UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBERIAN REWARD PESERTA DIDIK SMKN 3 PINRANG PASCA COVID
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i2.75Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Peningkatan, RewardAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar fisika melalui pemberian reward peserta didik SMKN 3 Pinrang pasca covid. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 melalui 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan lembar observasi. Penerapan reward di SMKN 3 Pinrang ini dilakukan dengan memberi pujian berupa kalimat-kalimat sanjungan dan tambahan poin nilai kepada peserta didik yang berani menjawab pertanyaan pendidik, mengerjakan tugas dengan baik, dan aktif bertanya selama proses pebelajaran. Selain itu, reward yang diterapkan juga pemberian hadiah berupa alat tulis kepada peserta didik yang berprestasi. Sedangkan motivasi belajar peserta didik sebelum tindakan kelas berada pada kualifikasi kurang dengan persentase 39%. Setelah penerapan pemberian reward motivasi belajar peserta didik meningkat pesat dengan persentase 71,56% atau pada kategori sangat baik. Dan semakin meningkat pada siklus II dengan persentase 81,33% juga berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, upaya pemberian reward dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMKN 3 Pinrang.
Referensi
Anggriani, Siska. 2017. Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Pemberian Reward Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD N 6 Metro Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwita, Konita Dian, Ade Irma Anggraeni dan Kalimaru. 2018. Pengaruh Home Visit Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Di Sdit Harapan Bunda Purwokerto. Prwokerto: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA), (Purwokerto: Universitas Jendral Soedirman), Vol. 20, No. 1.
Febianti, Yopi Nisa. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif. Jurnal Edunomic, 6 (2).
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muammar, Irham. 2020. Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Islam di SMP Muhammadiyah Sekampung Lampung Timur Tp.2020/2021. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., & Nursyam, N. (2022). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 84-92.
Pertiwi, Suandewi Paramita. 2014. Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Pemberian Reward untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas VIII A3 SMP Negeri 2 Sawan Tahun Ajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa, 2 (1).
Pohan, A. E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. books.google.com.S
Rifa’i, Moh. Hanif. 2018. Penerapan Reward dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Sanjata, A. R. M. P., Sardi, A., & Muchtar, J. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran tutor sebaya setting kooperatif. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 118-125.
Sardi, A., Ahmad, A. K., & Rauf, F. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Keragaman Suku dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 1-8.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., Kalsum, K., Rauf, W., & Hasyim, S. (2023). Enhancing Students’ Writing Skills through the Implementation of the Seven Nucleus Approach in Teaching Tenses. SELTICS, 6(1), 39-47.
Sohimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wahyuni, Sri. 2021. Penerapan Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas Viii Di Madrasah Tsanawiyah Al-Jauharen Kota Jambi. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sukmawati Said, Ihfa Indira Nurnaifah, Sharijuddin Muh. Saleh

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.