PERKEMBANGAN BAHASA ASING PADA ANAK: KAJIAN LITERATUR TENTANG PERAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.211Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Bahan Ajar, Lingkungan Belajar, Literatur Review Sistematis, Pemerolehan Bahasa AsingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan dalam perkembangan bahasa asing pada anak usia dini melalui pendekatan literature review sistematis. Dengan menganalisis enam artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2010 hingga 2024, penelitian ini menyoroti strategi pembelajaran, media, dan lingkungan yang mendukung pemerolehan bahasa Inggris pada anak usia 5–6 tahun. Hasil sintesis tematik menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis lagu, permainan, dan bahan ajar konkret terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan kosakata anak. Selain itu, lingkungan sosial yang mendukung komunikasi dalam bahasa Inggris turut memperkuat motivasi dan kemampuan berbahasa anak. Kajian ini menegaskan pentingnya pendekatan yang menyenangkan, kontekstual, dan komunikatif dalam pembelajaran bahasa asing di usia dini. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum, strategi pengajaran, dan kebijakan pendidikan yang adaptif terhadap kebutuhan anak di era global.
Referensi
Bialystok, E. (2001). Bilingualism in development: Language, literacy, and cognition. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511605963
Busran, N. S., Surahmat, Z., Rahmaniar, R., Jamaliah, M. N., & Majid, A. R. (2025). PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(1), 61-72.
Chomsky, N. (1965). Aspects of the Theory of Syntax. MIT Press.
De Houwer, A. (2009). An introduction to bilingual development. Multilingual Matters.
Ellis, R. (2008). The study of second language acquisition (2nd ed.). Oxford University Press.
Genesee, F. (2006). Educating English language learners: A synthesis of research evidence. Cambridge University Press.
Hurlock, E. B. (1978). Child development (6th ed.). New York: McGraw-Hill.
James Thomas & Angela Harden, (2008). Methods for the Thematic Synthesis of Qualitative Research in Systematic Reviews. Jurnal BMC Medical Researcch Methodology.
Johnson, J. S., & Newport, E. L. (1989). Critical period effects in second language learning: The influence of maturational state on the acquisition of English as a second language. Cognitive Psychology, 21(1), 60–99. https://doi.org/10.1016/0010-0285(89)90003-0
Lenneberg, E. H. (1967). Biological Foundations of Language. Wiley.
Lightbown, P. M., & Spada, N. (2013). How languages are learned (4th ed.). Oxford University Press.
Musthafa, B. (2008). Teaching English to Young Learners in Indonesia: Essential Requirements. Educationist, 2(1), 120–125.
Purnomo, H., & Wulandari, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(6), 1204–1215.
Rokhayati, T., & Fitriyah, S. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini Melalui Media Lagu. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 98–105.
Siraj-Blatchford, I. (2004). Educational Research and Evidence-Based Practice: Towards a Professional Ethic for the Early Years. British Educational Research Journal, 30(5), 713–730.
Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thariq, M., Kholil, S., & Zulkarnain, I. (2020). Analysis of Discourse Text Forming Islamic Image in Post-212 Action News in Waspada Newspaper. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 3245–3261. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1234
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zulkifli Surahmat, M.N Jamaliah, Nurul Ramaliah, Nanda Ariasnida Idrus, Kisma Kisma

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.