UPAYA MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI EKSPONEN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.421Kata Kunci:
Eksponen, Literasi Numerasi, Problem Based Learning (PBL), PTKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa pada materi eksponen dengan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas X AP SMK Negeri 7 Ende. Permasalahan dalam penelitian ini berangkat rendahnya kemampuan literasi numerasi, rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep eksponen, dan menyelesaikan soal kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Model Problem Based Learning (PBL) dipilih karena dapat menjadi solusi dari permasalahan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kolaboratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Negeri 7 Ende sebanyak 19 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan literasi numerasi siswa, hal ini ditunjukan melalui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami soal cerita berbasis literasi numerasi dengan menerapkan konsep eksponen. Hasil keterlaksanaan pembelajaran siklus I mencapai 73,03% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,23%. Hasil belajar siswa ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan presetase pratindakan sebesar 63%, siklus I sebesar 73% dan siklus II mencapai 94% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, penerapan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan literasi numerasi siswa pada materi eksponen serta memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan bermakna.
Referensi
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning berbantuan media Youtube terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik. Jurnal cendekia: jurnal Pendidikan matematika, 5(3), 2857-2868.
Awami, Fachri, Yuyu Yuhana, and Hepsi Nindiasari. 2022. “Meningkatkkan Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Self Confidence Peserta didik SMK.” MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran 8(2): 231–43. doi:10.30653/003.202282.236.
Azizah, N. (2025). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKER TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 45-60.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf
Eka Fauzanah, A., Koes Puji Astuti, L., Studi Pendidikan Matematika, P., PGRI Semarang, U., Sidodadi Timur Jalan Dokter Cipto No, J., Semarang Tim, K., Semarang, K., & Tengah, J. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Peserta didik SMA melalui Model Problem Based Learning. Journal on Education, 06(04), 22778–22788.
Judijanto, L., et.al. (2025). Pendidikan Abad 21:: Menyambut Transformasi Dunia Pendidikan di Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.Trilaksono, A. I. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DARI PERSPEKTIF TENAGA PENDIDIK SMK NEGERI 1 AMPELGADING KABUPATEN MALANG. Map (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik), 7(2), 137-150. DOI: https://doi.org/10.37504/map.v7i2.618
Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor pembentuk dari kemandirian belajar peserta didik. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197-214. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-liqo/article/view/246
Mutoffar, M. M., & Yuyun, L. (2024). Pintar Literasi dan Numerasi: Panduan Praktis untuk Guru/Dosen dan Orang Tua. Pekalongan: Penerbit NEM.
Polya, G. (1973). How To Solve it: A New Aspect of Mathematical. Method. New Jersey, USA: Pricenton University Press.
Prihapsari, V. Y., Hadi, F. R., & Pradana, L. N. (2023). Kemampuan numerasi peserta didik sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4,768-775. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4493
Putri, R. W. B., Setiana, H., & Savitri, E. N. (2023,July). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta didik Melalui Model Problem Based Learning di SMP Negeri 20 Semarang. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Prima, 7,724–730.
Zaidah, A. (2021). Analisa kemampuan literasi numerasi dan self-efficacy peserta didik madrasah dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1082
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Maria Fatridolin Pale, Konstantinus D. P. Meke, Ningsih Ningsih

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.