EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIK

Penulis

  • Annisa Ramadhani Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia
  • Selvi Rahma Anggraini Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia
  • Maela Rahma Devita Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia
  • Darwanto Darwanto Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.292

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran, Talking Stick

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran bahasa indonesia di tingkat sekolah dasar. Metode yang diterapkan adalah Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian ini menunjukan publikasi dokumen terkait penggunaan motode talking stick dalam pembelajaran bahasa indonesia di SD terus mengalami peningkatan selama 5 tahun terakhir. Puncak peningkatan jumlah publikasi dokumen terbanyak adalah pada tahun 2023 yang mencapai 206 dokumen. Maka dapat di artikan pada tahun ini lah banyak peneliti yang tertarik mempublikasikan document terkait penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Talking Stick sangat meningkatkan keterlibatan aktif, kemampuan berbicara, dan pemahaman konsep siswa. Karena itu, direkomendasikan bagi para tenaga pendidik khususnya guru untuk menggunakan metode talking stick dalam upaya meningkatkan keefektifaan pembelajaran bahasa indonesia di SD. Di samping itu, pemanfaatan metode ini dapat memperbaiki pencapaian belajar bahasa indonesia secara signifikan, baik pada kelas rendah maupun kelas tinggi. Dengan demikian, metode ini telah terbukti membantu dalam proses pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar.

Referensi

Amelia, F. A., Matsuri, M., & Saputri, D. Y. (2024). Penggunaan model pembelajaran talking stick berbantuan media kuis interaktif quizizz untuk meningkatkan pemahaman konsep sumber energi peserta didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(4). https://doi.org/10.20961/jpiuns.v9i4.82821

Aswar, N. (2021). Improving Language Learning Outcomes at Madrasah Tsanawiyah through the Talking Stick Learning Model. 19.

Azizah, S. N., & Nuruddin, M. (2023). The Relationship Of The Talking Stick Learning Method With The Students Learning Activity. Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 97–103. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2830

Berliani, S. C. N. I., & Gumiandari, S. (2024). Pemanfaatan Talking Stick dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Interaktif. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.262

Blyznyuk, T., & Качак, Т. (2024). Benefits of Interactive Learning for Students’ Critical Thinking Skills Improvement. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 11(1), 94–102. https://doi.org/10.15330/jpnu.11.1.94-102

Chiu, S. Y., Li, M.-C., Chen, C., & Kuo, F. Y. (2024). In The Impact of Collaborative Digital Reading Annotation System on Learning Performance and Motivation in Solving Mathematical Application Problems (pp. 162–165). https://doi.org/10.1109/iiai-aai63651.2024.00040

Dakhalan, A. M., & Tanucan, J. C. M. (2024). The Direct Method in Language Teaching: A Literature Review of Its Effectiveness. Journal of Language and Education Studies, 3(2), 130–143. https://doi.org/10.70177/lingeduca.v3i2.1354

Erlinda, W. O., Safariyah, N. I., & Iye, R. (2024). Meningkatkan Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 2.

Fatih, M. (2020). Peningkatan Membaca Pemahaman Melalui Implemantasi Model Talking Stick dan Media Talking Card untuk Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. 4(3).

Fatt’ah, L. O. (2024). The Effectiveness of Using Talking Stick for Teaching Speaking (Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, Vol. 18, pp. 268–273). https://doi.org/10.30595/pssh.v18i.1264

Fika, J., Esa, Y., & Yely, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(2), 96–106. https://doi.org/10.61240/jmri.v1i2.24

Gea, E., Rukmanti, F., Manik, D. M. B., Hulu, A. D., & Zebua, W. S. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Sinar Dunia, 3(3), 56–62. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2413

Indarwati, N. A., & Suryanto, E. (2024). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Mind Mapping dan Muatannya pada Profil Pelajar Pancasila. DIAJAR Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 280–287. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i3.2547

Laksmi, R. & Dewi. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Implementasi Pembelajaran menggunakan Pendekatan Understanding by Design (UBD. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.2588

Liatahi, A. M., Rindengan, M. E., Oentoe, F. J., & Marentek, R. (2023). Penerapan Model Pemebelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 2 Tomohon.

