Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.35Kata Kunci:
: Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Hasil Belajar FisikaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model snowball throwing terhadap pembelajaran fisika dan hasil belajar fisika siswa setelah penerapan model pembelajaran snowball throwing pada kelas VII di SMP Negeri 2 Patampanuan Kabupaten Pinrang. Metode Penelitian studi ini merupakan pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama sama untuk peneliti dan decision maker tentang variable yang dimanipulasikan dan dapat digunakan untuk melakukan perbaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung untuk siklus I siswa yang hadir di kelas dari pertemuan pertama samapai pertemuan ke III angka persentase adalah 91,35%. Siswa yang memperhatikan guru pada saat menjelaskan materi pada pertemuan I sampai pertemuan ke III angka persentasenya adalah 69,13%. Selanjutnya, terdapat peningkatan hasil belajar fisika siswa dengan penerapan pembelajaran Snowball Throwing pada siklus II adalah 84,25 niai yang dicapai siswa dari nilai terndah 75 dan nilai tertinggi adalah 90 dengan rentang nilai 15 dari nilai ideal 98.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Anitah, W, Sri, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Asrori, Mohib. 2010. Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Menyimpulkan Isi Cerita yang Didengar pada Anak. Tersedia di http://gurutrenggalek. blogspot.com/2010/02/penggunaan-model-belajar-snowball.html.
Amin Suyitno. (2002). Modul Buku Ajar PLPG Guru-guru Fisika Pembelajaran Inovatif. Semarang: Jurusan MIPA Unnes.
Dahlan. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan KurikulumBerbasis Kompetensi. Jakarta : Puskur Balitbang Depdiknas.
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Indra Jati Sidi. 2004. PelayananProfesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.
Mukhtari. 2010. Bab I Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Penilaian Portofolio dalam Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Segitiga Siswa Kelas VII A Smp Islam 02 Pujon Tahun Pelajaran 2007/2008. Tersedia di http://mukhtaribenk.blogspot.com/2010/10/bab-ii-penerapan-metode-pembelajaran.html.
Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.
Mohammad Ali Mohammad Asrori, 2001., Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Bumi Aksara
Munandar, U. (2001). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Mustakim. 2006. Upaya Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Prestasi Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.[Onlone]. Tersedia: http://mustakim200671.blogspot.com/2012/03/berpikir-kreatifmatematik-prestasi.html. [14 Maret 2011].
Muhson, A. 2001. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan.
Nursaadah Yunita, Pengaruh Penerapan Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa, http://S_A0551_NUR'SAADAH_Yunita_Chapter1, didownload pada tanggal 22 November 2013.
Nursisto. 2011. Menggali Kreativitas. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Lestari, I., Prayitno, S., Baidowi, & Sripatmi. (2023). PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 36–50. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i1.50
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, Rachmad. 2002. Model Pembelajaran Snowball Throwing. Tersedia di http://wyw1d.wordpress.com/2002/11/02/model-pembelajaran-18-snowball-throwing/. Diunduh pada Selasa, 27 Desember 2011.
Suherman, E. dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Fisika Kontenporer. Bandung : JICA.
Ruseffendi, E.T. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya.Bagi Para Peneliti, Penulis Skripsi, Penulis Thesis, Penulis Disertasi, Dosen Metode Penelitian dan Mahasiswa. Bandung.
Sardi, A., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 70-85.
Suryosubroto. 2001. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.Prima Dewi, Kreativitas Anak, Tersedia: http:www.bpplsp-reg 1.go.id/read.php?id=71&idstatus=0 (1 Desember 2014)
Sudjana Nana, 2004, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sukardi, 2008, Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya, (Jakarta: Bumi aksara.
Tukiran Taniredja dkk, Model-Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. (Bandung: ALFABETA, 2013).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sulaiman Sulaiman, Abdul Walid, Yunus Taba

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.