PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMP NEGERI 2 PATAMPANUA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i2.76Kata Kunci:
Pembelajaran Online, Prestasi BelajarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran online, prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal peserta didik dan pengaruh pembelajaran online terhadap hasil belajar fisika ditilik dari kemampuan awal peserta didik di SMP Negeri 2 Patampanua. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang penentuan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh sedang antara pembelajaran online terhadap hasil belajar fisika ditilik dari kemampuan awal siswa berdasarkan uji regresi yang dilakukan.
Referensi
Afdalia, A. and Muhardi, M. (2022) ‘Analisis Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Kemandirian Belajar’, Jurnal Literasi Digital, 2(3), pp. 182–191.
Andri, A., Zagir, Z. and Dores, O. (2017) ‘Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017’, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa.
Anggraini, C. and Imaniyati, N. (2018) ‘Fasilitas belajar dan manajemen kelas sebagai determinan terhadap prestasi belajar siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen.
Astini, N. (2020) ‘Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19’, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Aswad, M., & Sardi, A. (2023). The Discourse Analysis of Diction Effects on Teachers Used in Teaching English as a Foreign Language. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2647-2654.
Ishak, I., & Sulaiman, S. (2022). Hasil Belajar PAI Melalui Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 22-34.
Budiyono, B. (2020) ‘Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), pp. 300–309.
Nurnaifah, I. I., & Razzaq, A. (2022). Pengaruh pemanfaatan media microsoft powerpoint terhadap hasil belajar fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 29-41.
Paseleng, M. and Sanoto, H. (2021) ‘Implementasi Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19: Tantangan dan Peluang’, Scholaria: Jurnal Pendidikan
Riyana, C. and Pd, M. (2020) ‘Konsep pembelajaran online’, Modul Pembelajaran On-Line.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., Kalsum, K., Rauf, W., & Hasyim, S. (2023). Enhancing Students’ Writing Skills through the Implementation of the Seven Nucleus Approach in Teaching Tenses. SELTICS, 6(1), 39-47.
Sanjata, A. R. M. P., Sardi, A., & Muchtar, J. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran tutor sebaya setting kooperatif. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 118-125.
Sulastri, D., Maula, L. and Uswatun, D. (2020) ‘Pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurul Ilmi, Kahhar Pratamana Rachman, Afdalia Afdalia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.