Peningkatan Hasil Belajar Matematika terhadap Penggunaan Metode Index Card Match
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.16Kata Kunci:
Hasil Belajar Matematika, Match Card IndexAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020. melalui Metode Index Card Match, 2) Untuk dapat meningkatkan Ketuntasan individu maupun ketuntasan klasikal siswa kelas X SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020. melalui Metode Index Card Match, dan 3) Untuk dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020. melalui Metode Index Card Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pinrang, dan adapun Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pinrang Kabupaten Pinrang. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas X2 jumlah siswa tersebut ialah 36 siswa dengan jumlah laki-laki ada 14 siswa dan perempuan 22 siswi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 78,65 menjadi 83,18 pada siklus II, 2) Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat yaitu pada siklus I sebesar 66,7% menjadi 91,7% pada siklus II, jadi ketuntasan secara klasikal sudah tercapai. Dan 3) Aktivitas dan tanggapan siswa: a) Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian yaitu aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 41% menjadi 47% pada siklus II dan menurunnya aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran dari siklus I sebesar 26% menjadi 14% pada siklus II. serta, b) Berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa hampir semua siswa menyukai matematika, dan senang metode Index Card Match serta setuju jika model ini diterapkan di sekolah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Asmawati Asmawati, Afdalia Afdalia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.