PENERAPAN E-LKPD INKUIRI DENGAN LIVEWORKSHEET TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MA MADANI

Penulis

  • A. Jusriana Universitas Negeri Makassar
  • Sarlinda Sarlinda UIN Alauddin Makassar
  • Dani Ali Umar UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.315

Kata Kunci:

E-LKPD, Hasil Belajar, Inkuiri Terstruktrur, Liveworksheet

Abstrak

Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen, yang perlakuannya diberikan pada satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol dengan design penelitian The Matching Only Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan antara minat belajar peserta didik yang diajar dan tidak diajar menggunakan E-LKPD berbasis inkuiri terstruktur berbantuan liveworksheet kelas X Ma Madani alauddin Pao-Pao. Teknik sampel yang digunakan pemadanan (matching), teknik ini dilakukan hingga mendapatkan 27 pasang sampel. Adapun instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen angket minat belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial Hasil penelitian menunjukkan minat belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 75,44 dan rata-rata hasil belajar sebesar 72,85 sedangkan Minat belajar pada kelas kontrol sebesar 69,66 dengan Hasil belajar sebesar 55,14. Dengan menggunakan Uji Mann-Whitney terdapat perbedaan Minat belajar dan Hasil Belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar dan yang tidak diajar E-LKPD Berbasisi inkuiri tertstruktur Berbantuan Liveworksheet. Implikasi pada penelitian ini yaitu bagi guru mata pelajaran fisika dapat mempertimbangkan untuk menggunakan E-LKPD berbasis Inkuiri terstruktur Berbantuan Liveworksheet karena dapat mempengaruhi minat hasil belajar peserta didik.

Referensi

Anggereni, S. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran quipper school terhadap minat belajar fisika siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 120–127.

Amalia, Miftah Devi, Ferina Agustini, and Joko Sulianto, ‘Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 20.2 (2017), 185–98

Amri, Sofan, and Iif Khoiru Ahmadi, ‘Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas’, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010

Andriyani, Novi, Yahya Hanafi, Irma Yulianti Budi Safitri, and Sri Hartini, ‘Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va’, Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 2020, 122–30

Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23–34.

Farman, F., Hali, F., & Rawal, M. (2021). Development of e-lkpd using live worksheets for online mathematics learning during covid-19. JME (Journal of Mathematics Education), 6(1), 36–42.

Firdawati, L. (2021). Efektivitas Metode Suggestopedia Menggunakan Musik Klasik Terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 01 Lebong. CV. Tatakata Grafika.

Harahap, R. I. A. N. (2020). Pengembangan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi koloid kelas XI MIA SMAN 7 kota Jambi. Universitas Jambi.

Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis aplikasi liveworksheets pada materi volume bangun ruang kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 307–313.

MUANISA, L. (n.d.). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.

Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.

Suarti, S. (2022). efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan lembar kerja peserta didik berbasis saintifik terhadap hasil belajar fisika. jpf (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(2), 150–155. https://doi.org/10.24252/jpf.v10i2.30234

Retnawati, Heri, Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian) (Parama publishing, 2016)

Riadi, ‘Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)’, 2015, p. 10 <https://www.kajianpustaka.com/2015/07/lembar-kerja-peserta-didik%02LKPD.html.>

Rijal, Syamsu, and Suhaedir Bachtiar, ‘Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa’, Jurnal Bioedukatika, 3.2 (2015), 15–20

Riskawati, R., Idris, I. I. N., Herman, N. M., Nurhasmi, N., & Sanusi, D. K. (2025). Penguatan Literasi Digital Mahasiswa melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Pemrograman: Strategi Pemberdayaan Calon Pendidik Abad 21. Jurnal Abdimas Indonesia, 5(2), 848-855. https://doi.org/10.34697/jai.v5i2.1571

Rubianto, Rubino, Metode Penelitian Pendidikan, 2009

Safitri, Rina, Haryanto Haryanto, and Harizon Harizon, ‘Development of PBL-STEM-Based E-LKPD to Improve Students’ Science Literacy Skills on Reaction Rate Materials’, Jurnal Pendidikan Kimia, 13.2 (2021), 113–29

Sardiman, Arief M, ‘Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar’, 2019

Siyenti, Siyenti, Bambang Sahono, and Turdjai Turdjai, ‘Implementation Of Guided Inquiry Learning Model To Improving Confidence And Learning Achievement’, Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7.2 (2017), 62–70

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (jakarta: Rineka cipta, 2010)

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-27

Cara Mengutip

Jusriana, A., Sarlinda, S., & Umar, D. A. (2025). PENERAPAN E-LKPD INKUIRI DENGAN LIVEWORKSHEET TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MA MADANI. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 4(2), 75–88. https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.315

Terbitan

Bagian

Artikel