https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/issue/feed Al-Irsyad Journal of Physics Education 2025-08-28T14:33:15+07:00 Ihfa Indira Nurnaifah ihfaindira@stkipddipinrang.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE)</strong></p> <p><strong>Editor in Chief: <a title="Google Scholar" href="https://scholar.google.com/citations?user=64qHLLgAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Ihfa Indira Nurnaifah</a><br />DOI: </strong><a title="DOI Jurnal" href="https://doi.org/10.58917/ijpe" target="_blank" rel="noopener">10.58917/ijpe</a><br /><strong>Indexed By: </strong><em><a title="SK Akreditasi Tahap 1 2025" href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/14804" target="_blank" rel="noopener">SINTA 5</a> <a title="GS" href="https://scholar.google.com/citations?user=Dzp9F4UAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>, <a title="GRD" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/29106" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a>, <a title="ICI" href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=125863" target="_blank" rel="noopener">ICI Copernicus</a>, <a title="RG" href="https://www.researchgate.net/journal/Al-Irsyad-Journal-of-Physics-Education-2828-0849?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InByb2ZpbGUiLCJwYWdlIjoicHVibGljYXRpb24iLCJwcmV2aW91c1BhZ2UiOiJwcm9maWxlIn19" target="_blank" rel="noopener">ResearchGate</a>, and <a title="CFF" href="https://search.crossref.org/?q=10.58917%2Fijpe&amp;from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a></em></p> <p>Jurnal ini dikelola oleh STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang. <strong>IJPE</strong> memuat tulisan artikel Ilmu Pendidikan Fisika baik tulisan dari hasil penelitian maupun tulisan studi kepustakaan. Jurnal ini diterbitkan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini bereputasi nasional, terakreditasi Sinta 5 dengan <strong>E-ISSN: <a title="eissn" href="https://portal.issn.org/api/search?search[]=MUST=allissnbis=%222828-0849%22&amp;search_id=28790243" target="_blank" rel="noopener">2828-0849</a></strong> dan <strong>P-ISSN: <a title="pissn" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2828-5476" target="_blank" rel="noopener">2828-5476</a>.</strong></p> <p><em>This journal is managed by STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang. <strong>IJPE</strong> contains articles on Physics Education, both writings from research results and literature study writings. This journal is published regularly twice a year, namely January and July. The journal is of national repute and Sinta 5 accredited with E-ISSN: <strong><a title="eissn" href="https://portal.issn.org/api/search?search[]=MUST=allissnbis=%222828-0849%22&amp;search_id=28790243" target="_blank" rel="noopener">2828-0849</a></strong> and P-ISSN: <strong><a title="pissn" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2828-5476" target="_blank" rel="noopener">2828-5476</a></strong>.</em></p> https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/311 ANALISIS KETERAMPILAN BERARGUMENTASI (COMMUNICATION SKILL) CALON GURU SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KETERAMPILAN ABAD 21 2025-06-30T20:12:20+07:00 Mariani Akhfar marianiakhfar90@gmail.com Ihfa Indira Nurnaifah Idris ihfa.indira.nurnaifah.idris@unm.ac.id Riskawati Riskawati riskawati@unm.ac.id <p>Lulusan program pendidikan diharapkan memiliki hard skill dan soft skill yang terasah secara optimal. Salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh calon guru adalah kemampuan berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan keterampilan berargumentasi (communication skill) calon guru sebagai bagian dari penguatan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan lokasi penelitian di Universitas Pancasakti Makassar pada program studi Pendidikan Fisika. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 45 mahasiswa angkatan 2022–2024. Instrumen yang digunakan berupa soal esai yang telah tervalidasi. Keterampilan berargumentasi diukur berdasarkan lima indikator, yaitu claim, data, warrant, backing, dan rebuttal. Argumentasi yang baik mencakup kelima indikator tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator claim dan data memperoleh persentase tertinggi sebesar 70% dengan kategori kuat, sedangkan indikator warrant, backing, dan rebuttal masih berada pada persentase sekitar 40% dengan kualifikasi cukup. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung hanya mampu menyajikan bukti data, namun belum menguasai seluruh komponen keterampilan berargumentasi secara menyeluruh.</p> 2025-07-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Mariani Akhfar, Ihfa Indira Nurnaifah Idris, Riskawati Riskawati https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/372 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA 2025-07-16T14:59:24+07:00 Eka Seprianti Sihaloho ekahaloho2017@gmail.com Apriani Sijabat aprianisijabat@gmail.c Fine Eirene Siahaan fine@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Kahoot! terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA, khususnya pada materi Energi dan Usaha. Kesulitan siswa dalam memahami konsep abstrak seperti usaha dan energi menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain non-equivalent control group, melibatkan dua kelompok: eksperimen yang menggunakan Kahoot! dan kontrol dengan metode konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari pretest, posttest, dan angket respon siswa. Hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai signifikansi 0,017 (&lt; 0,05). Selain itu, 73,61% siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Kahoot!, yang mencerminkan peningkatan motivasi dan keterlibatan dalam pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa Kahoot! merupakan alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika sekaligus menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.