ANALISIS HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAN PINRANG
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i1.55Kata Kunci:
Hasil Belajar, Kedisiplinan BelajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kedisiplinan belajar, gambaran hasil belajar fisika dan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar fisika Siswa kelas XI MAN Pinrang. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan proporsional random sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Yamanen dari populasi yang ada, dari populasi yang ada, sehingga sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 34 siswa dari 131 siswa sebagai populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional dengan pendekatan expost facto dan survey. Analisis yang digunakan adalah analisi deskriptif dan analisi korelasi sederhana untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dan mengetahui arah hubungan yang terjadi. Hasil variabel kedisiplinan pada 40 item soal angket berkategori valid, nilai cronbach’s Alpha X sebesar 0,946 yang berarti bahwa pada instrumen adalah reliabel. Deskripsi analisis deskriptif secara numerik pada nilai Mean sebesar 60,06, Median sebesar 63,50, Mode sebesar 74, Std. Deviation sebesar 11,58, Variance 134,06, Range sebesar 44, Minimum sebesar 30, dan nilai Maximum sebesar 74. Tingkat keeratan hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar sebesar 0,929 maka dapat dikatakan kedisiplinan memiliki tingkat hubungan berada pada kategori berkorelasi sempurna terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN Pinrang.
Referensi
Ahmad, A. K., & Walid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-13.
Ahmad, A. K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 79-87.
Ardy, Novan Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini . Yogyakarta: PT Gava Media.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT.Rineka Cipta.
B. Hurlock Elizabet, 2015, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Hidup. Jakarta: Erlangga.
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta : Depdiknas.
Djamarah. 2008. Prestasi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Cipta Karya.
Ekosiswoyo, R dan Rachman, M. 2000. Manajemen Kelas: Sesuai dengan Kurikulum D-II PGSD. Semarang: CV IKIP Semarang Press.
Fajaryanti, Maria Rosalina. 2016. Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hubungan Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Maria Immaculata Yogyakarta . Skripsi: Universitas Sanata Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Muhardi, Jumrah, & Harnipa. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen Demonstrasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 123–136. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.36
Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., & Nursyam. (2022). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 84–92. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.19
Nasution. 2004. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Prijodarminto, Soegeng. 1994. Disiplin Menuju Sukses. Jakarta: Pradaya paramita.
Priyatno, Duwi, 2010. Paham Analisis Statistik Dasar Dengan SPSS, Yokyakarta: Mediakom.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Yayuk. 2018. Hubungan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Skripsi: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., & Atmowardoyo, H. (2022). Book Review: Language Curriculum Design (Monitoring, Assesment and Evaluation). Celebes Journal of Language Studies, 153-158.
Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A Chapter Review: Selecting Language For Materials Writing:(The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching-Routledge). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.
Tu’u, Tulus. 2004. Peranan disiplin pada perilaku dan prestasi belajar. Jakarta:Gramedia Widyasarana Indonesia.
Walid, Abdul. 2021. Pengaruh Iklim Sekolah Dan Etos Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Di SMA Negeri Kabupaten Pinrang. Disertasi: Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.
Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Fisika Berbasis Whatsapp Dimasa Covid-19. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 1-14.
Wardhani, Galih Kusuma Pratama. 2015. Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IIS Semester Genap di SMA Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Reski Idamayanti, Sri Nirmala, Afdalia Afdalia, Muhardi Muhardi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.