MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.71Kata Kunci:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Abstrak
Tujuan dari penulisan kajian ini adalah untuk memaparkan kaitan antara model pembelajaran Problem Based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika dengan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu Studi literature.Studi literatur yang dilakukan yaitu dengan melakukan pencarian terhadap berbagai sumber tertulis, baik berupa buku-buku, arsip, majalah, artikel, dan jurnal, atau dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dikaji.Pembelajaran yang bermutu memberikan fasilitas bagi anak didik dalam mengembangkan kecakapan, keterampilan dan kemampuan sebagai modal untuk menghadapi tantangan di kehidupan global. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran abad 21 yang harus digunakan para pendidik dalam menghadapi era persaingan global. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan satu model pembelajaran inovatif yang memberikan kondisi belajar aktif pada peserta didik dalam kondisi dunia nyata. Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu proses untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi untuk mencapai suatu tujuan yang hendak dicapai. Seseorang dapat dikatakan mampu menyelesaikan suatu masalah apabila mampu menelaah suatu pemasalahan dan mampu menggunakan pengetahuannya ke dalam situasi baru.
Referensi
Aji, M. Q. W. (2019). Mengembangkan kecakapan abad 21 mahasiswa melalui model pembelajaran inkuiri. Teknodika. https://doi.org/10.20961/teknodika.v17i2.3 5281
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Baharuddin. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat berbasis model kooperatif tipe stad dengan metode penemuan terbimbing kelas Vii Mts Negeri Model Makassar. MaPan.
Carson, J. 2007. A Problem With Problem Solving: Teaching Thingking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator Journal, 17 (2), 7-14.
Fitri. M, Yuanita.P, Maimunah. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang. DOI: https://doi/org/10.31629/jg.v5i1.1609.
Ibrahim, M dan Nur. (2005). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press
Kartini, Iin. 2016. Implementasi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK. Tesis Pendidikan Matematika UNPAS
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Rajawali Pres.
Lidinillah. 2009. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Penelitian UNY Vol 3.
Malmia Wa, Hajiyanti M.S, Lisaholit.S, Azwan A, Magfirah.I, Tinggapi.H, Umanailo M.C.B. (2019). Problem-Based Learning As An Effort To Improve Student Learning Outcomes. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 8, Issue 09, September 2019
Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis dan Disposisi Matematis. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan.
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR). https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of learning tools with the discovery learning model to improve the critical thinking ability of mathematics. Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.83-92.
Sardi, A. (2023). Theories of Materials Evaluation and Adaption: A Textbook English in Focus for Junior High School Grade VII.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., Ahmad, A. K., & Rauf, F. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Keragaman Suku dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 1-8.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.
Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol. 8, No. 3.
Sumarmo, U. (2014). Berpikir dan disposisi matematika serta pembelajarannya. Kumpulan Makalah Pendidikan Matematika FPMIPA UPI Bandung. https://doi.org/10.1109/SECPRI.2000.8484 45.
Syaharuddin. (2016). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Hubungannya Dengan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII Smpn 4 Binamu Kabupaten Jeneponto. Thesis. Universitas Negeri Makassar.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif – progresif. Kencana Prenada Media Group.
U. Sumarmo, “Kumpulan makalah berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya,” UPI, Bandung, 2013.
Yustianingsih, R., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. 1(2), 258–274.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Syamsinar Syamsinar, Asmawati Asmawati, Andi Kamal Ahmad

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.