</p> 2025-07-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Eka Seprianti Sihaloho, Apriani Sijabat, Fine Eirene Siahaan https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/315 PENERAPAN E-LKPD INKUIRI DENGAN LIVEWORKSHEET TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MA MADANI 2025-06-30T10:08:51+07:00 A. Jusriana andijusrianafisikaunm@yahoo.co.id Sarlinda Sarlinda sarlinda@gmail.com Dani Ali Umar ali@gmail.com <p>Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen, yang perlakuannya diberikan pada satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol dengan design penelitian The Matching Only Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan antara minat belajar peserta didik yang diajar dan tidak diajar menggunakan E-LKPD berbasis inkuiri terstruktur berbantuan liveworksheet kelas X Ma Madani alauddin Pao-Pao. Teknik sampel yang digunakan pemadanan (matching), teknik ini dilakukan hingga mendapatkan 27 pasang sampel. Adapun instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen angket minat belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial Hasil penelitian menunjukkan minat belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 75,44 dan rata-rata hasil belajar sebesar 72,85 sedangkan Minat belajar pada kelas kontrol sebesar 69,66 dengan Hasil belajar sebesar 55,14. Dengan menggunakan Uji Mann-Whitney terdapat perbedaan Minat belajar dan Hasil Belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar dan yang tidak diajar E-LKPD Berbasisi inkuiri tertstruktur Berbantuan Liveworksheet. Implikasi pada penelitian ini yaitu bagi guru mata pelajaran fisika dapat mempertimbangkan untuk menggunakan E-LKPD berbasis Inkuiri terstruktur Berbantuan Liveworksheet karena dapat mempengaruhi minat hasil belajar peserta didik.</p> 2025-07-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 A. Jusriana, Sarlinda Sarlinda, Dani Ali Umar https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/404 EVALUASI ENERGI DAN MOMENTUM ALIRAN PADA SALURAN BERTINGKAT MENGGUNAKAN PRINSIP KONSERVASI FLUIDA 2025-07-22T19:05:44+07:00 Ferawati Artauli Hasibuan ferawati.ah84@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi perubahan energi dan momentum aliran air pada saluran bertingkat dengan menerapkan prinsip konservasi fluida, yaitu hukum kekekalan massa, energi, dan momentum. Saluran bertingkat merupakan salah satu struktur hidraulik yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan energi aliran guna mencegah erosi serta kerusakan struktur. Dalam studi ini, dilakukan pengamatan terhadap parameter aliran seperti debit, kecepatan, dan tinggi muka air di beberapa titik sebelum dan sesudah undakan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan teoritis dan eksperimental untuk menghitung efisiensi energi serta perubahan momentum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kehilangan energi yang cukup signifikan akibat turbulensi dan gaya gesek, serta perubahan momentum yang dapat memengaruhi stabilitas aliran. Temuan ini penting untuk perancangan saluran bertingkat yang lebih efisien dan berkelanjutan.</p> 2025-07-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Ferawati Artauli Hasibuan https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/403 ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI FISIKA SMA NEGERI 2 MAKASSAR 2025-07-23T12:23:13+07:00 Rakha Novendra Putra rakhanvdrp@gmail.com Usman Usman usman7004@unm.ac.id A. Sri Astika Wahyuni asriastikawahyuni@unm.ac.id Aldena Aenun R Sakona denafordenaya@gmail.com Trisno Setiawan trisno.setiawan@unm.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI Fisika SMA Negeri 2 Makassar. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting dalam pembelajaran fisika. Pembelajaran fisika tidak hanya menuntut pemahaman terhadap konsep-konsep abstrak, tetapi juga penerapannya dalam konteks nyata dan kompleks. Oleh karena itu, kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah menjadi indikator penting dalam keberhasilan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI Fisika SMA Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah 47 peserta didik kelas XI jurusan fisika. Instrumen penelitian berupa tes subjektif sebanyak 6 soal yang disusun berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan rencana, dan (4) meninjau kembali hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik sebagian besar berada pada kategori sedang (51%). Pada indikator memahami masalah, sebanyak 64% peserta didik berada pada kategori sedang. Namun demikian, pada indikator merencanakan penyelesaian, sebanyak 38% peserta didik berada pada kategori sedang hingga rendah. Sebanyak 45% berada pada kategori rendah untuk indikator melaksanakan rencana, dan 55% berada pada kategori rendah untuk indikator meninjau kembali. Penelitian ini penting dilakukan karena masih terbatasnya studi yang secara eksplisit menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika berdasarkan setiap tahap Polya. