PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.225Kata Kunci:
Matematika, Model pembelajaran , PengaruhAbstrak
Kehidupan sehari-hari sangat bergantung pada matematika (Tasar et al., 2018). Berdasarkan hasil wawancara siswa SMPN 1 Waigete, matematika sering dianggap oleh siswa sebagai mata pelajaran yang menantang dan membosankan. Untuk menjawab permasalahan dalam matematika, seseorang harus mampu berpikir kritis (Rahmawati et al., 2024). Model pembelajaran kooperatif metode make-a-match merupakan salah satu strategi pembelajaran matematika yang harus dikembangkan agar dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dan mengidentifikasi hubungan yang bermakna dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran make a match iterhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di SMPN Waigete. Menggunakan metode penelitian kuantitaif dengan menguji hipotesis didapatkan hasil bahwa nilai t hitung yang diperoleh dari perhitungan uji-t adalah sebesar 2,52. Dengan derajat kebebasan (db) = 53 dan taraf signifikansi (α) = 0,05, maka nilai t tabel yang diperoleh dari tabel tersebut adalah 1,67. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil perbandingan antara t hitung dan t tabel, t hitung lebih besar dari t tabel. Ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Make A Match mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa SMPN 1 Waigete.
Referensi
Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Kelistrikan dan Penerapannya dalam Kehidupan. Fisika, 10(1), 1–11. http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/download/9485/4577
Danil, M., Yulia, & Hasnah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Wajo. PINISI: Journal on Education, 2(5), 165–175. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/36855
Ferdiana, V., & Mulyatna, D. F. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Info Artikel Abstrak. Prosiding Seminar Nasional Sains, Vol 1(No 1), Hlm 442.
Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260
Lestari, A. D., Hartoyo, A., Program, D. S., Pendidikan, S., Fkip, M., & Pontianak, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–8.
Lestari, K. E & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Matematissiswa, K., Vii, K., & Negeri, S. M. P. (2021). 1), 2), 3). 9(2).
Moghtaderi, M., Saffarinia, M., Zare, H., & Alipour, A. (2020). هثبت رٍیکزد بز هبتٌی اهیذدرهبًی ِبست اثزبخشی بز ًگز خَدکبرآهذی احسبس ٍ َپبرکیٌس بیوبراى تٌْبیی ى هقتذری هیٌب 1 ، * صفبری هجیذ ًیب 2 سارع حسیي ، 3 علی احوذ ، پَر 4. Quarterly Journal of Health Psychology, 8(32), 73–92. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html
Rahmawati, T. D., Santoso, A. D., Kristanto, V. H., & Rini, A. P. (2024). Analysis of Critical Mathematical Thinking Skills in Level 1 Cadets of Surabaya Maritime. 4, 47–54.
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49
Sinta Nur Aishah, Dian Devita Yohanie*, A. N., & Program. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 405–414. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/3051
Suhartati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Make a Match. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(2), 70–76. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.109
Sumarni, S. (2021). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyesuaian Diri Dengan Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1281
Tasar, M., Ikhsan, M., & Hajidin, H. (2018). Proses Berpikir Lateral Siswa Madrasah Aliyah Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Melalui Pendekatan Open-Ended. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 331–346. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.512
Tonda, A. F., Suwanti, V., & Murniasih, T. R. (2020). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Silogisme, 5(1), 19–24.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 TANTI DIYAH RAHMAWATI, TIKA SEPTIA, VIGIH HERY KRISTANTO, VINSENSIUS HERIANTO NDORI

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.