Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Penulis

  • Ihfa Indira Nurnaifah STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang
  • Mariani Akhfar Universitas Pancasakti
  • Nursyam Nursyam STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.19

Kata Kunci:

Auditori, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Kinestetik, Visual

Abstrak

Studi ini merupakan penelitian ex-post facto pada bulan Maret-April Tahun Ajaran 2020/2021 di SMAN 9 Pinrang dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa Kelas XI SMAN 9 Pinrang. Varibel gaya belajar diukur menggunakan angket. Sedangkan variabel hasil belajar fisika datanya dikumpulkan menggunakan instrumen dokumen. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Gaya belajar yang dominan di Kelas XI SAN 9 Pinrang adalah gaya belajar visual yaitu sebesar 44%, kemudian gaya belajar kinestetik sebesar 36%, dan yang paling sedikit adalah gaya belajar auditori dengan persentase sebesar 20%; dan 2) Berdasarkan hasil uji regresi linear menggunakan SPSS 21 diketahui bahwa nilai signifikansi regresi sebesar 0.263 yang berarti lebih besar dari 0,05, maka dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau gaya belajar siswa tidak mempengaruhi hasil belajarnya. Sedangkan berdasarkan perhitungan menggunakan Microsoft Excel diperoleh persamaan Y = 86,92998-0,10133x. Tanda negatif pada koefisien regresi menunjukkan bahwa gaya belajar siswa justru berpengaruh negatif terhadap hasil belajarnya. Adapun hasil perhitungan korelasi Pearson diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,728 artinya lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel X (Gaya Belajar) dengan varibael Y (Hasil Belajar) itu tidak berkorelasi.

Referensi

Anggrasari, Fifi. 2018. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIA di SMA N 2 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (2)

Hasrul. 2009. Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal Medtek. Vol. 1 No.2:1-9

Kadir, Fitriani, Imam Permana dan Nurul Qalby. 2020. Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika SMA PGRI Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3 (1): 1-5.

Mar'ah, A. (2015). Gaya Belajar dan Faktor Pengaruhnya Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar IPA terpadu Siswa Kelas VIII MTS Sultan Fatah Gaji Guntur Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo

Mas P. Sanjata, A. R., Sardi, A., & Muchtar, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Setting Kooperatif. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 118–125. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i2.30

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Sardi, A. (2017). The Discourse Analysis on Teachers’ Diction Used in TEFL at SMPN 2 Lembang, Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Sopiatin, Popi dan Sohari Sahrani. 2011. Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakary

Widayanti, Ninik Ika. 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Tumbuhan Melalui Metode Pembelajaran Out Door Study Bagi Siswa Kelas II di SD Negeri Cemara Dua No 113 Surakarta Tahun 2009/2010. Skripsi S-1 Progdi PGSD. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (tidak diterbitkan)

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., & Nursyam, N. (2022). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 84–92. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.19

Terbitan

Bagian

Artikel