EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR: TINJAUAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.283Kata Kunci:
Kemampuan Membaca, Media Video Animasi, Sekolah Dasar, Tinjauan literaturAbstrak
Pendidikan merupakan dasar utama dalam membangun suatu bangsa. Fokus utama pendidikan adalah pengembangan keterampilan literasi, yang meliputi kemampuan membaca, menulis, dan memahami informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren, karakteristik, dan menganalisis efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di sekolah dasar melalui pendekatan kajian tinjauan literatur. Metode dalam penelitian ini ialah metode Tinjauan Literatur dengan jenis pendekatan PRISMA. Sumber data yang digunakan adalah database google scolar dengan rentang pencarian dokumen dari tahun 2020-2024. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan video animasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar telah memberikan dampak yang cukup besar bagi siswa, terutama dalam hal membaca, Penggunaan video animasi telah terbukti meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan video animasi efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Hal ini terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, kemudian dengan adanya penggunaan video animasi ini siswa lebih aktif karena mudah mengenali huruf dan siswa jauh lebih aktif berpartisipasi. Penggunaan video animasi kemungkinan besar terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran membaca. Temuan ini mengimplikasikan Penggunaan media video animasi sebagai sarana pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, serta untuk mendorong integrasi media digital dalam kurikulum dan pelatihan guru. Riset lanjutan disarankan untuk mengkaji efektivitas media ini pada berbagai aspek keterampilan membaca dan pada kelompok siswa yang berbeda, termasuk siswa dengan kesulitan belajar.
Referensi
Alwi, N. A., & Agustia, PL (2024). Penggunaan Media Vidio Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 183–190. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3095
Amalia, U., Fitria, E., & Handayani, I. (2020). Media Edukasi Melalui Animasi Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Dalam Melawan Informasi Hoaks (hlm. 148–159). http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/download/72/73
Anggara, R., & Supardji, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Berbasis Adobe Animate. Jurnal Pendidikan Madrasah, 9(2), 245–250. https://doi.org/10.14421/jpm.2024.245-250
Arlinayanti. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi di Era Global (Vol. 4, Edisi 3, hlm. 50–63). https://doi.org/10.37329/metta.v4i3.3407
Azzahra, A., Fajar, M. M., Rabbani, S., Chandra, C., & Suriani, A. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Lancar Level I di Sekolah Dasar. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 3(1), 171–182. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.152
Bua, MT (2022). Efektivitas Media Animasi pada Keterampilan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594–3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689
Cholik, MA, & Umaroh, ST (2023). Pemanfaatan video animasi sebagai media pembelajaran di era digital. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 8(2), 704–709. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4121
Chudrin, MN, & Darnoto, D. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Cerita Nabi Ibrahim A.S. Dalam Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i9.3777
Daffa, F., Sazkia, N., Handini, N., Siregar, N., & Puspitasari, P. (2023). Strategi Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 84–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1608
Gea. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Sinar Dunia, 3(3), 56–62. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2413
Ilham, M., & Desinatalia, R. (2022). Pemanfaatan Media Gambar Animasi berbasis PowerPoint untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Al-Ta'dib, 15(2), 100. https://doi.org/10.31332/atdbwv15i2.5350
Irawan, TTT, & Dahlan, T. (2023). Analisis penggunaan media video animasi terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738
Juniansyah, R., Masnunah, & Lara Syaflin, S. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Membaca Anak Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 716–722. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1071
Khoirudin, M. (2023). Urgensi Peran dan Konsep Literasi Digital dalam Pendidikan di Era Disrupsi (Abad ke-21. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(9), 7458–7463. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.3088
Ma'arif, M. N., Toyibah, E. H., Azzahra, P. R., & Ramdani, I. (2024). Analisis Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa di MA Al-Furqon. Jurnal yang Dihapus, 3(2), 229–238. https://doi.org/10.62515/staf.v4i2.469
Maisarah, M., & Ayu, P. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan "Movie Studio" Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di Kelas 1 SD. https://doi.org/10.30821/eunoia.v3i2.2652
Mandasari, N. K., Simatupang, T. A. R., Marbun, M. M., Sinaga, N. A., Nadeak, A. C., & Syahara, N. (2025). Analisis Efektivitas Penggunaan Lagu Anak dalam Meningkatkan Pemahaman Huruf pada Siswa Kelas Rendah. 3.
Mardani, PS (2022). Penggunaan Media Animasi Bergambar dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 63–75. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8778
Muttaqien, MI, & Arrum, RM (2021). Peran Media pada Keterampilan Membaca Teks Digital di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.17509/jppd.v8i1.33381
Pakpahan, TABA, Waina, A., & Syaukani, F. (2022). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE, 1(3). https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2621
Priyanto, A., & Wahyuni, A. (2024). Penerapan media animasi kata dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa SD (Vol. 1, Edisi 1). https://doi.org/10.61796/ipteks.v1i1.87
Putri. (2023). Menilai Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter dan Kredibilitas Individu. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i3.3015
Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Aksi Pendidikan, 7(3), 446–455. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66997
Qondias, D., Kale, DE, Tawa, ES, Ngura, ET, & Mere, VO (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Video Animasi terhadap Capaian Pembelajaran IPA Siswa SD. Jurnal yang Dihapus, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.25078/ijils.v2i2.4208
Rahayu, C., Amanda, D., & Aulia, S. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Metode Global Di Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 117830. Bhinneka, 2(2), 102–116. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i2.704
Rahmawati, D. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Video Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MIN 7 Nganjuk. Jurnal Bima, 1(3), 256–265. https://doi.org/10.61132/bima.v1i3.173
Reza Fitriyani Sari, Hasni Septiani, Miftahu Rahman, Supriyadi, & Jody Setya Hermawan. (2025). Analisis Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 10(1), 197–205. https://doi.org/10.33222/jlp.v10i1.4234
Sari, MP, & Iba, K. (2023). Analisis Perbedaan Penggunaan Media Video Animasi Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Dongeng Pada Siswa Kelas Iv. ELSE (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 111–118. https://doi.org/10.30651/else.v7i1.13868
Suzianti, D., & Dafit, F. (2023). Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Riau untuk Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Jurnal Anak Usia Dini, 6(3), 392–401. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.559
Syafitria, A., Ariesta, A. D., Berlianna, R., Fatimah, S., & Putri, T. M. (2023). Penggunaan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa sd/mi. Jurnal Penelitian dan Multidisiplin. https://doi.org/10.62668/significant.v2i01.675
Tamala, D. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Literasi Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dalam Media Pengajaran dan Instruksional, 5(1), 184–189. https://doi.org/10.52690/jitim.v5i1.931
Wahyuni, Munir Yusuf, & Mirnawati. (2024). Pengaruh Media Typewriter Alphabet Digital Berbantuan Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Socratika: Jurnal Pendidikan Progresif dan Penyelidikan Sosial, 1(3), 173–180. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i3.251
Wahyuni, S., & Rusdianto, R. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 7(2), 145–155. https://doi.org/10.24815/jipi.v7i2.30066
Wulandari, E., & Marlini, C. (2020). Volume 1, Nomor 1, September 2020. 1.
Zalukhu, BS, & Zalukhu, RPS (2024). Analisis Rendahnya Minat Baca dan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan dan Teknik, 1(3), 1–6. https://doi.org/10.70134/identik.v1i3.50
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anabila Zahra, Isma Dewi, Mira Puspita, Darwanto Darwanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.