PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.354Kata Kunci:
Computational Thinking, Pengembangan E-LKPD, Problem Based LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan computational thinking siswa yang masih rendah dalam pembelajaran matematika. Rendahnya integrasi keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran konvensional menjadi dasar dikembangkannya E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk mendukung peningkatan computational thinking siswa kelas X Pengembangan E-LKPD mengikuti model ADDIE, uji coba kelompok kecil dilakukan pada kelas X E.5 (9 siswa) dan Uji coba kelompok besar pada X E.1 (36 siswa). Validasi dilakukan oleh ahli desain dan materi, serta uji kepraktisan oleh guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi angket, wawancara, dan tes CT, penelitian ini menganalisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD secara kualitatif dan kuantitatif. Untuk Desain visual dari E-LKPD ini dibuat menggunakan Canva, sedangkan implementasinya melalui platform Wizer.me. E-LKPD ini memuat langkah-langkah PBL dan indikator computational thinking, yaitu dekomposisi, abstraksi, identifikasi pola, dan berpikir algoritmik. Validasi isi oleh ahli memperoleh skor 98,2% (sangat valid), dan validasi desain sebesar 75,8% (valid). Hasil kepraktisan dari guru dan siswa masing-masing sebesar 88,2% dan 85,33% (sangat praktis). Efektivitas diukur melalui pretest dan posttest keterampilan computational thinking, menghasilkan skor N-Gain sebesar 0,82 yang termasuk kategori tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan computational thinking siswa melalui pembelajaran matematika yang aktif, kontekstual, dan menarik.
Referensi
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://books.google.co.id/books?id=mHSwJPE099EC
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI, XI(1), 50–56. https://doi.org/10.1007/978-3-319-52691-1_13
Febrinita, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Komputasi Pada Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–9. https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/269
Hauda, N., Mulyono, B., & Hapizah. (2024). Kemampuan Computational Thinking Materi Fungsi Eksponensial Menggunakan Problem Based Learning. Jurnal Derivat, 11(1), 44–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jderivat.v11i1.6129
Inganah, S., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2023). Problems, Solutions, and Expectations: 6C Integration of 21 st Century Education into Learning Mathematics. JEMS (Journal of Mathematics and Science Education), 11(1), 220–238. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14646
Leony Margaretha, Feri Tiona Pasaribu, & Yelli Ramalisa. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 90–98. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1475
Litia, N., Sinaga, B., & Mulyono, M. (2023). Profil Berpikir Komputasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Gaya Belajar di SMA N 1 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1508–1518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2270
Marethi, I., Rafianti, I., & Setiani, Y. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis Tentang Berpikir Komputasional dalam Pendidikan Matematika: Implikasi dan Tantangan. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 5(4), 351–368. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v5i4.30075
Meilani, Lubis, P. H., & Fahriza Fuadiah, N. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Mind Mapping Pada Materi SIklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 7.
Nieveen, N. (2010). Pengantar Pendidikan Penelitian Desain (3rd ed.). Institut Pengembangan Kurikulum Belanda.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) (Vol. 1). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116
Rahmania, S., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan e-LKPD Bermuatan Program Linear dengan Pendekatan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1). http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1369
Rainer Christi, S., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 05(04), 12590–12598. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2246
Rohati, Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica, 08, 81–91. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486
Safii, S., & Siregar, R. (2024). Analisis Empat Fondasi Berpikir Komputasi dalam Penyelesaian Soal Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(2), 1–09. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i2
Salam, S. (2022). A systemic review of Problem-Based Learning (PBL) and Computational Thinking (CT) in teaching and learning. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 5(2), 46–52. https://doi.org/10.33750/ijhi.v5i2.145
Sari, D. E. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dalam melatih Computational Thingking pada Siswa. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(3), 52–57. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Sati, S., & Mutmainnah, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1041–1051. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4815
Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran TEMATIK Kelas IV Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311.
Widiningrum, W. N., Wahyuni, S., Hardyanto, W., & Sulhadi. (2024). Effect of PBL-Based Scratch e-Module in Improving Computational Thinking and Physics Concepts. International Journal of Studies in Education and Science (IJSES), 5(2), 124–139. https://doi.org/10.46328/ijres.76
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Annisa Al-Hafizha, Rohati Rohati, Feri Tiona Pasaribu

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.