IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA KONSTRUKTIVIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUGIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.460Kata Kunci:
Bugis, Fisika, Kearifan Lokal, Lembar KerjaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam meningkatkan kemampuan kerja peserta didik. Penelitian ini menggunakan LKPD dengan pendekatan konstruktivis berbasis kearifan lokal dalam konteks pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek penelitian yang terdiri dari siswa siswa dengan kemampuan kerja terendah. LKPD diimpelementasikan dengan mengintegrasikan kearifan lokal bugis dan prinsip konstruktivis dengan tujuan melatih peserta didik dalam melakukan kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas, dan kerja ikhlas sebagai budaya kerja pemerintah di Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi LKPD konstruktivis berbasis kearifan lokal ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kerja dan hasil belajar fisika peserta didik. Temuan penelitian ini memiliki implikasi bagi lembaga pendidikan, pembuat kebijakan, dan pendidik di Indonesia, khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran yang relevan dengan konteks budaya lokal serta memperkuat pendekatan konstruktivis dalam pendidikan fisika.
Referensi
Al-Mahiroh, R. S., & Suyadi, S. (2020). Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 117–126. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.353
Diana, A., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 141–150. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.419
Fajriah Inayati, Opik Taufik Kurahman, & Dadan Rusmana. (2024). Analisis Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Creative Student Research, 2(6), 182–189. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i6.4621
Fauzi, A. (n.d.). Inovasi Pembelajaran Ilmu Falak Menggunakan CODACC Learning. 14(1), 157–178.
Ilham, M. F., Arba’iyah, & Lucia Tiodora. (2023). Implementasi Teori Belajar Perspektif Psikologi Konstruktivisme Dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Multilingual, 3(3), 1412–4823.
Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Melalui Strategi Belajar Small Group Work Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 8(2), 83–89. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1561
Martawijaya, M. A. (2014). Model Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Peserta Didik SMP di Pulau Barrang Lompo. Universitas Negeri Makassar.
Martawijaya, M. A., Sujiono, E. ., Halim, A. ., Tho, S. ., Mahir, Palloan, P., & Zharvan, V. (2025). The Impact of Physics Co-Curricular Activities based on Makassar Local Wisdom on Improving the Pancasila Student Profile and Learning Satisfaction. 14(1), 17–31. https://doi.org/10.15294/jpii.v14i1.13178
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188
Nahrul Hayat. (2021). Korelasi Antara Motivasi Intrinsik Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sman 1 Montong Gading. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 2(2), 77–84. https://doi.org/10.36312/jcm.v2i2.390
Nurjihan, D. S., & Bunawan, W. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan LKPD Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(September), 1120–1127.
Rosyidah, A., Azka, R., & Marhaeningsih, S. Y. (2023). Penerapan LKPD Pada Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Polynom: Journal in Mathematics Education, 3(1), 19–25.
Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12).
Sabila, N., Safitri, D., & Sujarwo. (2025). Pelestarian Nilai Budaya Melalui Pendidikan Di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(4), 7641–7651. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Said, F. F., Susanto, A., & Utami, N. P. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Canva yang Efektif. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 85–98. https://doi.org/10.25139/smj.v11i1.6020
Selmin, Y., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Organisasi Kehidupan. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(1), 41. https://doi.org/10.55241/spibio.v3i1.52
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suwastini, N., Agung, A., & Sujana, I. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan , 6(2), 311–320. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/48304
Tambunan, A. B., & Sinulingga, K. (2025). Makna Filosofis Songkok Recca Sebagai Indentitas Budaya Bugis Bone (Studi Di Desa Paccing Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone). Jurnal Pengembangan Dan Penelitian Pendidikan, 07(2), 161–175.
Yase, I. M. D., Basuki, B., & Savitri, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Sirkulasi Di Sma Negeri 5 Palangka Raya. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2197
Zakkir, M., Indahwaty, Pujianti, I., & Angraini, N. (2025). Analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Aktivitas Siswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Kesebangunan. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 61–76. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i1.152
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 M. A. Martawijaya, Mahir Mahir

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















