PENERAPAN METODE GAME BASED LEARNING MELALUI MEDIA BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i1.153Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Bamboozle, Game-Based Learning, Hasil Belajar, Pemahaman SiswaAbstrak
Penelitian ini mengkaji penerapan media Baamboozle dalam pembelajaran bahasa Inggris di TK Islam An-Nahdliyah sebagai bagian dari pendekatan Game-Based Learning (GBL), penelitian ini dilaksanakan dengan dua tujuan untuk mengetahui penerapan media bamboozle dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa inggris, dan untuk mengukur efektivitas media bamboozle sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggabungkan wawancara dengan guru, dan dengan mengukur kemampuan siswa melalui tes lisan, dan keaktifan siswa dikelas, data yang didapatkan akan ditampilkan dalam bentuk wawancara maupun dalam bentuk poin untuk memudahkan perumusan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Game-Based Learning menggunakan media Baamboozle secara efektif meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa TK Islam An-Nahdliyah. Media ini tidak hanya meningkatkan pemahaman kosakata, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi dengan cara yang lebih menyenangkan dan bermakna. Selain itu, dampak dari penggunaan bamboozle sebagai media pembelajaran menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, lebih cepat menghafal kosakata baru, serta lebih percaya diri dalam berbicara. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaannya, manfaat yang diperoleh cukup signifikan sehingga metode ini layak untuk terus dikembangkan dalam pembelajaran di tingkat TK.
Referensi
Adipat, S., Laksana, K., Busayanon, K., Asawasowan, A., & Adipat, B. (2021). Engaging students in the learning process with game-based learning: The fundamental concepts. International Journal of Technology in Education (IJTE), 4(3),542-552. https://doi.org/10.46328/ijte.169
Azzahra, A. N., & Ginting, N. (2024). Penerapan metode game-based learning dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas viii di SMP Muhammadiyah 4 medan helvetia. Hikamatzu Journal Of Multidsiplin, 2(1), 210-225.
Arifin, Z (2017). Evaluasi pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. (1998). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Ikhbar. (2023, November 18). 10 hadist tentangguru. https://www.ikhbar.com/hadist-guru
Mardiah, K., Mardiani, Marselena, Syaputri, M. D., Rihansyah, M. R., Camellia, & Imarida. (2024). Penerapan kuis edukatif Baamboozle dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iv pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cerdas Proklamator, 12(2), 184-198
Masri, M. J., Humairah, N. A., & Sartika, D. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual dengan simulasi Macromedia Flash untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 1(1), 1-6. https://doi.org/10.31605/phy.v1i1.181
Nisvia, R., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi model mars dan media Baamboozle untuk meningkatkan motivasi dan berpikir kritis siswa di SDN Benua. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4). 619-638. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17517
Nur, K., Muis, A., & Mulianti. (2023). Upaya meningkatkan keaktifan peserta didik mengikuti proses pembelajaran melalui Game Based Learning (GBL) di UPT SMA Negeri 1 Bone. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 576-582
Pratiwi, R., Yuhanna, Sopiah, Habadi, N., Harahap, R., & Rohmatul. (2024). Peningkatan kreativitas belajar peserta didik melalui metode Game Based Learning. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 592-596, https://doi.org/10.59837/d3wyty08
Rahmaniar, R., Surahmat, Z., Sardi, A., & Nurnaifah, I. I. (2024). Challenge and Opportunities: A Qualitative Exploration of Junior High School English Language Educators' Perspectives on Implementing Differentiated Instruction. JELITA, 5(1), 28-40
Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi pembelajaran outing class guna meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9-22.
Rusli, Nurmala, W. O., Saiful, & Mane, L. J. (2021). Peranan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar pada kelas vi sd negeri 27 Buton. Jurnal Syari'ah Tarbiyah, 1(2), 123-130.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A CHAPTER REVIEW: SELECTING LANGUAGE FOR MATERIALS WRITING:(The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching-Routledge). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.
Yakin, I. H. (2019). Metode penelitian kualitatif. Aksara Global
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurul Rezki Sunardi, Zulkifli Surahmat, Anirah Anirah, Rahmaniar Rahmaniar

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.