PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Penulis

  • Ririn Anggraini Universitas Negeri Medan
  • Khairul Amdani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i1.131

Kata Kunci:

E-Modul, Gelombang Bunyi, Pendekatan Saintifik

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika dan keterbatasan bahan ajar berupa e-modul yang dimiliki guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan E-Modul Fisika berbasis saintifik berbantuan berbantuan Flip Pdf Corporate Edition pada materi gelombang bunyi yang layak, praktis, dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta Nurul Islam Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar uji kelayakan ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan guru dan peserta didik, instrumen tes hasil belajar, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah telah dihasilkannya E-Modul berbasis saintifik yang layak ditinjau dari kelayakan ahli materi dengan presentase 93,75% dan ahli media dengan presentase 92,30% yang termasuk kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika. Hasil uji kepraktisan guru fisika terhadap e-modul yang dikembangkan diperoleh persentase 93% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik mendapatkan rata-rata persentase 90,25% dengan kategori sangat praktis. Hasil penilaian tes hasil belajar pada peserta didik memperoleh skor N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, maka E-Modul dikatakan sangat efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa E-Modul yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.

Referensi

Anggraini, V. A., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis flip pdf coorporate pada materi media komunikasi kehumasan kelas xi otkp 2 di smkn 10 surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2219–2232. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Daryanto. (2014). menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. yogyakarta: Gava Media.

Efendi, Rifa dan Yusman Wiyatmo. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flip Pdf Profesional untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 8 (2), 1–6.

Elvira. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya ( Studi pada : Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi ) Factors Causing the Low Quality of Education and How to Overcome It ( Study on : Elementary School in Tonggolobibi Village ). IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16, 93–98.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Kusuma Dewi, D., Tri Pangesthi, L., Handajani, S., & Fatkhur Romadhoni, I. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF Corporate Edition Pada Kompetensi Dasar Puff Pastry Siswa Kelas XII SMK. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 279–292.

Latifah, N., & Setyadi Kurniawan, E. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Development of Physics E-Modules to Improve Critical Thinking Ability of Students. Jips: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01, 1–7. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips

Nardi Ardana. (2023). Pengembangan Modul Elektronik pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(2), 08–17. https://doi.org/10.21009/jpi.062.02

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., & Said, S. (2024). The Effect of Using Animation Media on Students' Physics Learning Outcomes in Linear Motion Material. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 136-144.

Putri, I. T., Aminoto, T., & Pujaningsih, F. B. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Teori Kinetik Gas. EduFisika, 5(01), 52–62. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i01.7725

Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka Dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Visipena, 12(1), 44–66. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476

Sani, R. abdullah. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan (1st ed.). Jakarta: KENCANA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2020). supardi. 2020.Landasan Pengembangan Bahan Ajar.Mataram. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=orQPEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=BAHAN+AJAR&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwie783e8azwAhWWaCsKHZ51AikQ6AEwAXoECAAQAg#v=onepage&q=BAHAN AJAR&f=false

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-11

Cara Mengutip

Anggraini, R., & Amdani, K. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 4(1), 9–17. https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i1.131

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama