PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i1.133Kata Kunci:
Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, Keterampilan Proses Sains, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berdasarkan validasi ahli, mengetahui kepraktisan LKPD berdasarkan penilaian guru fisika dan angket respon siswa, serta mengetahui keefektifan LKPD berdasarkan penilaian terhadap KPS dan KPM siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang validator ahli pendidikan fisika, satu orang guru fisika dan siswa kelas XI MIPA 1 di salah satu SMA Negeri Siantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes dan angket. Berdasarkan penilaian terhadap tingkat kelayakan LKPD diperoleh persentasi rata-rata ahli materi sebesar 86,42% dengan kategori sangat layak dan persentasi rata-rata ahli desain sebesar 88,65% dengan kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan LKPD berdasarkan penilaian guru fisika sebesar 91,67% dengan kategori sangat layak dan angket respon siswa pada kelompok besar sebesar 86,53% pada kelompok besar. Sedangkan tingkat keefektifan LKPD berdasarkan pada hasil penilaian terhadap KPS dan tes KPM siswa diperoleh persentasi rata-rata KPS siswa sebesar 61,35% tergolong kriteria baik dan persentasi rata-rata KPM siswa sebesar 40,56% dengan tergolong kriteria sangat rendah. LKPD yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru Fisika SMA.
Referensi
Anwar., (2014), Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013, Jurnal Humaniora Vol.5, No.1 hal: 97-106
Elvanisi, A., Hidayat, S., dan Fadillah, E. N., (2018), Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas, Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol.4, No. 2 hal: 245-252
Fitriasari, D.N.M., dan Yuliani., (2021), Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA, Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol. 10, No.3 hal: 510-522
Helmawati., (2019), Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Jannah, U., Prastowo, S. H.B., dan Subiki., (2018), Analisis Keterampilan Proses Sains Terintegrasi dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa SMK Negeri 5 Jember Kelas X Materi Suhu dan Kalor, Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 7, No.4 hal: 341-348
Jumania., Putri, A.N., dan Iraawan, B., (2019), Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 8 Tanjung Pinang, Jurnal Pedagogi Hayati Vol. 3, No.1 hal: 1-6
Nurnaifah, I. I. (2024). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Perangkat Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi Saintifik, 4(2), 65-73.
Rahmah,N., Iswadi., Asiah., Hasanuddin., dan Syafrianti, D., (2020), Faktor dan Solusi Terhadap Kendala Praktikum Biologi, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Vol.5, No.4 hal: 41-48
Rostika, D., dan Junita, H., (2017), Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (RMD), Jurnal Pendidikan Dasar Vol.9, No.1 hal: 35-46
Sani, R. A., (2018), Pengelolaan Laboratorium IPA Sekolah, Bumi Aksara, Jakarta Timur
Sani, R.A., (2019), Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill), Tira Smart, Tangerang
Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.
Yaman, E., (2016), Pengoptimalan Peran Kepala Labor dalam Menunjang Pembelajaran IPA di SMPN 7 Kubang, Jurnal Penelitian Guru Indonesia Vol.1 No.1 hal: 63-71
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Angeline Aulia, Dewi Wulandari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.