PENINGKATAN PEMAHAMAN GERBANG LOGIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN APLIKASI MAKE IT TRUE
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i1.142Kata Kunci:
Gerbang Logika, Make It True, Pemahaman Konsep, Teams Games TournamentAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep fisika peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan soft Ware Make It True pada peserta didik Kelas XI IPA SMAN 13 Makassar, Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep fisika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan soft Ware Make It True pada peserta didik Kelas XI IPA SMAN 13 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian yaitu One Group Pre-Test Post-Test Design. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada Pre-test sebesar 34,71 berada pada kategori sangat rendah, sedangkan untuk nilai post-test diperoleh nilai rerata sebesar 50,15 berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis non-parametrik menggunakan uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai taraf signifikan yaitu nilai Asymp. Sig (2-tailed) menunjukkan angka 0,000. Nilai Asymp. Sig (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Terdapat Perbedaan pemahaman konsep penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Aplikasi Soft Ware Make It True.
Referensi
Arrumaisha, Z. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 5 SMAN 1 Kartasura.
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98–107.
Nurhidayah, N., Tayeb, T., Ichiana, N. N., Anggereni, S., Kusumayanti, A., & Asnita, A. U. (2020). IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF MURDER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 74–80.
Nurnaifah, I. I. (2024). Development of Interactive Video-Based Learning Media for Physics Material for Students of SMPN 5 Pinrang. MACCA: Science-Edu Journal, 1(3), 85-89.
Permana, I., Ansarullah, A., & Kadir, F. (2020). Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Animasi terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X Sman 3 Pinrang. Karst: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(2), 46–53.
Sofianto, E. W. N., & Irawati, R. K. (2020). Upaya meremediasi konsep fisika pada materi suhu dan kalor. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 109–124.
Suban, A. L., Reja, I. D., & Doren, H. Y. M. (2021). Optimalisasi Pemahaman Materi Rangkaian Logika Menggunakan Metode Direct Instruction dan Perangkat Bantu Simulasi Circuit Wizard. Increate-Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi, 6(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mix Methods). Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulfia, T., & Irwandani, I. (2019). Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 140–149.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 A. Jusriana Jusriana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.