EFEKTIVITAS DZIKIR PAGI PADA KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i2.73Kata Kunci:
Dzikir Pagi, Kegiatan Awal Pembelajaran, Pemahaman Konsep FisikaAbstrak
Memperkuat pemahaman siswa tentang ide-ide dapat membantu mereka mengatasi kesulitan mereka. Siswa harus memahami konsep selama proses pembelajaran. Pada tahap awal proses pembelajaran, dzikir pagi dapat membantu siswa mempertahankan fokus, yang dapat mengurangi kesulitan belajar. Siswa Pondok Pesantren Salafiyah Shahwatul Ummah berharap dapat memahami konsep fisika melalui dzikir pagi pada kegiatan awal. Dengan desain quasi-eksperimen, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan efek pada kriteria tinggi dengan d = 0,8, sedangkan kelompok kontrol menunjukkan peningkatan efek pada kriteria sedang dengan d = 0,7. Siswa akan lebih memahami konsep jika mereka membiasakan diri berdzikir setiap pagi sebelum mulai kelas. Peningkatan ini menunjukkan bahwa dzikir pagi di pagi hari bermanfaat untuk membangun pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian yang lebih mendalam dan kajian ilmiah lebih lanjut diperlukan untuk secara lebih khusus mengukur dan memahami efek dzikir pagi pada pemahaman konsep fisika siswa.
Referensi
Anggreni, W., Harjono, A., Makhrus, M., & Verawati, N. N. S. P. (2022). Pembelajaran Model Blended Berbantuan Simulasi Virtual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1038
Aswad, M., & Sardi, A. (2023). The Discourse Analysis of Diction Effects on Teachers Used in Teaching English as a Foreign Language. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2647-2654.
Basuki, H. O., & Faizah, H. N. (2020). Efek Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa di STIKES NU Tuban The Effect of Brain Gym on the Learning Concentration of Student in STIKES NU Tuban. Jurnal Keperawatan, 11(1), 38–44.
Mulyasari, R. S., & Puspita, H. D. (2021). Pengaruh Body Mass Index Dan Lingkungan Fisik Kerja Terhadap Konsentrasi Mahasiswa Di Ruang Belajar Ftm. Unjani Bandung. Infomatek, 23(1), 43–54. https://doi.org/10.23969/infomatek.v23i1.3998
Nurwulandari, N. N. (2018). N Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(2), 205. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.51
Rahmawati, D., & Syuhendri, K. W. (2014). Analisis Pemahaman Konsep Temodinamika Mahasiswa Pendidikan Fisika Menggunakan Instrumen Survey of Thermodynamic Processes and First and Second Laws ( STPFaSL ). Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya, 1(1), 17–27.
Rosita, Suhardiman, L. L. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(Desember), 1175–1183. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.771
Santosa, D. (2017). PengaruhTerapi Spiritual Melalui Dzikir terhadap Stres Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Shighor Gedongan Cirebo. IAIN Syekh Nurjati, 1–82. http://www.elsevier.com/locate/scp
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.
Subhan, M., Suswati, L., Aryanti, F., Rahmawati, E., & Fatimah, F. (2020). Pemanfaatan Media VBL (Tracker) Pada Materi GLB Melalui Model Inquiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02), 59–63. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.19
Sucinindyasputeri, R. (2017). Pengaruh Terapi Zikir Terhadap Penurunan Stres Pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 30–41. https://doi.org/10.51353/inquiry.v8i1.125
Tekanan, I., Jantung, D., Hakim, M. H., Sekar, R., & Ananingtyas, A. (2020). Pengaruh Dzikir Terhadap Potensi Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa dengan Indikator Tekanan Darah dan Detak Jantung 1. 5, 384–393.
Utami, L. S., & Darmayanti, N. W. . (2019). Efektifitas Pembelajaran Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Fisika Materi Gelombang Dan Optik Tahun Akademik 2018/2019. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 53. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1028
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nur Thahirah Umajjah, AM Salahuddin Mas’ud, Sri Anggriani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.