Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.12Kata Kunci:
Kompetensi Guru, Iklim Organisasi, Kinerja GuruAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan iklim organisasi terhadap kinerja guru matematika SMP Negeri kecamatan Batulappa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional dengan pendekatan expost facto dan survey. Sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 18 atau sebagian dari beberapa SMP Negeri Kecamatan Batulappa yang ada. Teknik analisis data meliputi: analisis deskriptif, analisis validitas, analisis reliabilitas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil pengujian maka disimpulkan bahwa variabel kompetensi guru (X1) dan iklim organisasi (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) di SMP Negeri Kecamatan Batulappa. Jika menghendaki kinerja guru maksimal maka hendaknya kompetensi guru dan iklim organisasi perlu diperhatikan dan melakukan kegiatan yang sifatnya pengembangan.
Referensi
Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia (Bandung: Perusahaan Rosda 2000), h. 67.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Cepi Triatna. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Darmuin dkk, (2013). Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Kelompok Guru PAI & Budi Pekerti di SD/SMP/SMA/SMK, (Panitia Sertifikasi Guru LPTK Rayon 206 IAIN Walisongo Semarang, tahun 2013)
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2002), h. 570.
Desy Noor Indah Fitriana, Pengaruh Iklim Sekolah dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, Tesis (Yogyakarta: PPs UNY, 2013), h. vii.
Duwi Priyatno. 2010. Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom E. Mulyasa, (2007) Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ermawati, E., Nurchalis, N. F., & Sardi, A. (2021). Online EFL Teaching and Learning: Different skills, Different Challenges. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(1), 495–505. https://doi.org/10.24256/ideas.v8i2.1660
Fahmi, Manajemen Kinerja (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 5.
Hanafiah Nanang & Suhana Cucu. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Ideswal, dkk., Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. (Online: Jurnal Basicedu, 4(2), 460-466. Volume 4 No. 2, 2020), h.462. file:///C:/Users/MHD7/Downloads/381-1213-2-PB.pdf. (10 September 2020).
Lilik Kurniasih, Pengaruh Kompetensi Guru, Iklim Organisasi dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan
Sukoharjo, Tesis (Surakarta: PPs IAIN Surakarta, 2018), h. 2.
Mujahidah, M., & Sardi, A. (2021). A Handbook YOUR BASIC GRAMMAR For Beginner (Non-Native Speakers).
Mujahidah, M., Megawati, M., Khaira, M., Rendra W, R., Safirah, S., & Wildayanti, W. (2020). Basic English for Young Learners.
Mulyasa, E, Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi, dan Implementasi. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya 2020), h. 26.
Nawawi, Budaya Orgaisasi Kepemimpinan & Kinerja (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2013), h. 213.
Nurchalis, N. F., Ermawati, E., Sardi, A., & Nursabra, N. (2021). Language Laboratory to Overcome the Barrier of Classroom English Learning: Does it Exist and Is it Used in Islamic Schools of Majene?. Elsya: Journal of English Language Studies, 3(3), 183-194.
Pardede dan Manurung. 2014. Analisis Jalur Path Analysis. Jakarta : Rineka Cipta.
Payaman J. Simanjuntak, Manajemen dan Evaluasi Kinerja. (Jakarta: Lembaga 13 Penerbit Fakultas Ekonomi UI), online 2005), h. 56.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah, BAB VI Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bagian Kesatu Guru Pendidikan Agama, Pasal 16 Ayat 1-6.
Sardi, A. (2017). The Discourse Analysis on Teachers’ Diction Used in TEFL at SMPN 2 Lembang. Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Sardi, A., & Mujahidah, M. (2020). Could I Be Illogical. Cibi Guide) For Non-Native Speaker.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Andi Kamal Ahmad, Abdul Walid

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.