PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i1.154Kata Kunci:
Akuisisi Kosakata, Pendidikan Anak Usia Dini, Permainan DigitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan permainan Ular Tangga digital dalam meningkatkan keterampilan kosa kata bahasa Inggris di kalangan siswa usia dini di TK PGRI Melati Bapangi, Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan pendekatan pre-test dan post-test terhadap dua kelompok partisipan. Sebanyak 30 anak usia 5-6 tahun dibagi menjadi dua kelompok, penelitian ini melibatkan dua kelompok anak-anak: kelompok eksperimen yang menggunakan permainan ular tangga digital dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris dibandingkan dengan kelompok kontrol. Data pre-test dan post-test mengindikasikan peningkatan sebesar 35% pada kelompok eksperimen, sementara kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 14%. Dari Hasil penelitian tersebut menegaskan bahwa pembelajaran berbasis permainan digital lebih efektif dalam meningkatkan keterlibatan anak dan mempercepat pemahaman kosakata dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan digital, seperti Ular Tangga, dapat mendukung pembelajaran bahasa secara efektif dengan memberikan lingkungan yang menarik dan memotivasi bagi para pembelajar muda. Studi ini menyarankan agar pengintegrasian alat digital seperti ini dalam pendidikan anak usia dini dapat meningkatkan perkembangan bahasa dan mempromosikan pengalaman belajar yang menyenangkan.
Referensi
Afnita, J., & Latipah, E. (2021). Perkembangan moral anak usia dini usia 0-6 tahun dan stimulasinya. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 16(2), 289-306. doi:https://doi.org/10.24090/yinyang.v16i2.4421
Anggraini, & Winarti. (2023). Problematika penggunaan platform Merdeka Mengajar (PMM) pada daerah tanpa jaringan listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 103–112.
Khomsin, & Rahimmatussalisa. (2021). Efektivitas media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25-33.
Mailani, O., Nuareni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. KAMPRET Journal, 1(2), 1-10.
Masri, M. J., Humairah, N. A., & Sartika, D. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual dengan simulasi macromedia flash untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik. PHYDAGOGIC Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 1(1), 1-6. doi:https://doi.org/10.31605/phy.v1i1.181
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge University Press.
Mohanty, P. (2012). "From Moksha Patam to Snakes and Ladders: The Evolution of an Ancient Indian Game." International Journal of Traditional Games and Sports, 5(2), 45-59
Temel, S., & Baturay, M. H. (2018). The effect of digital game-based learning on students’ achievement and motivation in learning English as a foreign language. Educational Technology & Society, 21(1), 73-83.
Li, M., & Ni, X. (2020). The impact of repetition on vocabulary learning and retention in language education. Language Teaching Research, 24(1), 78-94.
SP, E. F. (2022). Pengaruh Pembelajaran Digital terhadap Motivasi Belajar dan Hasil. Edunusa: Journal of Economics and Business Education, 2(1), 18-30.
Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini: Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, 1, 1-65.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widijaya, W., Anita, A., Khairi, M. Z., Cempaka, D. R., Aini, D. N., Jeslin, J., & Delny, D. (2022). Sosialisasi internet sehat dan aman di SMP Kristen Immanuel Batam dalam rangka implementasi mata kuliah kewarganegaraan. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1). https://doi.org/10.37253/nacospro.v4i1.7025
Surahmat, Z. (2019). Peningkatan daya ingat anak terhadap pengenalan huruf hijaiyyah melalui penggunaan metode bernyanyi. Al Mumtaz: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-10.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nina Septiani Busran, Zulkifli Surahmat, Rahmaniar Rahmaniar, MN Jamaliah, Ahmad Rizal Majid

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.