EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR: TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIK
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.310Kata Kunci:
Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar, Systematic Literature ReviewAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar melalui metode Systematic Literature Review (SLR). Kajian ini dilakukan secara sistematis dengan menelusuri artikel melalui Google Scholar menggunakan kata kunci “audio visual”, “bahasa Indonesia”, dan “sekolah dasar”. Dari total 9.970 artikel yang terbit pada rentang tahun 2020–2025, dilakukan proses penyaringan dan uji kelayakan hingga diperoleh 11 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil kajian 11 artikel melaporkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menyimak siswa, 6 artikel menunjukkan peningkatan keterampilan menyimak, dan 5 artikel terkait peningkatan kemampuan membaca dan menulis. Selain itu, media audiovisual juga terbukti meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa terhadap materi. Meski demikian, keterbatasan studi ini mencakup ruang lingkup geografis yang sempit, dominasi metode eksperimen tanpa studi longitudinal, serta kurangnya variasi konteks pendidikan. Implikasi praktis dari studi ini adalah perlunya pelatihan guru dan pengembangan bahan ajar berbasis audiovisual secara sistematis di sekolah dasar. Disarankan agar penelitian selanjutnya memperluas cakupan wilayah dan menggunakan pendekatan mixed methods untuk menghasilkan temuan yang lebih representatif dan aplikatif terhadap kebijakan pendidikan nasional.
Referensi
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Afiyana, ‘Iz Nur, Puspita, A. R., Aulya, A. R., & Rawanoko, E. S. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual pada Mata Pelajaran PKN Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 229–245. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i4.4391
Ahmed, M. M. E.-D. (2023). Impact Of Audio-Visual Resources On Student Performance In Higher Education In Support Of SDG 4. In Impact of Audio-Visual Resources on Student Performance in Higher Education in Support of SDG 4 (pp. 236–246). https://doi.org/10.4018/978-1-6684-8903-1.ch013
Alifah, S. D. A. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra, 2(2), 389–398.
Alwi, N. A., & Agustia, P. L. (2024). Penggunaan Media Vidio Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 183–190. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3095
Amini, N. D., Anggraeni, A. S., & Subroto, D. E. (2025). Optimalisasi keterampilan berbahasa indonesia dengan project-based learning di upt sdn kadingding. Jurnal Padamu Negeri, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.69714/0ay5h939
Aribowo, A. S., & Azmi, U. (2024). Improving the results of grade v students in science lessons with the food chain and food webs material through audio visual at elementary school 3 karanganyar. Academic Journal Research, 2(2), 88–96. https://doi.org/10.61796/acjoure.v2i2.247
Dasilva, B. Y. R., Nai, F. A., & Pono, C. (2025). Meningkatkan minat belajar pada pembelajaran bahasa indonesia kelas xi8 sman 2 kupang melalui media audio visual. Jurnal Lazuardi, 7(4), 26–34. https://doi.org/10.53441/jl.vol7.iss4.143
Desyandri, D., Agustina, Y., Yeni, I., & Parmadi, B. (2024). Multimedia-Assisted Elementary School Learning Materials Innovation Using STEAM Learning Approach. JOIV : International Journal on Informatics Visualization, 8(3–2). https://doi.org/10.62527/joiv.8.3-2.2238
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.
Diasalo, R. C. M., Luceño, A. O., & Siat, G. O. (2024). The Efficacy on the Utilization of Audio-Video Materials on the Reading Comprehension of Grade 3 Learners. Cognizance Journal, 4(12), 173–177. https://doi.org/10.47760/cognizance.2024.v04i12.018
Dzulkalnine, N., Sumardi, N. A., Azman, M. N. A., Ibrahim, I., Qudus, N., & Bakar, S. M. S. (2024). The Preferences of Student’s Learning Method Based on Course, Gender and Age: Visual, Audio, Reading & Kinesthetic (VARK. Information Management and Business Review, 16(2(I), 1–11. https://doi.org/10.22610/imbr.v16i2(i)s.3764
Farisia, H., Khilmatul Maulidiyah, H., Ismiyah, K. N., Maharani, K., & Roichatuzzuhriyah, R. (2024). Problems and Strategies for Learning The Indonesian Language in Grade 2 of Yapita Elementary School, Surabaya City. Jurnal Disastri, 6(2), 87–93. https://doi.org/10.33752/disastri.v6i2.6401
Handrayani, G. S. E. (2021). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Sekolah Dasar. 5(2).
