INKUIRI SISWA DAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS BAHAN KAJIAN TEKANAN
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i1.59Kata Kunci:
Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Inkuiri Siswa, Respon SiswaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas, respon dan hasil belajar siswa dan memberikan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran, yang meliputi silabus, LKS, bahan bacaan siswa, dan tes hasil belajar. Pengembangan ini menggunakan rancangan model KEMP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menggunakan perangkat yang dikembangkan, bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Patampanua Tahun pelajaran 2021-2022 dengan jumlah siswa 39 orang. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas siswa mengindikasikan berpusat pada siswa, respon siswa terhadap pembelajaran tergolong baik, hasil belajar siswa tergolong baik dengan proporsi jawaban benar berkisar antara 63% sampai dengan 88% untuk tes hasil belajar produk dan 54% sampai dengan 95% untuk tes proses. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dengan mengembangkan inkuiri siswa untuk melatihkan keterampilan proses dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat diterapkan. Diharapkan penelitian akan bermanfaat bagi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi pada pengembangan inkuiri siswa untuk bahan kajian yang lain.
Referensi
Ismayani, A. (2019). Metodologi Penelitian. Syiah Kuala University Press.
Ahmad, A. K. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1193-1202.
Asyhari, A. T., Sunarno, W. T., & Sarwanto, S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 3(01).
Azni, T. N., & Jailani, J. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis strategi pembelajaran inkuiri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 284-295.
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Ishak, I., & Walid, A. (2022). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Hadratul Madaniyah, 9(2), 1-9.
Jumrah, & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–51.
Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.
Melina, S. (2022). Pengembangan Media Papan Lempar Sebagai Sarana Pembelajaran Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Salam, R. (2017). Model pembelajaran inkuiri sosial dalam pembelajaran IPS. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PkN, 2(1), 7-12.
Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2016). Desain riset perangkat pembelajaran menggunakan media kit listrik yang dilengkapi PhET berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan proses sains. Unnes Science Education Journal, 5(3).
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan metode inkuiri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Setyowati, A., & Subali, B. (2011). Implementasi pendekatan konflik kognitif dalam pembelajaran fisika untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurfadliah Nurfadliah, Indahwaty Indahwaty, Abdul Walid, Ayu Zulpiah Sulaiman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.