Lubis, A. D., & Prawijaya, S. (2024). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas kelas v sdn 024184 binjai timur t.a 2023/2024. JS (Jurnal Sekolah, 8(4), 628. https://doi.org/10.24114/js.v8i4.62370

Maryani, I., Irsalinda, N., Jaya, P. H., Sukma, H. H., & Raman, A. (2025). Understanding student engagement: An examination of the moderation effect of professional teachers’ competence. Journal of Education and Learning, 19(1), 14–23. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21455

Maulina, K., & Rosyidi, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Type Talking Stick Berbantuan Media Pop Up Book Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.

Molan, A. S., Ansel, M. F., & Mbabho, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Ketrampilan Berbicara Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 176–183. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.625

Nilayanti, P. M., Suastra, I. W., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick. 1.

Pani, P., & Handayani, D. F. (2024). Development of affective assessments on student engagement in learning indonesian language. https://doi.org/10.61796/ejheaa.v1i7.730

Prastyaningrum, I., Nisak, S. K., Zulfitri, Z., Dewi, N. P. A. K. S., & Pattiasina, P. J. (2024). Pathways to Early Science Literacy: Investigating the Different Role of Language and Reading Skills in Science Literacy Among Early Primary School Children. International Journal of Educational Research Excellence, 3(1), 428–438. https://doi.org/10.55299/ijere.v3i1.942

Putriani, P., Hera, T., & Yadi, F. (2023). Pengaruh Model Talking Stick Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd Negeri 3 Sirah Pulau Padang. 08.

Reyes, A. J. P., & Ibojo, D. T. M. (2024). Utilizing Grammar Translation Method in Teaching Reading and Writing: An Experimental Study. International Journal of Innovative Science and Research Technology. https://doi.org/10.38124/ijisrt/ijisrt24jun1192

Rinjani, N., Muliadi, A., & Royani, I. (2020). Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 25. https://doi.org/10.33394/bjib.v8i1.2689

Riskawati, T. Y. (2024a). Enhancing oral communication abilities via the talking stick model supported by visual media in primary education. International Journal of Teaching, 2(1). https://doi.org/10.61798/ijt.v2i1.196

Riskawati, T. Y. (2024b). Enhancing oral communication abilities via the talking stick model supported by visual media in primary education. International Journal of Teaching, 2(1). https://doi.org/10.61798/ijt.v2i1.196

Setyaki, P. L. (2024). Efektivitas strategi pembelajaran siswa aktif pada peningkatan pemahaman konsep dan penerapan praktis. Nozel. https://doi.org/10.20961/nozel.v6i1.84033

Setyani, M. A., Azizah, M., & Paryuni. (2024). Pengaruh metode talking stick berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(3), 422–428. https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22572

Simbolon, R., Arfandiansyah, A. D., & Gultom, I. (2024). Implementation of active learning methods in increasing student interest and understanding in history lessons at sman 14 medan. https://doi.org/10.24114/ph.v9i2.57427

Tryanasari, D., Santoso, A., Saryono, D., & Harsiati, T. (2024). Implementation of Critical Literacy Learning in Primary Education Through a Simple Research Writing Project. Global International Journal of Innovative Research, 2(7), 1353–1366. https://doi.org/10.59613/global.v2i7.221

Yuswadi, A. Z. H., Nursit, I., & Fathani, A. H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Critical Thinking Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas Viii Smp Pgri 2 Tirtoyudo. 19(9).

Шарова, Т., Kolomoiets, H., & Malechko, T. (2024). The Use of Interactive Teaching Methods in Educational Institutions. Problemi Osvìti, 2(101), 221–243. https://doi.org/10.52256/2710-3986.2-101.2024.15

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-10

Cara Mengutip

Ramadhani, A., Anggraini, S. R., Devita, M. R., & Darwanto, D. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIK. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 626–640. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.292

Terbitan

Bagian

Artikel