Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen Demonstrasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.36Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Eksperimen Demonstrasi, Hasil Belajar FisikaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode esperimen demonstrasi pada pembelajaran fisika siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode eksperimen demonstrasi pada pembelajaran fisika Kelas VIII di MTs Padanglolo Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama sama untuk peneliti dan decision maker tentang variable yang dimanipulasikan dan dapat digunakan untuk melakukan perbaikan. Penelitian ini dirancang menggunakan dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan Miles dan Huberman. Hasil Penelitian ini adalah Penerapan pembelajaran eksperimen Demonstarasi pada matapelajaran fisika Pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi dan eksperimen yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optik. Selanjutnya, Hasil belajar siswa kelas VIII pada materi optic meningkat setelah penerapan metode pembelajaran eksperimen dan demosntrasi. Hal itu terlihat dari hasil tes siklus I dan siklus II. Nilai yang diperoleh siswa kemudian dihitung rata-rata kelasnya dan didapatkan hasil sebagai pada siklus I dan siklus II.
Referensi
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiningsih, Asri, 2005. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Air Langga University Perss.
Dasna, I Wayan dan Prof.A.Fatchan. 2008. Penilitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Malang : UM Press.
Idrus, Nirmala, S., & Sardi, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 35–47. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.4
Mathew and Miles A. Michael Huberman, 1992. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, dkk, 1996. Strategi belajar Mengajar Surabaya: CV Citra Media.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Konstektual dan penerapannya dalam KBK, Malang: UM Press.
Nurchalis, N. F., Ermawati, E., Sardi, A., & Nursabra, N. (2021). Language Laboratory to Overcome the Barrier of Classroom English Learning: Does it Exist and Is it Used in Islamic Schools of Majene? Elsya : Journal of English Language Studies, 3(3), 183–194. https://doi.org/10.31849/elsya.v3i3.6824
Patoni, Ahmad. 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam Jakarta: Bina Ilmu.
Purwanto, Ngalim. 2002. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bandung: Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ramayulis, 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam Jakarta: Kalam Mulia.
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Quantum Teaching.
Sardi, A., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 70-85.
Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remja Rosdakarya.
Sukardi. 2007. Metode Penelitan Tindakan, Jakarta : Bumi Aksara.
Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius.
Suparta, M. dan Hery Noer Ali, 2003. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Armico.
Tafsir, Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tanzeh, Ahmad. 2000. Metode Penelitian Praktis, Tulungagung: P3M Press.
Tohirin, 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Dan Kompetensi Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Uhbiyati, Nur. 1997. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Usman, Husaini. 2006 Manajemen : Teori, Praktik dan Proses Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
W.J.S Poerwadarminta, 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: PN Balai Pustaka.
Wardhani, I Gak dkk. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : UT Press.
Winkel, Ws. 1996. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo.
Wiridiaatmaja, Rochiati. 2007. Metode penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Yamin, Martinis. 2008. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhardi Muhardi, Jumrah Jumrah, Harnipa Harnipa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.