PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL): KONTEKS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.355Kata Kunci:
Berpikir Kreatif, Budaya Jambi, Modul Pembelajaran, PBL, StatistikaAbstrak
Fokus penelitian ini adalah pada pengembangan modul pembelajaran Matematika berbasis PBL dengan konteks budaya Jambi sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) dan melibatkan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data meliputi validasi oleh para ahli, wawancara, penyebaran angket kepraktisan untuk guru dan siswa, angket efektivitas, serta pemberian tes berpikir kreatif sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Hasil validasi materi dan desain mengindikasikan bahwa modul yang disusun layak dan dan dapat dimengerti dengan mudah. Merujuk pada hasil pengujian efektivitas, diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, diperoleh rata-rata N-Gain 0,703 dengan klasifikasi tinggi. Modul ini juga berhasil mendukung peningkatan keempat aspek berpikir kreatif, yaitu fluency, flexibility, originality, elaboration. Dengan demikian, modul berbasis PBL yang memuat konteks budaya lokal ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif, serta dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Matematika.
Referensi
Adiputra, Y., & Putri, H. E. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Budaya Industri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smk (Implementation Problem Based Learning Model Based On Industrial Culture To Improve Mathematical Creative Thinking Skill Students Of Vocational High School). Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02). Https://Doi.Org/10.30656/Gauss.V3i2.2720
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (A. Holid, Ed.). Pt Remaja Rosdakarya.
Aryani, I., & Masykuri, M. (2016). Pengembangan Modul Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Populasi Hewan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret The Development Of Problem Based Learning (Pbl) Module On The Materrial Of Animals Population To Enhance Creative Thinking Ability Of The Biology Education Students, Sebelas Maret University (Vol. 13, Issue 1).
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87.
Charmila, N., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207. Https://Doi.Org/10.21831/Pep.V20i2.7444
Damara, A. D., Junaidi, I. A., & Ayurachmawati, P. (2021). Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Plant Flash Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. 5(2). Http://E-Journal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jippsd
Delima, Jumaisyaroh, T., & Hasanah, R. U. (2025). Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1).
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.325
Hasmiati, Jumadi, O., & Rachmawaty. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Application Of Problem Based Learning Model (Pbl) In Improving The Ability Of Creative Thinking And Student Learning Outcomes. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar.
Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2021). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains. In Jppms (Vol. 5, Issue 2). Http://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jppms/
Lase, W. N. L., Lase, S., Mendrofa, R. N., & Zega, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1–15. Https://Doi.Org/10.30656/Gauss.V7i2.9254
Marviyani, E. A., Sukarmin, S., & Sanjaya, I. G. M. (2023). Preliminary Study Of College Students’ Creative Thinking Skills On Electromagnetic Material. Ijorer : International Journal Of Recent Educational Research, 4(2), 128–136. Https://Doi.Org/10.46245/Ijorer.V4i2.281
Mesra, R., Salem, V. E. T., Goretti, M., Polii, M., Daniel, Y., Santie, A., Made, N., Wisudariani, R., Sarwandi, R. P., Sari, R., Yulianti, A., Nasar, Y., Yenita, D., Putu, N., & Santiari, L. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan Pt. Mifandi Mandiri Digital.
Prayogi, J., Rohiat, S., Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pmipa Fkip Universitas Bengkulu, P., & Author, C. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Koloid Di Sman 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 6(2), 142–150.
Purwanti, R., Rusdi, M., & Habibi, A. (2022). Pengembangan Modul Game Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mata Pelajaran Ipa Bagi Peserta Didik Tunadaksa Kelas Xii Smalb Negeri Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V3i2
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., Putra, H. D., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Di Kota Cimahi. 3(1), 164–177.
Saidah, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 1042–1045.
Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R N D). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.
Soeviatulfitri, & Kashardi. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Pembelajaran Osborn Di Smp. In Jpmr (Vol. 05, Issue 03). Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr
Soviana, M., Gummah, Ul, & Habiburahman, L. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa (Vol. 5, Issue 2).
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb Efenddi, M. H. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. 05(02), 1249–1264.
Suparman, & Nastuti Husen, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. 3(2), 2301–4678.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (Pbl). Deepublish.
Warsita, B. (2013). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas Evaluation Of Instructional Media As A Quality Control. In Jurnal Teknodik (Vol. 17).
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V9i2.2141
Yusri, F. (2015). Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Dan Konsorsium Keilmuan Bk Di Ptki Batusangkar. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Dan Konsorsium Keilmuan Bk Di Ptki Batusangkar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Umi Hafizah, Yelli Ramalisa, Feri Tiona Pasaribu, Tria Gustinigsi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.