PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN NUMERASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATERI ALJABAR

Penulis

  • Defi Nurdiana Aprilia Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember
  • Ike Lusi Meilina Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i2.110

Kata Kunci:

Aljabar, Kemampuan Numerasi, Motivasi, Pemahaman Konsep

Abstrak

Pendidikan adalah pilar penting dalam pembentukan karakter dan kemampuan individu, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan seperti fisika. Dalam konteks pendidikan fisika, pemahaman konsep adalah salah satu sasaran utama yang harus dicapai oleh mahasiswa. Namun, untuk mencapai pemahaman konsep yang optimal, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain motivasi dan kemampuan numerasi. Untuk mengukur pengaruh motivasi dan kemampuan numerasi terhadap pemahaman konsep mahasiswa, uji regresi linier dapat digunakan sebagai metode analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemampuan numerasi terhadap pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika pada materi aljabar. Penelitian ini melibatkan populasi mahasiswa program Pendidikan Fisika, dengan sampel yang terdiri dari 30 mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini, mahasiswa diberikan soal atau tugas praktik. Analisis dilakukan menggunakan software SPSS untuk mengevaluasi apakah motivasi dan kemampuan numerasi mempengaruhi hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi aljabar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengujian SPSS dapat diketahui bahwa tidak ada pengaruh antara H1 terhadap Y, tidak ada pengaruh H2 terhadap Y dan tidak ada pengaruh pengaruh H1 dan H2 terhadap Y secara simultan. Kemampuan numerasi merupakan komponen penting dalam memahami aljabar, maka perlu untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Pada penelitian sebelumnya pemahaman konsep hanya dihubungkan dengan motivasi dan minat belajar.

Referensi

Almumtazah, N., Azizah, N., Putri, Y. L., & Novitasari, D. C. R. (2021). Prediksi Jumlah Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, 18(1), 31–40. https://doi.org/10.22487/2540766x.2021.v18.i1.15465

Alwy Yusuf, M., Abraham, A., Rukmana, H., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2024). Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 06(02).

Gunawan., Kustiani. L., dan Hariani. L. S. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 12(1): 14 – 22.

Hartatik, S. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456

Idamayanti, R. (2018). Pengaruh Model Siklus Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Akademi Farmasi Sandi Karsa Muhammadiyah Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika.

Islamiyah, N. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 23. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p23-32

Maryani, L., Nur, J. ., Utami, S. ., Nurnaifah, I. I. ., & Farida. (2023). Strengthening School Management with Digital Education Technology to Improve the Quality of Educational Output. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(2), 446–465. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i2.66039

Mauke, M., Sadia, W., & Suastra, W. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Vol. 3).

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.

Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1568–1577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.621

Rahmatullah, S., Juningsih, E. H., Rachmawati, S., Studi Informatika, P., Teknologi Dan Informasi, F., Teknik Informatika, F., Ekonomi, F., Univeristas, B., Mandiri, N., Bina, U., & Informatika, S. (2023). Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Prediksi nilai akademik peserta didik di masa pandemi covid-19 dengan regresi linier berganda. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(1), 112–123. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1012

Rosita, R., & Ishak, I. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i1.8

Said, S., Nurnaifah, I. I., & Muh. Saleh, S. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Pemberian Reward Peserta Didik Smkn 3 Pinrang Pasca Covid. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 2(2), 94–104. https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i2.75

Shidik, M. A. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Man Baraka. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.91-98

Sulaiman, A., Afdalia, A., Rosita, R., & Anggriani, S. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG BERFOKUS PADA CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 6(2), 87-93. https://doi.org/10.46918/karst.v6i2.2107

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Aprilia, D. N., Sudarti, S., & Meilina, I. L. (2024). PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN NUMERASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATERI ALJABAR. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 3(2), 93–101. https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i2.110

Terbitan

Bagian

Artikel