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa guru perlu lebih menekankan pada pengembangan strategi berpikir sistematis siswa terutama dalam merencanakan solusi masalah fisika.</p> 2025-08-05T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 USMAN, Rakha Novendra Putra, A. Sri Astika Wahyuni, Aldena Aenun R Sakona https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/418 KEMAMPUAN PENGINTEGRASIAN AGAMA DAN SAINS DARI DAMPAK PENGARUH HASIL BELAJAR FISIKA DAN ILMU FIQIH 2025-07-27T19:26:16+07:00 Herman Jufri Andi herman.jufri.andi@uim.ac.id Chairatul Umamah chairatul.physics@gmail.com Moh. Hidayatullah hidayat@gmail.com <p>Integrasi ilmu pengetahuan (sains) dan agama Islam memiliki sudut pandang yang berbeda dari semua sisi. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan keselarasan antara keduanya yang harus dipertajam lagi agar tidak terjadi dikotomi pemamahan, karena keduanya memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dan kemajuan bangsa. agama merupakan pedoman serta petunjuk melalui aturan di dalam kitab suci. Dalam ilmu pengetahuan (sains) yang berorientasi pada kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi hasil belajar fisika dan ilmu fiqih terhadap kemampuan pengintegrasian agama dan sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa kelas X IPA-A yang sudah menerima materi ibadah haji pada mata pelajaran ilmu fiqih dan materi gerak lurus beraturan pada mata pelajaran fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ­­&gt; sehingga diterima dan ditolak. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar fisika dan ilmu fiqih terhadap kemampuan pengintegrasian agama dan sains dengan nilai rata-rata integrasi mencapai nilai 87,11. Hal ini mengindikasikan bahwa nilai yang diperoleh sudah memenuhi syarat ketuntasan minimal.</p> 2025-08-05T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Herman Jufri Andi, Chairatul Umamah, Moh. Hidayatullah https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/346 ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAROS 2025-07-21T20:32:01+07:00 Sherlin Pebrianti sherlinpebrianti@gmail.com Usman Usman usman7004@unm.ac.id Sri Astika Wahyuni asa.wahyuni@unm.ac.id Trisno Setiawan trisno.setiawan@unm.ac.id <p>Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mengetahui karakteristik gaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Maros dan menganalisis hasil belajar fisika ditinjau dari gaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Maros. Variabel dalam penelitian ini gaya belajar dan hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Maros yang berjumlah 221. Penarikan sampel menggunakan teknik <em>Proporsional Simple Random Sampling</em> berjumlah 156. Jenis gaya belajar yakni visual, auditorial, dan kinestetik. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket skala Likert untuk gaya belajar dan tes hasil belajar yang terdiri atas indikator memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5) dalam bentuk pilihan ganda. Hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Maros adalah cenderung lebih banyak yang mempunyai gaya belajar kinestetik yaitu sebanyak 81 orang. Hasil belajar peserta didik SMA Negeri 3 Maros untuk gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik berada pada kategori tinggi. gaya belajar kinestetik dengan presentase sebesar 51,92%, gaya belajar visual dengan presentase sebesar 30,12%, dan gaya belajar auditorial dengan presentase sebesar 17,95%.</p> <p> </p> 2025-08-25T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Sherlin Pebrianti, USMAN, Sri Astika Wahyuni, Trisno Setiawan https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/441 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART DILENGKAPI QUICK RESPON (QR) CODE PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SMA NEGERI 8 MAKASSAR 2025-08-08T22:38:18+07:00 Izzatul Fadillah izzatulfadillahizfha@gmail.com Mutahharah Hasyim muthahharah@unm.ac.id Usman Usman usman7004@unm.ac.id <p>Penelitian ini mengadopsi desain pengembangan modifikasi model ADDIE yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa <em>flipchart</em> pada materi perubahan iklim. Media <em>flipchart</em> yang dikembangkan dirancang untuk membantu pendidik dalam menyampaikan materi secara visual dan interaktif, sehingga memudahkan peserta didik memahami konsep perubahan iklim. Penelitian ini melibatkan 2 pendidik fisika dan 27 peserta fifik kelas X SMA Negeri 8 Makassar. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu (1) <em>Analyze</em>, (2) <em>Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate</em>. Proses pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai respon, pendapat, dan tingkat penerimaan terhadap media pembelajaran. Sebelum memberikan penilaian, responden terlebih dahulu mendapatkan panduan penggunaan media, kemudian menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data menggunakan formula <em>Gregory</em> untuk menguji validitas isi. Hasil analisis menunjukkan nilai validitas isi sebesar 1 atau 100%, yang mengindikasikan media berada pada kategori valid. Respon dari pendidik dan peserta didik juga berada pada kategori sangat positif terhadap aspek minat, tampilan dan desain, serta penyajian materi. Berdasarkan temuan ini, media pembelajaran <em>flipchart</em> dinyatakan layak, efektif, dan berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di sekolah.