EKSPLORASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA FISIKA: PEMBELAJARAN LANGSUNG VS. SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN PLATFORM
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.459Kata Kunci:
pembelajaran langsung, LMS, pemahaman konseptual, retensi informasi, kepuasan belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan membandingkan pemahaman konseptual mahasiswa fisika antara pembelajaran langsung dan pembelajaran melalui platform Learning Management System (LMS). Pentingnya penelitian ini terletak pada upayanya untuk memberikan wawasan tentang efektivitas kedua metode pembelajaran dalam konteks pendidikan fisika, yang dapat berkontribusi pada pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran yang lebih efektif. Metodologi yang digunakan adalah survei kuantitatif yang melibatkan 104 mahasiswa fisika dari Universitas Negeri Makassar. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur pemahaman konseptual, retensi informasi, dan tingkat kepuasan belajar. Analisis statistik dilakukan untuk mengevaluasi perbedaan antara kedua kelompok belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar melalui metode tatap muka menunjukkan pemahaman konseptual yang lebih dalam. Di sisi lain, siswa yang menggunakan LMS menunjukkan retensi informasi yang lebih baik dan tingkat kepuasan belajar yang lebih tinggi. Keterbatasan penelitian ini termasuk sampel yang terbatas pada mahasiswa fisika dari beberapa universitas di Indonesia dan kurangnya pertimbangan terhadap faktor-faktor seperti variasi desain mata kuliah dan interaksi dengan instruktur. Implikasi praktis dari penelitian ini menyoroti pentingnya menyeimbangkan pembelajaran langsung dan penggunaan LMS dalam merancang kurikulum pendidikan fisika. Kombinasi kedua metode ini dapat memaksimalkan pemahaman konseptual dan retensi informasi, serta meningkatkan kepuasan belajar siswa.
Referensi
Al-Mahiroh, R. S., & Suyadi, S. (2020). Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 117–126. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.353
Diana, A., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 141–150. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.419
Fajriah Inayati, Opik Taufik Kurahman, & Dadan Rusmana. (2024). Analisis Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Creative Student Research, 2(6), 182–189. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i6.4621
Fauzi, A. (n.d.). Inovasi Pembelajaran Ilmu Falak Menggunakan CODACC Learning. 14(1), 157–178.
Ilham, M. F., Arba’iyah, & Lucia Tiodora. (2023). Implementasi Teori Belajar Perspektif Psikologi Konstruktivisme Dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Multilingual, 3(3), 1412–4823.
Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Melalui Strategi Belajar Small Group Work Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 8(2), 83–89. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1561
Martawijaya, M. A. (2014). Model Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Peserta Didik SMP di Pulau Barrang Lompo. Universitas Negeri Makassar.
Martawijaya, M. A., Sujiono, E. ., Halim, A. ., Tho, S. ., Mahir, Palloan, P., & Zharvan, V. (2025). The Impact of Physics Co-Curricular Activities based on Makassar Local Wisdom on Improving the Pancasila Student Profile and Learning Satisfaction. 14(1), 17–31. https://doi.org/10.15294/jpii.v14i1.13178
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188
Nahrul Hayat. (2021). Korelasi Antara Motivasi Intrinsik Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sman 1 Montong Gading. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 2(2), 77–84. https://doi.org/10.36312/jcm.v2i2.390
Nurjihan, D. S., & Bunawan, W. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan LKPD Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(September), 1120–1127.
Rosyidah, A., Azka, R., & Marhaeningsih, S. Y. (2023). Penerapan LKPD Pada Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Polynom: Journal in Mathematics Education, 3(1), 19–25.
Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12).
Sabila, N., Safitri, D., & Sujarwo. (2025). Pelestarian Nilai Budaya Melalui Pendidikan Di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(4), 7641–7651. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Said, F. F., Susanto, A., & Utami, N. P. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Canva yang Efektif. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 85–98. https://doi.org/10.25139/smj.v11i1.6020
Selmin, Y., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Organisasi Kehidupan. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(1), 41. https://doi.org/10.55241/spibio.v3i1.52
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suwastini, N., Agung, A., & Sujana, I. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan , 6(2), 311–320. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/48304
Tambunan, A. B., & Sinulingga, K. (2025). Makna Filosofis Songkok Recca Sebagai Indentitas Budaya Bugis Bone (Studi Di Desa Paccing Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone). Jurnal Pengembangan Dan Penelitian Pendidikan, 07(2), 161–175.
Yase, I. M. D., Basuki, B., & Savitri, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Sirkulasi Di Sma Negeri 5 Palangka Raya. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2197
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mahir Mahir, M. A. Martawijaya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.