PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN NUMERASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATERI ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i2.110Kata Kunci:
Aljabar, Kemampuan Numerasi, Motivasi, Pemahaman KonsepAbstrak
Pendidikan adalah pilar penting dalam pembentukan karakter dan kemampuan individu, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan seperti fisika. Dalam konteks pendidikan fisika, pemahaman konsep adalah salah satu sasaran utama yang harus dicapai oleh mahasiswa. Namun, untuk mencapai pemahaman konsep yang optimal, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain motivasi dan kemampuan numerasi. Untuk mengukur pengaruh motivasi dan kemampuan numerasi terhadap pemahaman konsep mahasiswa, uji regresi linier dapat digunakan sebagai metode analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemampuan numerasi terhadap pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika pada materi aljabar. Penelitian ini melibatkan populasi mahasiswa program Pendidikan Fisika, dengan sampel yang terdiri dari 30 mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini, mahasiswa diberikan soal atau tugas praktik. Analisis dilakukan menggunakan software SPSS untuk mengevaluasi apakah motivasi dan kemampuan numerasi mempengaruhi hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi aljabar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengujian SPSS dapat diketahui bahwa tidak ada pengaruh antara H1 terhadap Y, tidak ada pengaruh H2 terhadap Y dan tidak ada pengaruh pengaruh H1 dan H2 terhadap Y secara simultan. Kemampuan numerasi merupakan komponen penting dalam memahami aljabar, maka perlu untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Pada penelitian sebelumnya pemahaman konsep hanya dihubungkan dengan motivasi dan minat belajar.
Referensi
Almumtazah, N., Azizah, N., Putri, Y. L., & Novitasari, D. C. R. (2021). Prediksi Jumlah Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, 18(1), 31–40. https://doi.org/10.22487/2540766x.2021.v18.i1.15465
Alwy Yusuf, M., Abraham, A., Rukmana, H., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2024). Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 06(02).
Gunawan., Kustiani. L., dan Hariani. L. S. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 12(1): 14 – 22.
Hartatik, S. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456
Idamayanti, R. (2018). Pengaruh Model Siklus Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Akademi Farmasi Sandi Karsa Muhammadiyah Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika.
Islamiyah, N. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 23. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p23-32
Maryani, L., Nur, J. ., Utami, S. ., Nurnaifah, I. I. ., & Farida. (2023). Strengthening School Management with Digital Education Technology to Improve the Quality of Educational Output. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(2), 446–465. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i2.66039
Mauke, M., Sadia, W., & Suastra, W. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Vol. 3).
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.
Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1568–1577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.621
Rahmatullah, S., Juningsih, E. H., Rachmawati, S., Studi Informatika, P., Teknologi Dan Informasi, F., Teknik Informatika, F., Ekonomi, F., Univeristas, B., Mandiri, N., Bina, U., & Informatika, S. (2023). Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Prediksi nilai akademik peserta didik di masa pandemi covid-19 dengan regresi linier berganda. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(1), 112–123. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1012
Rosita, R., & Ishak, I. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i1.8
Said, S., Nurnaifah, I. I., & Muh. Saleh, S. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Pemberian Reward Peserta Didik Smkn 3 Pinrang Pasca Covid. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 2(2), 94–104. https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i2.75
Shidik, M. A. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Man Baraka. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.91-98
Sulaiman, A., Afdalia, A., Rosita, R., & Anggriani, S. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG BERFOKUS PADA CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 6(2), 87-93. https://doi.org/10.46918/karst.v6i2.2107
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Defi Nurdiana Aprilia, Sudarti Sudarti, Ike Lusi Meilina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.