METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v2i2.78Kata Kunci:
Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Thinking Aloud Pair Problem SolvingAbstrak
Pelaksanaan riset ini merupakan Classroom Action Research dimana peneliti terlibat dengan bertujuan untuk menerapkan model belajar agar meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMPN 5 Pinrang. Hasil belajar pendidikan agama islam mengalami peningkatan melalui model pembelajaran thinking aloud pair problem solving pada peserta didik ditunjukkan (1) hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 69,70% pada siklus Pertama menjadi 84,33% pada siklus Kedua, (2) meningkatnya persentase ketuntasan secara klasikal dari siklus Pertama kesiklus Kedua yaitu 42% pada siklus Pertama menjadi 83% pada siklus Kedua, dan (3) persentase aktivitas peserta didik yang sesuai dengan proses pembelajaran yaitu 89% pada siklus Pertama menjadi 97% pada siklus Kedua.
Referensi
Ahmad, A. K. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1)
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4).
Idrus, I., Nirmala, S., & Sardi, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 35-47.
Ishak, I., & Walid, A. (2022). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Hadratul Madaniyah, 9(2), 1-9.
Ishak, I., & Sulaiman, S. (2022). Hasil Belajar PAI Melalui Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 22-34.
Fahmi, s. F. (2022). Pembelajaran fiqih berbasis metode tapps (think aloud pair problem solving) dalam meningkakan hasil belajar peserta didik di man 1 mojokerto (doctoral dissertation, institut pesantren kh abdul chalim).
Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.
Nurchalis, N. F., Ermawati, E., Sardi, A., & Nursabra, N. (2021). Language Laboratory to Overcome the Barrier of Classroom English Learning: Does it Exist and Is it Used in Islamic Schools of Majene?. Elsya: Journal of English Language Studies, 3(3), 183-194.
Ramadhani, D. Efektivitas penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan metakognisi dan hasil belajar pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 2 Subah Batang.
Rahmayani, S., Jumrah, J., Ahmad, A. K., & Sulaiman, A. Z. (2022). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4).
Rosita, R., Sulaiman, A. Z., Jumrah, J., & Ahmad, A. K. (2023). Penguatan Pondasi Matematika dan Sains Anak Pendidikan Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Disiplin Ilmu, 1(2).
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Sardi, A., Ahmad, A. K., & Rauf, F. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Keragaman Suku dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 1-8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rusmiaty Rusmiaty, Abdul Walid

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.