PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Penulis

  • Sinta Yuni Lestari Universitas Negeri Semarang
  • Nursiwi Nugraheni Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.213

Kata Kunci:

Blok Pecahan, Pemecahan Masalah, PJBL

Abstrak

Tujuan dari studi ini untuk memahami seberapa baik keberhasilan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) dengan bantuan media blok pecahan dalam memaksimalkan kemampuan siswa sekolah dasar dalam menemukan solusi pada masalah matematika. Studi ini dilaksanakan mengenakan metode quasi eksperimen, melibatkan kelompok eksperimen yang terdiri dari 28 siswa dari kelas V SDN Mokaha 01 dan kelompok kontrol yang meliputi 33 siswa dari kelas V SDN Penyalahan 01. Untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah sebelum dan setelah perlakuan, menggunakan tes awal dan tes akhir pada untuk mengetahui hasil. Hasil analisis uji-t memperlihatkan adanya perbedaan signifikan antara hasil tes akhir dari kedua kelompok uji coba (Sig. 0,000) yang mengindikasikan bahwa model pembelajaran yang diterapkan berpengaruh. Serta model pembelajaran project based learning (PJBL) lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dibuktikan dengan hasil penelitian pada kelas eksperimen sebesar 65,4% yang termasuk kategori cukup efektif, sementara di kelas kontrol hanya 44,01% tergolong kedalam kategori kurang efektif.

Referensi

Astria R, Haji S, Sumardi H. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di SMA Negeri 6 Kepahiang. J Pendidik Mat Indones. 2024;9(1):56-68.

Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.

Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.

Handayani ES, Subakti H. Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. J Basicedu. 2020;5(1):151-164. doi:10.31004/basicedu.v5i1.633

Afandi M, Djunaidi, Nashiroh PK. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 10 Semarang. J Pendidik. 2020;8(1):43-51. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/360

Sunaengsih C. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi a. 2016;3(2):177-184. doi:10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259

Panuntun S. Pengaruh Kepedulian Orang Tua terhadap Perilaku Belajar Siswa pada SMK 17 Agustus Bangsri. J Pendidik Ekon IKIP Veteran Semarang. 2013;1(1):90-99.

Maesari C, Marta R, Yusnira Y. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. J Teach Educ. 2020;1(1):92-102. doi:10.31004/jote.v1i1.508

Widyastuti RT, Airlanda GS. Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. J Basicedu. 2020;5(5):1120 1129. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Meta Fidayanti, dkk. (2020). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies. 3(1).

Syofian Siregar, Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014) hal. 153.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas).

Inovasi Pendidikan. 7(1)

Jabir H, Ratman, Laganing N. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA tentang Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN Keurea Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. J Kreat Tadulako Online. 2016;3(1):175-188.

Theresa Oraple, Anis Alfian Fitriani, Ahmad Yulianto. Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV SD YPK ELIM MALANU Kota Sorong. Lencana J Inov Ilmu Pendidik. 2024;2(2):08-15. doi:10.55606/lencana.v2i2.3443

Syair N. Upaya peningkatan hasil belajar pembagian pecahan biasa dengan pendekatan konstruktivisme di kelas VI sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelit Guru Indones. 2022;7(2):257. doi:10.29210/022168jpgi0005

Anggraini PD, Wulandari SS. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. J Pendidik Adm Perkantoran. 2020;9(2):292-299. doi:10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Suardiana IM. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. J Educ Action Res. 2021;5(3):176-186. doi:10.23887/jear.v5i3.34677

Ramafrizal Y, Julia T. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. OIKOS J Kaji Pendidik Ekon dan Ilmu Ekon. 2018;II. doi:10.23969/oikos.v2i2.1049

Agusta ES. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis HOTS. J Ris Pembelajaran Mat Sekol. 2020;4(1):58-64. doi:10.21009/jrpms.041.09

Monti C, Novoa MC, Vizcaíno CE. Anatomía y Etnobotánica de Dos Especies de Boraginaceae de la Provincia Pampeana (Argentina) Usadas en Medicina Popular. Acta Farm Bonaer. 2003;22(3):197-201.

Darwanto D. Hard Skills Matematik Siswa. Eksponen. 2019;9(1):21-27. doi:10.47637/eksponen.v9i1.129

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-01

Cara Mengutip

Lestari, S. Y., & Nugraheni, N. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 110–120. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.213

Terbitan

Bagian

Artikel