Harapan, M. A. M., Masriyah, M., & Suharyati, H. (2024). Improving Learning Outcomes of Kinesthetic Learners through a Differentiated Learning Approach. International Journal of Sustainable Development & Future Society, 2(2), 70–75. https://doi.org/10.62157/ijsdfs.v2i2.74
Haryanto, D. R. P., Haryadi, H., & Purwati, P. D. (2025). The Use of Audio-Visual Media for Language Skills in Indonesian Language Learning in Elementary Schools. International Journal of Research and Review, 12(1), 43–54. https://doi.org/10.52403/ijrr.20250108
Hendarti, H. (2024). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah: Faktor Guru, Siswa, Serta Media Pembelajaran. Inspirasi Dunia, 3(4), 161–164. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i4.2864
Hidayani, R. N., Yona Putri, F. A., Indriani, I. A., Irnanda, A. S., Futri, R., & Agusdianita, N. (2024). Application Of Audio Visual Media In Indonesian Language Subjects To Improve Learning Outcomes Of Class V Students Of SD Negeri 74 Bengkulu City. Acitya Wisesa, 1(2), 99–106. https://doi.org/10.70963/jmr.v1i2.140
Hizabah, N., Akbar, A., & Syukroni, B. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Murid Kelas IV SD Negeri Rappojawa No.71 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Jurnal Yudistira, 1(4), 103–111. https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i4.170
Indraswari, R. A., Widjanarko, B., Kusumawati, A., & Handayani, N. D. (2024). Differences in cognitive life skills, knowledge, and attitudes between primary school students. International Journal of Public Health Science. https://doi.org/10.11591/ijphs.v13i1.23591
Juariah, A. S. (2024). Membaca Tanpa Memahami: Tantangan Keterampilan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Garuda, 2(4), 157–163. https://doi.org/10.59581/garuda.v2i4.4514
Kartika, R., & Purwanda, E. (2024). Inovasi Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus) di SDN Rancaekek 02. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 1535–1541. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3205
Kassim, A., & Nordin, M. N. (2024). An effective teaching aids using visual, auditory and kinesthetic learning styles for students with special needs. Special Education, 2(1), 0009. https://doi.org/10.59055/se.v2i1.9
Komang, I., Prayoga, A., Ayu, G., & Agustiana, T. (2023). Audio Visual Media Based on Problem Based Learning Water Cycle Topics for Class V Elementary School. https://doi.org/10.23887/mi.v28i3.64491
Krisna, A. Y., Sulistiyo, U., & Rustam, R. (2024). Critical Thinking in Indonesian Language Learning. Journal of Education Research and Evaluation, 8(2), 384–393. https://doi.org/10.23887/jere.v8i2.76748
Kusumawati, N. N. C., & Fadilla, A. (2024). Urgensi Kecakapan Literasi Bahasa Indonesia di Sekolah: Perspektif Kesalahan Berbahasa Pada Buku Pendukung Pembelajaran. Sawerigading, 30(2), 360–374. https://doi.org/10.26499/sawer.v30i2.1221
Laksmi, R. & Dewi. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Implementasi Pembelajaran menggunakan Pendekatan Understanding by Design (UBD. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.2588
Lubis, F., Yuhdi, A., Wasilah, A., & Tannoubi, A. (2024). Project-Based Indonesian Language Course Innovation to Improve Student’s Critical Thinking. Journal Of Education, Teaching and Learning. https://doi.org/10.26737/jetl.v9i2.5338
Mappapoleonro, A. M. (2024). Effectiveness of Using Audio Visual Media on Early Childhood Listening Ability. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 9(4), 1171. https://doi.org/10.58258/jupe.v9i4.7863
Meli, K., Astuti, K. M., Suarjana, M., Putu, G. A., & Trisna, S. (2023). PERISA Audio Visual Media on Learning Social Diversity for Class V Elementary School Students. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v7i3.62035
Mubarok, R., Ramadhan, F., & Sulistiani, S. (2024). Improving the Quality of Primary Education Institutions Through Strategic Management Implementation. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 69–80. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i2.1198
Nggua, Y. A., Daghe, T. J., Meo, M. R., Uran, M. M. A., & Bolet, B. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sdi Koawena. Jurnal Pengabdian Mandiri, 3(7), 645–650.
Niman, E. M., Eso Ntelok, Z. R., Arjono Wejang, H. E., & Divan, S. (2024). The Effect of Audio-Visual Learning Media on the Memory of Elementary School Students. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 07(11). https://doi.org/10.47191/ijmra/v7-i11-13
Nuramelyah, R., Syamsuri, A. S., & Latief, S. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. 12(1).
Nurhasanah, S. (2024). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak Cerita di Kelas IV Sekolah Dasar. 13(3).
Nurjanah, N., Kansil, I. C., Masturoh, I., & Hanwar, D. (2024). Multisensory Learning: Improving Conceptual Understanding Through an Intuitive Sensory Approach. Journal of Pedagogi, 1(6), 56–64. https://doi.org/10.62872/7ygyx095
Nurlina, L., Winarni, R., & Slamet, Y. (2018). Teaching Indonesian Communicative Skill Based on Culturefor Foreign Student (pp. 358–361). https://doi.org/10.2991/AMCA-18.2018.98
Pasaribu, M. N., & Sihotang, D. O. (2024). Upaya meningkatkan prestasi belajar melalui media audio visual gerak kelas v sekolah dasar santo. petrus medan, 5(1), 20–30. https://doi.org/10.70449/pastoral.v5i1.131
Permana, I. S., Subagja, I. K., & Hakim, A. (2025). Penggunaan Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Kampungsawah Karawang. Inovasi Manajemen Bisnis, 7(1).
