MADRASAH DALAM PUSARAN TANTANGAN ZAMAN: UPAYA STRATEGIS MEMPERKUAT INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.266Kata Kunci:
Karakter, Madrasah, Pendidikan Islam, Kata Kunci: madrasah, pendidikan Islam, tantangan pendidikan, reformasi, karakter, Tantangan PendidikanAbstrak
Madrasah sebagai institusi pendidikan Islam memiliki posisi strategis dalam membentuk generasi beriman dan berilmu. Namun, madrasah kini menghadapi tantangan besar, baik internal maupun eksternal. Tantangan internal mencakup rendahnya kompetensi guru, manajemen kelembagaan yang lemah, ketidakseimbangan kurikulum antara ilmu agama dan umum, serta minimnya inovasi pembelajaran. Sementara itu, tantangan eksternal mencakup stigma sosial, tekanan globalisasi, persaingan dengan sekolah Islam modern, serta tantangan ideologis seperti radikalisme dan krisis identitas keislaman. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur untuk mengidentifikasi tantangan tersebut dan menawarkan strategi penguatan madrasah melalui reformasi kurikulum integratif, digitalisasi pembelajaran, pelatihan profesional berkelanjutan, serta penguatan kolaborasi dan branding kelembagaan.
Referensi
Abuddin Nata. (2012). Pendidikan Islam dan Tantangan Zaman. Jakarta: Kencana
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib, Islam and Secularism, Kuala Lumpur: ISTAC, 1993.
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib, The Concept of Education in Islam, Kuala Lumpur: ISTAC, 1991
Al-Ghazali, Iḥyā’ ‘Ulūm al-Dīn, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2005.
Arifin, I. (2019). "Tantangan Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0." Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 33–49.
Arifin, M. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Malang: UIN-Malang Press
Asep Saepudin Jahar. “Madrasah dan Transformasi Sosial”, dalam Jurnal Studia Islamika, Vol. 19 No. 3, 2012.
Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana, 2012
Departemen Agama RI, Pedoman Umum Penyelenggaraan Madrasah, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2010
Direktorat KSKK Madrasah, Profil Madrasah Indonesia 2021, Jakarta: Kemenag RI, 2021
EMIS Kementerian Agama RI. (2023). Laporan Nasional Sarpras Madrasah.
Fikri, Haidar. (2020). “Model Pengembangan Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 56–70.
Hasan, L. (2017). Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Telaah Kurikulum dan Strategi Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.
Hasan, Noorhaidi. “Challenging the Secular State: The Islamization of Law in Modern Indonesia”, dalam Journal of Law and Religion, Vol. 28, No. 3, 2013.
Hasan, Saidna Zulfiqar Bin Tahir, “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah,” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 2, 2020.
Hidayatullah, Furqan. (2022). “Krisis Identitas dan Tantangan Media Sosial di Kalangan Pelajar Madrasah.” Jurnal Komunika: Media Komunikasi dan Pendidikan Islam, 14(2), 112–125.
Ibn Khaldun, Muqaddimah, Beirut: Dar al-Fikr, 2004.
Kemenag RI & World Bank. (2019). Madrasah Education Quality Reform Project Report.
Kemenag RI. (2020). Blue Print Digitalisasi Madrasah 2020–2024. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam.
Kemenag RI. (2021). Panduan Implementasi Moderasi Beragama di Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat GTK Madrasah.
Kemendikbud. (2021). Pedoman Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Laporan Penelitian Ketahanan Moral Siswa Madrasah, Jakarta: Puslitbang Kemenag RI, 2022.
Kementerian Agama RI, Madrasah Reform Project Overview, 2018.
Kementerian Agama RI, Statistik Pendidikan Islam Tahun 2023, EMIS (Education Management Information System), 2023.
Kementerian Agama RI. (2019). Roadmap Moderasi Beragama 2020–2024. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kemenag.
Kementerian Agama RI. (2023). EMIS (Education Management Information System) Annual Report 2023..
Kementerian Agama RI. Reformasi Pendidikan Islam di Indonesia, 2020.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books
M. Mukhsin Jamil, “Religiusitas Madrasah dan Internalisasi Nilai-Nilai Islam,” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2 (2018): 123–135
Ma’arif, M. (2021). Tantangan Pengelolaan Tenaga Kependidikan Madrasah. Jurnal Kependidikan, 13(2), 100–112.
Ma’arif, M.A. (2014). Branding Madrasah: Membangun Citra Positif Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pilar Media.
Muhaimin. (2016). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhammad Zuhdi, (2015). "Religious Education in Indonesian Schools." Journal of International Studies in Educational Administration, 43(2), 47–60.
Mujiburrahman. (2011). Rekonstruksi Integrasi Ilmu: Upaya Mengembangkan Paradigma Pendidikan Islam yang Holistik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mukhlas, M. (2020). Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 45–58.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Nasrullah. (2020). Kesenjangan Sarana dan Prasarana Madrasah: Sebuah Studi Empiris. Jurnal Madrasah, 5(2), 135–149.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Rahardjo, M. Dawam. Madrasah dan Modernisasi Pendidikan Islam. Jakarta: LP3ES, 1985.
Suryana, Dede. (2021). “Penguatan Pendidikan Moderasi Beragama di Madrasah.” TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 8(1), 34–46
Suryani, N. (2019). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(2), 104–118.
Suyanto & Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.
Tilaar, H.A.R. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2002.
Wahyudin, Agus. (2019). “Literasi Digital di Madrasah: Sebuah Tinjauan Strategi Pendidikan Era Milenial.” Jurnal Tadris, 14(1), 98–110.
Yusuf, M. (2020). Teaching and Learning Center sebagai Inovasi Pembelajaran di Madrasah. Yogyakarta: Deepublish.
Zarkasyi, H.A. (2017). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 55–67.
Zuhairini et al., Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Zuhdi, M. (2014). "Madrasah in Indonesia: Modernity, Politics and Identity." Journal of Indonesian Islam, 8(2), 295–308.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Jusman Rivay Rumra, Rusmiaty Rusmiaty, Syahruddin Usman, Syarifuddin Ondeng

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.