</p> 2025-08-25T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Izzatul Fadillah, Mutahharah Hasyim, Usman Usman https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/460 IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA KONSTRUKTIVIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUGIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA 2025-08-28T14:33:15+07:00 M. A. Martawijaya martawijayamagus@unm.ac.id Mahir Mahir mahir@unm.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam meningkatkan kemampuan kerja peserta didik. Penelitian ini menggunakan LKPD dengan pendekatan konstruktivis berbasis kearifan lokal dalam konteks pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek penelitian yang terdiri dari siswa siswa dengan kemampuan kerja terendah. LKPD diimpelementasikan dengan mengintegrasikan kearifan lokal bugis dan prinsip konstruktivis dengan tujuan melatih peserta didik dalam melakukan kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas, dan kerja ikhlas sebagai budaya kerja pemerintah di Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi LKPD konstruktivis berbasis kearifan lokal ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kerja dan hasil belajar fisika peserta didik. Temuan penelitian ini memiliki implikasi bagi lembaga pendidikan, pembuat kebijakan, dan pendidik di Indonesia, khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran yang relevan dengan konteks budaya lokal serta memperkuat pendekatan konstruktivis dalam pendidikan fisika. </p> 2025-09-09T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 M. A. Martawijaya, Mahir Mahir https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/439 ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 BULUKUMBA 2025-08-06T13:47:06+07:00 Andi Alya Putri Saifuddin andialyaputris@gmail.com Mutahharah Hasyim muthahharah@unm.ac.id Abdul Haris abd.haris@unm.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik kelas XI SMAN 2 Bulukumba pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu keterampilan proses sains peserta didik. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMAN 2 Bulukumba yang berjumlah 87 orang. Indikator keterampilan proses sains yang diteliti meliputi mempertanyakan dan memprediksi, mengklasifikasi, menerapkan konsep, menganalisis data, mengevaluasi dan refleksi, serta mengkomunikasikan hasil. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik berada dalam kategori rendah, dimana 45 peserta didik berada dalam kategori rendah dengan persentase 52%. Untuk indikator mempertanyakan dan memprediksi secara ilmiah berada pada kategori sangat rendah dengan presentasi 12,26%, mengklasifikasi/pengelompokan berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 20,11%, menerapkan konsep berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 17,62%, menganalisis data berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 12,64%, mengevaluasi dan refleksi berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 13,03, serta mengkomunikasika hasil berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 21,84%. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik belum berkembang secara optimal dan diperlukan Upaya pembelajaran yang lebih aktif, reflektif, dan berbasis proses ilmiah untuk meningkatkannya.</p> <p> </p> 2025-09-10T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Andi Alya Putri Saifuddin, Mutahharah Hasyim, Abdul Haris https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/459 EKSPLORASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA FISIKA: PEMBELAJARAN LANGSUNG VS. SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN PLATFORM 2025-08-28T09:37:14+07:00 Mahir Mahir mahir@unm.ac.id M. A. Martawijaya martawijayamagus@unm.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan membandingkan pemahaman konseptual mahasiswa fisika antara pembelajaran langsung dan pembelajaran melalui platform Learning Management System (LMS). Pentingnya penelitian ini terletak pada upayanya untuk memberikan wawasan tentang efektivitas kedua metode pembelajaran dalam konteks pendidikan fisika, yang dapat berkontribusi pada pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran yang lebih efektif. Metodologi yang digunakan adalah survei kuantitatif yang melibatkan 104 mahasiswa fisika dari Universitas Negeri Makassar. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur pemahaman konseptual, retensi informasi, dan tingkat kepuasan belajar. Analisis statistik dilakukan untuk mengevaluasi perbedaan antara kedua kelompok belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar melalui metode tatap muka menunjukkan pemahaman konseptual yang lebih dalam. Di sisi lain, siswa yang menggunakan LMS menunjukkan retensi informasi yang lebih baik dan tingkat kepuasan belajar yang lebih tinggi. Keterbatasan penelitian ini termasuk sampel yang terbatas pada mahasiswa fisika dari beberapa universitas di Indonesia dan kurangnya pertimbangan terhadap faktor-faktor seperti variasi desain mata kuliah dan interaksi dengan instruktur. Implikasi praktis dari penelitian ini menyoroti pentingnya menyeimbangkan pembelajaran langsung dan penggunaan LMS dalam merancang kurikulum pendidikan fisika. Kombinasi kedua metode ini dapat memaksimalkan pemahaman konseptual dan retensi informasi, serta meningkatkan kepuasan belajar siswa.</p> 2025-09-10T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Mahir Mahir, M. A. Martawijaya