Putri, H. P. D. (2024). Peran Pendidikan Dasar dalam Pembentukan Dasar Kemampuan Anak di SD Negeri 6 Wonogiri. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v4i1.929
Rahmawati, H. D. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis 5w1h Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 11.
Rangkuti, H. F. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna, 2(6), 45–57. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i6.1277
Rina Pratiwi & Zulfadewina. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar: Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1247–1255. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3069
Sable, P., & Pedegaonkar, K. (2024). Preprimary and Primary Education in India. International Journal For Multidisciplinary Research. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i01.14181
Said, R., & Yusnan, M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Menggunakan Media Audio Visual pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 2 Baadia. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 474–482.
Salija, K., & Garing, J. (2024). Effective Communication in Action: Unveiling Teacher Speech Acts in Indonesian Language Education. Deleted Journal, 2(4), 215–228. https://doi.org/10.62568/jocs.v2i4.49
Santana, H. H., & Yuliyanto, A. (2024). Utilizing Meaningful Instructional Design to Enhance Elementary School Students’ Learning Capabilities. Cendekiawan, 3(1), 385–390. https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v3i1.229
Sari, Y. (2024). Peran Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 211–222. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3183
Sihite, E., Sidabutar, H. A., Lumbantoruan, R., Siregar, R., & Tansliova, L. (2024). Strategy for Using Technology (E-Learning) to Support Indonesian Language Learning. Jurnal Pendidikan Amartha, 3(1), 720–724. https://doi.org/10.57235/qistina.v3i1.2409
Simanjuntak, A. M. S., Nasution, K., Angel, S. M., Sembiring, M. V. E. B., Ginting, A. D. B., Maharaja, S., Nadeak, R. M., Shafira, R., & Rahayu, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 106811 Bandar Setia. Semantik Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Budaya, 2(3), 33–37. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.743
Simarmata, N. L., Waruwu, K. K., Khairani, P., Ratnawati, F., & Nasution, J. (2024). Teaching Materials for Indonesian Language Skills for Foreign Speakers (BIPA. Vernacular: Linguistics, Literature, Communication and Culture Journal. https://doi.org/10.35447/vernacular.v3i2.755
Simatupang, M. F., Panggabean, R. O. F., & Siahaan, N. B. (2024). Peran Bahasa Indonesia Dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi Anak Pendidikan Anak Usia Dini. Perspektif. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i2.1203
Siregar, D. M., Sembiring, E. B., Tarigan, L. E., & Sijabat, Y. G. M. (2024). Kajian Eksistensi terhadap Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan dan Bahasa Negara di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 156–165. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3167
Sukmawati, S., Alanur, S. N., Jamaludin, J., Rahmadan, S., Sinta, P., Kawadi, J. A., Marwah, M., Nurwahida, N., Anggun, A., Nurmala, L. M., Yulitayani, S., Muharrama, M., & Feni, F. (2024). Utilization of Audio Visuals in Increasing Students’ Interest in Learning in Pancasila Education Subjects at SMP Negeri 12 Palu. Aurelia, 4(1), 708–715. https://doi.org/10.57235/aurelia.v4i1.4167
Suparjan, S., Praheto, B. E., & Ismiyani, N. (2024). Indonesian Language Class in Elementary Schools: A Meta Analysis of the Application of Cooperative Learning Method. Taman Cendekia, 7(2), 117–127. https://doi.org/10.30738/tc.v7i2.17286
Susanto, H., Setiawan, D., Firdaus, Z., Kusmayadi, C. T., & Fitriyati, U. (2024). Visual, audio, and kinesthetic students’ learning independence: Improvement through the development of augmented reality media. Journal of Research in Instructional. https://doi.org/10.30862/jri.v4i2.420
Suyanti, S., Dian, N., Antika, E., & Hastuti. (2022). Thematic Learning With A Scientific Approach With Digital Assistance. International Journal of Education and Literature. https://doi.org/10.55606/ijel.v1i3.33
Syahidaturrahma, M., & Maknun, L. (2024). Penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Multidisciplinary Indonesian Center Journal, 1(4), 1882–1885. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i4.248
Wardhana, E., Rahayu, N. K. S., Santika, N. L. P., Octavyanti, N. P. L., Oktawiryati, N. P., Sanjaya, I. B. P., & Sudiana, I. N. (2024). Creative Strategies for Digital Learning Media in Indonesian Language Learning. Psikoborneo: Jurnal Ilmu Psikologi, 12(3), 415. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i3.16104
Zabadi, F. (2023). Strengthening the Role of Indonesian Language in the 2013 Curriculum According to Text-Based Language Learning. https://doi.org/10.55927/marcopolo.v1i9.6594
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Annisa Nur Azkia, Yurida Junaidah, Ani Fadhilah, Darwanto Darwanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.