ANALISIS KETERAMPILAN BERARGUMENTASI (COMMUNICATION SKILL) CALON GURU SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KETERAMPILAN ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.311Kata Kunci:
21st century skills, Prospective teachers, communication skills, argumentation skills, Calon Guru, Keterampilan Berargumentasi, Keterampilan Abad 21, Keterampilan BerkomunikasiAbstrak
Lulusan program pendidikan diharapkan memiliki hard skill dan soft skill yang terasah secara optimal. Salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh calon guru adalah kemampuan berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan keterampilan berargumentasi (communication skill) calon guru sebagai bagian dari penguatan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan lokasi penelitian di Universitas Pancasakti Makassar pada program studi Pendidikan Fisika. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 45 mahasiswa angkatan 2022–2024. Instrumen yang digunakan berupa soal esai yang telah tervalidasi. Keterampilan berargumentasi diukur berdasarkan lima indikator, yaitu claim, data, warrant, backing, dan rebuttal. Argumentasi yang baik mencakup kelima indikator tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator claim dan data memperoleh persentase tertinggi sebesar 70% dengan kategori kuat, sedangkan indikator warrant, backing, dan rebuttal masih berada pada persentase sekitar 40% dengan kualifikasi cukup. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung hanya mampu menyajikan bukti data, namun belum menguasai seluruh komponen keterampilan berargumentasi secara menyeluruh.
Referensi
Amalina, A., Roaita, R. Q., & Tananda, V. P. 2020. Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Kependidikan Betara.
Anila, R.B, dkk. 2015. Penerapan Problem based learning (PBL) untuk Meningktakan Motivasi Belajar, Keterampilan Inkuiri, dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP N Kediri pada Materi Perubahan dan Pencemaran Lingkungan. In Proceedings of the XII Seminar & Workshop Nasional Biologi FKIP UNS (SP007-8). Surakarta: FKIP UNS.
Febi Dwi Putri. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berargumentasi pada Materi Implus dan Momentum. Jurnal Imiah Kependidikan
Fina Fakhriyah. 2021. Mengembangkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Calon Guru Sekolah Dasar sebagai Bentuk Penguatan Keterampilan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Herlianti, Y., dkk. 2012. “Kualitas Argumentasi pada Diskusi Isu Sosiosaintifik Mikrobiologi Melalui Weblog”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 1 No. 2.
Manurung, S. R., & Rustman, N. Y. 2012. Identifikasi Keterampilan Argumentasi Melalui Analisis “. Toulmin Argumentation Pattern (TAP”) Pada Topik Kinematik Bagi Mahasiswa Calon Guru. In Seminar & Rapat Tahunan BKS-PTN B Tahun 2012.
Metakognisi, Berpikir Kritis, Dan Argumentasi Ilmiah Peserta didik Kelas VIII SMP Pawiyatan Daha 2 Kediri Materi Sistem Pernapasan Manusia.
Sa’adah, S. L. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Keterampilan
Silvia Delvi Hardini dan Heffi Alberida. 2022. Analisis kemampuan argumentasi peserta didik.
Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya.
Probosari, R. M., Ramli, M., Harlita, H., Indrowati, M., & Sajidan, S. 2016. Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi.
Wagner, T. (2010). Overcoming the Global Achievement Gap (online). Harvard University.
Zubaidah, S., 2017. Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mariani Akhfar, Ihfa Indira Nurnaifah Idris, Riskawati Riskawati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.