PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMP NEGERI 2 PATAMPANUA

Penulis

  • Nurul Ilmi Lukman Universitas Negeri Makassar
  • Kahhar Pratamana Rachman STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang
  • Afdalia Afdalia STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i2.76

Kata Kunci:

Pembelajaran Online, Prestasi Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran online, prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal peserta didik dan pengaruh pembelajaran online terhadap hasil belajar fisika ditilik dari kemampuan awal peserta didik di SMP Negeri 2 Patampanua. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang penentuan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh sedang antara pembelajaran online terhadap hasil belajar fisika ditilik dari kemampuan awal siswa berdasarkan uji regresi yang dilakukan.

Biografi Penulis

Nurul Ilmi Lukman, Universitas Negeri Makassar

 

 

Kahhar Pratamana Rachman, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Afdalia Afdalia, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Referensi

Afdalia, A. and Muhardi, M. (2022) ‘Analisis Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Kemandirian Belajar’, Jurnal Literasi Digital, 2(3), pp. 182–191.

Andri, A., Zagir, Z. and Dores, O. (2017) ‘Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017’, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa.

Anggraini, C. and Imaniyati, N. (2018) ‘Fasilitas belajar dan manajemen kelas sebagai determinan terhadap prestasi belajar siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen.

Astini, N. (2020) ‘Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19’, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Aswad, M., & Sardi, A. (2023). The Discourse Analysis of Diction Effects on Teachers Used in Teaching English as a Foreign Language. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2647-2654.

Ishak, I., & Sulaiman, S. (2022). Hasil Belajar PAI Melalui Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 22-34.

Budiyono, B. (2020) ‘Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), pp. 300–309.

Nurnaifah, I. I., & Razzaq, A. (2022). Pengaruh pemanfaatan media microsoft powerpoint terhadap hasil belajar fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 29-41.

Paseleng, M. and Sanoto, H. (2021) ‘Implementasi Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19: Tantangan dan Peluang’, Scholaria: Jurnal Pendidikan

Riyana, C. and Pd, M. (2020) ‘Konsep pembelajaran online’, Modul Pembelajaran On-Line.

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Sardi, A., Kalsum, K., Rauf, W., & Hasyim, S. (2023). Enhancing Students’ Writing Skills through the Implementation of the Seven Nucleus Approach in Teaching Tenses. SELTICS, 6(1), 39-47.

Sanjata, A. R. M. P., Sardi, A., & Muchtar, J. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran tutor sebaya setting kooperatif. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 118-125.

Sulastri, D., Maula, L. and Uswatun, D. (2020) ‘Pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Lukman, N. I., Rachman, K. P., & Afdalia, A. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMP NEGERI 2 PATAMPANUA. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 2(2), 105–110. https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i2.76

Terbitan

Bagian

Artikel