STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS ZOOM CLOUD MEETING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA

Penulis

  • Irma Sakti Universitas Muslim Maros
  • Nurhidayah Hamid IAI Al-Amanah Jeneponto
  • Sri Anggriani STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i1.53

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Online, Zoom Cloud Meeting

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Online berbasis Zoom Cloud Meeting dan peningkatan hasil belajara mahasiswa fisiaka dalam pembelajaran Online berbasis Zoom Cloud Meeting di STKIP DDI Pinrang. Metode penelitian ini adalah Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah dosen program studi pendidikan fisika di Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Metode analisi data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari strategi pembelajaran berbasis Zoom Cloud Meeting yang digunakan oleh dosen prodi pendidikan fisika dalam peningkatkan hasil belajar mahasiswa bahwa model dalam pembelajaran yang di gunakan adalah model pembelajaran (Discovery Learning, Inquiry dan Ekspository) dengan strategi pembelajaran memiliki beberapa tahapan yang harus di lalui yaitu Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan dan Tahapan Evaluasi, dari ketiga tahapan dapat di katakan bahwa strategi yang telah di terapkan oleh dosen prodi pendidikan fisika sangat efektif dan efisien dalam peningkatan hasi belajar mahasiswa.

Biografi Penulis

Nurhidayah Hamid, IAI Al-Amanah Jeneponto

 

 

 

Sri Anggriani, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Referensi

Alamsyah, H. (2021). Manajemen Strategi Pembelajaran Daring di Dinas Pendidikan Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Alfin, M. C. (2021). Strategi Pembelajaran Berbasis Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Smp Negeri 27 Balongpanggang Gresik. Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ayu, B. B. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Zoom Cloud Meeting Dalam Pembelajaran Online Fisika Selama Pandemi Covid-19 Pada Materi Gelombang Mekanik Kelas Xi Mipa Di Sma Katolik Setia Bakti Ruteng Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.

Jamilah, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Iv Mi Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.

Lestari, L. I. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Dengan Zoom Metting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7022%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/7022/1/SKRIPSIBARULince.pdf

Mahfudhoh, A. (2019). Strategi Pemanfaatan Gadget Pada Santriwati Di pondok Pesantren As Salafy Al-Asror. h.5.

Manurung, A. S. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Kenari 07 Pagi Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 51–57. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/3102

Sadewa, P., & Damayanti, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting dan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar. Eduka: Jurnal Pendidikan, 7(1), 52–62.

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.

Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.

Sardi, A., Surahmat, Z., & Nur, S. (2022). The Washback of Intensive TOEFL Training Program (ITTP) on Student’s Learning Motivation. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(4), 593-597.

Syarifuddin, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Paris Barantai. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 198–209. https://doi.org/10.33659/cip.v9i2.204

Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Fisika Berbasis Whatsapp Dimasa Covid-19. Al-Irsyad Journal of Physics Education,1–14.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-24

Cara Mengutip

Sakti, I., Hamid, N., & Anggriani, S. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS ZOOM CLOUD MEETING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i1.53

Terbitan

Bagian

Artikel