik yang diajar dan tidak diajar menggunakan E-LKPD berbasis inkuiri terstruktur berbantuan liveworksheet kelas X Ma Madani alauddin Pao-Pao. Teknik sampel yang digunakan pemadanan (matching), teknik ini dilakukan hingga mendapatkan 27 pasang sampel. Adapun instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen angket minat belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial Hasil penelitian menunjukkan minat belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 75,44 dan rata-rata hasil belajar sebesar 72,85 sedangkan Minat belajar pada kelas kontrol sebesar 69,66 dengan Hasil belajar sebesar 55,14. Dengan menggunakan Uji Mann-Whitney terdapat perbedaan Minat belajar dan Hasil Belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar dan yang tidak diajar E-LKPD Berbasisi inkuiri tertstruktur Berbantuan Liveworksheet. Implikasi pada penelitian ini yaitu bagi guru mata pelajaran fisika dapat mempertimbangkan untuk menggunakan E-LKPD berbasis Inkuiri terstruktur Berbantuan Liveworksheet karena dapat mempengaruhi minat hasil belajar peserta didik.</p>2025-07-27T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 A. Jusriana, Sarlinda Sarlinda, Dani Ali Umarhttp://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/404EVALUASI ENERGI DAN MOMENTUM ALIRAN PADA SALURAN BERTINGKAT MENGGUNAKAN PRINSIP KONSERVASI FLUIDA2025-07-22T19:05:44+07:00Ferawati Artauli Hasibuanferawati.ah84@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi perubahan energi dan momentum aliran air pada saluran bertingkat dengan menerapkan prinsip konservasi fluida, yaitu hukum kekekalan massa, energi, dan momentum. Saluran bertingkat merupakan salah satu struktur hidraulik yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan energi aliran guna mencegah erosi serta kerusakan struktur. Dalam studi ini, dilakukan pengamatan terhadap parameter aliran seperti debit, kecepatan, dan tinggi muka air di beberapa titik sebelum dan sesudah undakan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan teoritis dan eksperimental untuk menghitung efisiensi energi serta perubahan momentum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kehilangan energi yang cukup signifikan akibat turbulensi dan gaya gesek, serta perubahan momentum yang dapat memengaruhi stabilitas aliran. Temuan ini penting untuk perancangan saluran bertingkat yang lebih efisien dan berkelanjutan.</p>2025-07-27T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Ferawati Artauli Hasibuanhttp://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/403ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI FISIKA SMA NEGERI 2 MAKASSAR2025-07-23T12:23:13+07:00Rakha Novendra Putrarakhanvdrp@gmail.comUsman Usmanusman7004@unm.ac.idA. Sri Astika Wahyuniasriastikawahyuni@unm.ac.idAldena Aenun R Sakonadenafordenaya@gmail.comTrisno Setiawantrisno.setiawan@unm.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI Fisika SMA Negeri 2 Makassar. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting dalam pembelajaran fisika. Pembelajaran fisika tidak hanya menuntut pemahaman terhadap konsep-konsep abstrak, tetapi juga penerapannya dalam konteks nyata dan kompleks. Oleh karena itu, kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah menjadi indikator penting dalam keberhasilan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI Fisika SMA Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah 47 peserta didik kelas XI jurusan fisika. Instrumen penelitian berupa tes subjektif sebanyak 6 soal yang disusun berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan rencana, dan (4) meninjau kembali hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik sebagian besar berada pada kategori sedang (51%). Pada indikator memahami masalah, sebanyak 64% peserta didik berada pada kategori sedang. Namun demikian, pada indikator merencanakan penyelesaian, sebanyak 38% peserta didik berada pada kategori sedang hingga rendah. Sebanyak 45% berada pada kategori rendah untuk indikator melaksanakan rencana, dan 55% berada pada kategori rendah untuk indikator meninjau kembali. Penelitian ini penting dilakukan karena masih terbatasnya studi yang secara eksplisit menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika berdasarkan setiap tahap Polya. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa guru perlu lebih menekankan pada pengembangan strategi berpikir sistematis siswa terutama dalam merencanakan solusi masalah fisika.</p>2025-08-05T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 USMAN, Rakha Novendra Putra, A. Sri Astika Wahyuni, Aldena Aenun R Sakonahttp://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/418KEMAMPUAN PENGINTEGRASIAN AGAMA DAN SAINS DARI DAMPAK PENGARUH HASIL BELAJAR FISIKA DAN ILMU FIQIH2025-07-27T19:26:16+07:00Herman Jufri Andiherman.jufri.andi@uim.ac.idChairatul Umamahchairatul.physics@gmail.comMoh. Hidayatullahhidayat@gmail.com<p>Integrasi ilmu pengetahuan (sains) dan agama Islam memiliki sudut pandang yang berbeda dari semua sisi. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan keselarasan antara keduanya yang harus dipertajam lagi agar tidak terjadi dikotomi pemamahan, karena keduanya memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dan kemajuan bangsa. agama merupakan pedoman serta petunjuk melalui aturan di dalam kitab suci. Dalam ilmu pengetahuan (sains) yang berorientasi pada kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi hasil belajar fisika dan ilmu fiqih terhadap kemampuan pengintegrasian agama dan sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa kelas X IPA-A yang sudah menerima materi ibadah haji pada mata pelajaran ilmu fiqih dan materi gerak lurus beraturan pada mata pelajaran fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa > sehingga diterima dan ditolak. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar fisika dan ilmu fiqih terhadap kemampuan pengintegrasian agama dan sains dengan nilai rata-rata integrasi mencapai nilai 87,11. Hal ini mengindikasikan bahwa nilai yang diperoleh sudah memenuhi syarat ketuntasan minimal.</p>2025-08-05T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Herman Jufri Andi, Chairatul Umamah, Moh. Hidayatullahhttp://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/346ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAROS2025-07-21T20:32:01+07:00Sherlin Pebriantisherlinpebrianti@gmail.comUSMANusman7004@unm.ac.idSri Astika Wahyuniasa.wahyuni@unm.ac.idTrisno Setiawantrisno.setiawan@unm.ac.id<p>Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mengetahui karakteristik gaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Maros dan menganalisis hasil belajar fisika ditinjau dari gaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Maros. Variabel dalam penelitian ini gaya belajar dan hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Maros yang berjumlah 221. Penarikan sampel menggunakan teknik <em>Proporsional Simple Random Sampling</em> berjumlah 156. Jenis gaya belajar yakni visual, auditorial, dan kinestetik. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket skala Likert untuk gaya belajar dan tes hasil belajar yang terdiri atas indikator memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5) dalam bentuk pilihan ganda. Hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Maros adalah cenderung lebih banyak yang mempunyai gaya belajar kinestetik yaitu sebanyak 81 orang. Hasil belajar peserta didik SMA Negeri 3 Maros untuk gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik berada pada kategori tinggi. gaya belajar kinestetik dengan presentase sebesar 51,92%, gaya belajar visual dengan presentase sebesar 30,12%, dan gaya belajar auditorial dengan presentase sebesar 17,95%.</p> <p> </p>2025-08-05T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Sherlin Pebrianti, USMAN, Sri Astika Wahyuni, Trisno Setiawan