ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI FISIKA SMA NEGERI 2 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.403Kata Kunci:
Fisika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Survei, Penelitian KuantitatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI Fisika SMA Negeri 2 Makassar. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting dalam pembelajaran fisika. Pembelajaran fisika tidak hanya menuntut pemahaman terhadap konsep-konsep abstrak, tetapi juga penerapannya dalam konteks nyata dan kompleks. Oleh karena itu, kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah menjadi indikator penting dalam keberhasilan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI Fisika SMA Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah 47 peserta didik kelas XI jurusan fisika. Instrumen penelitian berupa tes subjektif sebanyak 6 soal yang disusun berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan rencana, dan (4) meninjau kembali hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik sebagian besar berada pada kategori sedang (51%). Pada indikator memahami masalah, sebanyak 64% peserta didik berada pada kategori sedang. Namun demikian, pada indikator merencanakan penyelesaian, sebanyak 38% peserta didik berada pada kategori sedang hingga rendah. Sebanyak 45% berada pada kategori rendah untuk indikator melaksanakan rencana, dan 55% berada pada kategori rendah untuk indikator meninjau kembali. Penelitian ini penting dilakukan karena masih terbatasnya studi yang secara eksplisit menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika berdasarkan setiap tahap Polya. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa guru perlu lebih menekankan pada pengembangan strategi berpikir sistematis siswa terutama dalam merencanakan solusi masalah fisika.
Referensi
Akhiruddin, D., dkk. (2019). Belajar dan pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi ke-2). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dahar, R. W. (1989). Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.
Darsa, D. Y., & Nur, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Berdasarkan Teori Polya Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 20–30.
Kiraga, F. (2023). A Study Of Problem Solving In Physics Learning: A Systematic Review. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 311–324
Helmi, F., & Rokhmat. (2017). Pengaruh pendekatan berpikir kausalitik berscaffolding tipe 2b termodifikasi berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah fluida dinamis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.
Irawan, I. P. E., dkk. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika Dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Kholifah, N. (2017). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self- Confidence Melalui Model Realistic Mathematics Education dan model Problem Based Learning terhadap peserta didik SMP.
Makrufi, A., dkk. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).
Nasution, S. (2003). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Natatama, R., Kamsiyati, S., & Surya, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah materi kecepatan dan debit berdasarkan teori John Dewey pada peserta didik kelas 5B SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 128–137.
Nurnaifah, I. I., & Sakti, I. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Lurus di Kelas X Sman 2 Pinrang. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 5(1), 39-46.
Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi pelaksanaan pembelajaran fisika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada kelas X di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(1), 104–112.
Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method (2nd ed.).
Princeton University Press.
Puspitasari, N., & Setyarsih, W. (2019). Identifikasi kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA menggunakan model pembelajaran cooperative problem solving. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) 2019, 119–126. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Rosidah, N. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA pada materi fluida dinamis. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Octavia, R. F. (2015). Analisis Kemampuan Peserta Didik Kelas X Pada Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 1(2).
Qomariyah, L., Alfarisi, A. H., Musyarrofah, M., Kurniawan, I., & Sumo, M. (2024). Implikasi Prinsip-Prinsip Perkembangan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5508– 5518
Sabaruddin, S. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. Lantanida Journal, 7(1).
Sajidan, Parno, & Prasetyanti, N. W. (2018). Pembelajaran abad 21: Konsep, strategi, dan implementasi dalam pembelajaran. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Salsabila, R. A., Nurrahmah, S., & Wahyuni, L. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 123–130.
Santhalia, A., Yuliati, L., & Wisodo, H. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor Melalui Experiential Learning Berbasis Fenomena. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 175–183.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yunaeti, N., Arhasy, E., & Ratnaningsih, N. (2021). Gaya belajar visual dan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. Jurnal Akademik dan Riset Matematika Edukasi (JARME), 5(2), 1–12
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 USMAN, Rakha Novendra Putra, A. Sri Astika Wahyuni, Aldena Aenun R Sakona

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.