ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAROS

Penulis

  • Sherlin Pebrianti Universitas Negeri Makassar
  • USMAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
  • Sri Astika Wahyuni Universitas Negeri Makassar
  • Trisno Setiawan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.346

Kata Kunci:

gaya belajar, hasil belajar, visual, auditorial, kinestetik

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mengetahui karakteristik gaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Maros dan menganalisis hasil belajar fisika ditinjau dari gaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Maros. Variabel dalam penelitian ini gaya belajar dan hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Maros yang berjumlah 221. Penarikan sampel menggunakan teknik Proporsional Simple Random Sampling berjumlah 156. Jenis gaya belajar yakni visual, auditorial, dan kinestetik. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket skala Likert untuk gaya belajar dan tes hasil belajar yang terdiri atas indikator memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5) dalam bentuk pilihan ganda. Hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Maros adalah cenderung lebih banyak yang mempunyai gaya belajar kinestetik yaitu sebanyak 81 orang. Hasil belajar peserta didik SMA Negeri 3 Maros untuk gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik berada pada kategori tinggi. gaya belajar kinestetik dengan presentase sebesar 51,92%, gaya belajar visual dengan presentase sebesar 30,12%, dan gaya belajar auditorial dengan presentase sebesar 17,95%.

 

Referensi

Aini, N., Putri, H. D., Azizati, B. S., & Rokhmat, J. (2024). Analisis Gaya Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton. Contextual Natural Science Education Journal, 2(1), 25-31.

Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook I: Cognitive Domain. New York: Longmans, Green.

De Porter (2009). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa. Djamarah, S. B (2004). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitriana, D. (2023). Analisis Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Model Project Based Learning Berbantuan Kartu Masalahâ€. Tunas Nusantara, 5(1), 585-596.

Hamna, & BK. M. K. U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jiqsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII (1), 62-73.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku dan karateristik peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105-117.

Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68-73

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48.

Kusumasari, D. A., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(2), 131-143.

Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis gaya belajar visual, audiotori dan kinestetik dalam pengembangan prestasi belajar siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79-90.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabelvariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rifai Acmad dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Tikulimbong, N. Y., Simega, B., & Fitriana, I. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbahasa Reseptif Peserta Didik Kelas VII di SMPN 2 Kesu’. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 812-820.

Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019). Pengaruh kemampuan kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 11(1), 85-100.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-05

Cara Mengutip

Pebrianti, S. ., USMAN, Wahyuni, S. A. ., & Setiawan, T. (2025). ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAROS. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 4(2), 120–129. https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.346

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama