KAJIAN LITERATUR SISTEMATIS: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK BILINGUAL USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.205Kata Kunci:
Anak Bilingual, Anak Usia Dini, Perkembangan BahasaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan bahasa anak bilingual usia 4–5 tahun melalui pendekatan kajian literatur. Dengan menggunakan metode tinjauan sistematis terhadap tujuh artikel ilmiah yang diterbitkan dalam rentang waktu 2019–2025, penelitian ini memetakan temuan-temuan empiris dan teoretis yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak bilingual dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya penggunaan bahasa daerah dalam keluarga, paparan media digital, struktur dan komunikasi dalam keluarga, serta kebiasaan dwibahasa. Anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan dwibahasa dan memiliki interaksi verbal yang kaya cenderung menunjukkan perkembangan bahasa yang lebih pesat. Namun, paparan berlebihan terhadap media digital tanpa pendampingan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan bahasa ibu. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran lingkungan sosial dan budaya dalam mendukung pemerolehan bahasa ganda pada anak usia dini. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi orang tua, pendidik, dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pengembangan bahasa yang efektif dan kontekstual bagi anak-anak bilingual.
Referensi
Barac, R., & Bialystok, E. (2012). Bilingual effects on cognitive and linguistic development: Role of language, cultural background, and education. Child Development, 83(2), 413–422.
Bialystok, E. (2001). Bilingualism in Development: Language, Literacy, and Cognition. Cambridge University Press.
Boote, D. N., & Beile, P. (2005). Scholars before researchers: On the centrality of the dissertation literature review in research preparation. Educational Researcher, 34(6), 3–15.
De Houwer, A. (2009). Bilingual First Language Acquisition. Multilingual Matters.
García, O., & Wei, L. (2014). Translanguaging: Language, Bilingualism and Education. Palgrave Macmillan.
Grosjean, F. (2010). Bilingual: Life and Reality. Harvard University Press.
Hammer, C. S., Lawrence, F. R., & Miccio, A. W. (2014). Exposure to English before and after entry into Head Start: Bilingual children's receptive language growth in Spanish and English. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 17(1), 44–60.
Hoff, E. (2006). How social contexts support and shape language development. Developmental Review, 26(1), 55–88.
Neuman, S. B., & Madanat, R. (2020). Digital media exposure and dual language development in early childhood. Early Childhood Research Quarterly, 52, 181–190.
Paradis, J. (2011). Individual differences in child English second language acquisition: Comparing child-internal and child-external factors. Linguistic Approaches to Bilingualism, 1(3), 213–237.
Place, S., & Hoff, E. (2011). Properties of dual language exposure that influence 2-year-olds' bilingual proficiency. Child Development, 82(6), 1834–1849.
Rahmaniar, R., Surahmat, Z., Sardi, A., & Nurnaifah, I. I. (2024). Challenge and Opportunities: A Qualitative Exploration of Junior High School English Language Educators' Perspectives on Implementing Differentiated Instruction. JELITA, 5(1), 28-40.
Rowe, G. (2014). Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper (4th ed.). Sage Publications.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339.
Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). Towards a methodology for developing evidence‐informed management knowledge by means of systematic review. British Journal of Management, 14(3), 207–222.
Unsworth, S. (2016). Quantity and quality of language input in bilingual language development. In L. Serratrice & S. E. M. Allen (Eds.), The Acquisition of Heritage Languages (pp. 103–127). Cambridge University Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rahmaniar Rahmaniar, Sitti Halijah, Nur Fadillah, Ulfa Ramadhani, Siti Nurhalizah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.