PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART DILENGKAPI QUICK RESPON (QR) CODE PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SMA NEGERI 8 MAKASSAR

Penulis

  • Izzatul Fadillah Universitas Negeri Makassar
  • Mutahharah Hasyim Universitas Negeri Makassar
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.441

Kata Kunci:

ADDIE, Flipchart, Media Pembelajaran Interaktif, Perubahan Iklim, Quick Response

Abstrak

Penelitian ini mengadopsi desain pengembangan modifikasi model ADDIE yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa flipchart pada materi perubahan iklim. Media flipchart yang dikembangkan dirancang untuk membantu pendidik dalam menyampaikan materi secara visual dan interaktif, sehingga memudahkan peserta didik memahami konsep perubahan iklim. Penelitian ini melibatkan 2 pendidik fisika dan 27 peserta fifik kelas X SMA Negeri 8 Makassar. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Proses pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai respon, pendapat, dan tingkat penerimaan terhadap media pembelajaran. Sebelum memberikan penilaian, responden terlebih dahulu mendapatkan panduan penggunaan media, kemudian menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data menggunakan formula Gregory untuk menguji validitas isi. Hasil analisis menunjukkan nilai validitas isi sebesar 1 atau 100%, yang mengindikasikan media berada pada kategori valid. Respon dari pendidik dan peserta didik juga berada pada kategori sangat positif terhadap aspek minat, tampilan dan desain, serta penyajian materi. Berdasarkan temuan ini, media pembelajaran flipchart dinyatakan layak, efektif, dan berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di sekolah.

Referensi

Ashyar, R. (2013). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press.

Barkah, L. (2021). Pengaruh penggunaan media flipchart terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Kalideres 09 Jakarta Barat. Go Inovatif: Jurnal Pendidikan, 7(1), 23–30. https://ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/76

Cahyani, A. D. N., & Rasydah, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flip chart.

Eriawati, Nafisah, H., & Malahayati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMAN 1 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue. Prosiding Seminar Nasional Biotik XI 2023.

Harfian, B. A., & Fadillah, E. N. (2021). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran berbasis Mobile learning dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Pelajaran Biologi SMA. Prosiding SEMNAS BIO, 1(1), 951–953.

Heinich, R., Molenda, M., & Russell, J. D. (2002). Instructional media and technologies for learning (7, Ed.). Merrill/Prentice Hall.

Rahmayanti, A., Basir, M. A., & Wijayanti, D. (2020). Pengembangan video pembelajaran fungsi komposisi sebagai alternatif bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 3(2), 57–64. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp57-64

Rosyidah, P. N., & Setyawati, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart dilengkapi Quick Response (QR) code Pada Materi Virus Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri Umbulsari Jember. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 20–29.

Sari, P. I., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2024). Implementasi pembelajaran menulis kolaboratif melalui media flipbook biografi pada siswa kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 293–303. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7282

Talakua, C., & Aloatuan, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flipchart terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 24 Maluku Tengah. Biodik, 7(01), 95–101.

Yasir. (2025). Pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran flipchart. Penerbit Pendidikan Nusantara.

Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 301–308.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-25

Cara Mengutip

Fadillah, I., Hasyim, M., & Usman, U. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART DILENGKAPI QUICK RESPON (QR) CODE PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SMA NEGERI 8 MAKASSAR . Al-Irsyad Journal of Physics Education, 4(2), 130–140. https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.441

Terbitan

Bagian

Artikel