Pengaruh Kepribadian dan Kewibawaan Guru Terhadap Kerajinan Belajar Siswa

Penulis

  • Abdul Walid STKIP DDI Pinrang
  • Yunus Taba MTS IUJ DDI Lerang-Lerang

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v1i2.27

Kata Kunci:

Kepribadian Guru, Kewibawaan Guru, Kerajinan Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini mengelaborasi pengaruh kepribadian dan kewibawaan guru terhadap kerajinan belajar siswa. Tujuan penelitian ini ada empat yakni (1) untuk mengetahui kepribadian guru dan kewibawaan guru, (2) untuk mengetahui tingkat kerajinan belajar siswa, (3) untuk mengetahui Pengaruh Kepribadian dan Kewibawaan Guru Terhadap Kerajinan Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian assosiatif; Teknik pengujian datanya dilakukan dengan uji korelasi parsial masing-masing hubungan antar variabel kemudian dilanjutkan dengan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepribadian guru dan kewibawaan guru di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang memiliki kategori sangat tinggi karena nilai rata yang diperoleh dari persepsi kewibawaan guru Madrasah Aliyah Negeri Pinrang adalah 87,00. Kerajinan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang adalah 84,00 maka dapat disimpikan dalam kategori tinggi. Kemuadian, pengaruh kepribadian dan kewibawaan guru terhadap kerajinan belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Pinrang tergolong signifikan karena Fhitung = 11,257 ≥ Ftabel(57) = 2,660.

Biografi Penulis

Yunus Taba, MTS IUJ DDI Lerang-Lerang

 

 

Referensi

Abdul Majid & Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004, h. 130.

Budi Susetyo, Statistik Untuk Analisis Data Penrlitis, (PT. Rafika Aditama, 2010), h. 21

Cece Wijaya, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran, (Bandung: Rosda Karya, 1988), h. 29.

Gudono, Analisis Data Multivariat, (Cet. I; Yokyakarta: BPFE, 2011), h. 121

M. Furqon Hidayatullah, Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat & Cerdas, (Surakarta: Yuma Pustaka, 2009), h. 68.

Nasution, MA, Sosiologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010), hlm.117.

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis (Bandung: Remaja Rosda karya, 1944), h. 44

Ramayulis, Ilmu pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2006), h. 56.

Ridwan, Sunarto, Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis, (Cet. V; Bandung: Alfabeta, 2011), h. 87.

Samana, Profesionalisme Keguruan, (Yogyakarta: Kanisiun, 1994), h. 23.

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Sugiono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Cet. I; Bandung: CV. Alfabeta, 2011), h. 331.

Undang-Undang guru dan Dosen, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009), h. 7.

Vembriarto, Sosiologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Grasindo, 1993), hlm. 20.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25

Cara Mengutip

Walid, A., & Taba, Y. (2022). Pengaruh Kepribadian dan Kewibawaan Guru Terhadap Kerajinan Belajar Siswa. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 89–107. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i2.27

Terbitan

Bagian

Artikel