ANALISIS MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i2.112Kata Kunci:
Induksi Elektromagnetik, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Pemahaman KonsepAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap pemahaman konsep Pendidikan Fisika pada materi induksi elektromagnetik. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan dari 30 mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2023 melalui kuesioner, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan perangkat SPSS. Dari hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa baik motivasi maupun minat belajar tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep mahasiswa secara individual maupun simultan. Nilai R square sebesar 0,035 mengindikasikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen hanya sebesar 3,5%. Pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05, sehingga hipotesis pertama (pengaruh X1 terhadap Y), hipotesis kedua (pengaruh X2 terhadap Y), dan hipotesis ketiga (pengaruh X1 dan X2 terhadap Y) semuanya ditolak.
Referensi
Bagja Sulfemi, W., Qodir, A., & Muhammadiyah Bogor, S. (2017). Hubungan Kurikulum 2013 dengan motivasi belajar peserta didik di SMK Pelita. Jurnal Ilmiah Edutecno, 17(2): 1 - 12.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (n.d.). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas iv sdn poris gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. 4(2) : 47 – 53. https://doi.org/10.26555/jpsd.
Hidayana, Avita Febri. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV MI Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma. 14 (01) : 195 - 210.
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Maison., Astalini, Kurniawan, D. A., Sholihah., L. R. 2018. Deskripsi sikap siswa sma negeri pada mata pelajaran fisika. Edusains. 10(1) : 161 – 167.
Muhardi, M., Jumrah, J., & Harnipa, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen Demonstrasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 123–136. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.36
Nirfayanti., dan Nurbaeti. 2019. Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. 2(1) : 50 – 59.
Nawahdani, A. M., Triani, E., Azzahra, M. Z., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Melisa, D. 2022. Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.41986
Nurnaifah, I., Anggriani, S., Zulpiah, A., & Wahyuni, S. (2023). Increasing Students' Physics Learning Outcomes through Experiential Learning Model. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 37 - 46. doi:https://doi.org/10.26618/jpf.v11i1.9590
Nurnaifah, I.I., Akhfar M., & Said S. The Effect of Using Animation Media on Students' Physics Learning Outcomes in Linear Motion Material. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8 (1), 136 - 144.
Rosita & Ishak. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Fisika di Masa Pandemi Covid 19 pada Siswa. Al-Irsyad: Journal of Physics Education, 1 (1) : 15 - 28.
Said, S., Nurnaifah, I. I., & Muh. Saleh, S. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Pemberian Reward Peserta Didik SMKN 3 Pinrang Pasca Covid. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 2(2), 94–104. https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i2.75
Sardi, A., Surahmat, Z., & Nur, S. (2022). The Washback of Intensive TOEFL Training Program (ITTP) on Student’s Learning Motivation. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(4), 593-597. https://doi.org/10.34050/elsjish.v5i4.24570
Wijaya, Erric et al. 2024. Pengantar Statistika (Konsep Dasar untuk Analisa Data). Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Wulansari, Andhita Dessy. 2012. Penelitian Pendidikan. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 M. Miftu Khurizil Albis, Sudarti Sudarti, Ike Lusi Meilina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.