PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI PINRANG
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.72Kata Kunci:
Ekspositori, Hasil Belajar, TANDURAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran TANDUR berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa pada kelas VII MTs Negeri Pinrang, tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang melibatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Pinrang dan sampel yakni kelas VII.1 yang diajarkan melalui model pembelajaran TANDUR dan kelas VII.2 yang diajarkan melalui model pembelajaran Ekspositori yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data keterlaksanaan model pembelajaran yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, dan data hasil belajar Matematika siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Data keterlaksanaan model pembelajaran dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif sedangkan data hasil belajar Matematika siswa dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata skor hasil Belajar Siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran TANDUR berada pada kategori sedang yaitu sebesar 71,68. (2) Pada taraf signifikansi 95%, df =35, diperoleh Pvalue = 0,146, maka dengan itu penerapan model pembelajaran TANDUR tidak berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas VII MTs Negeri Pinrang tahun ajaran 2022/2023.Hal ini disebabkan karena siswa terbiasa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga ketika mengalami perubahan suasana mereka cenderung susah beradaptasi.
Referensi
Alibas, F. (2018). Penerapan Metode Quantum Teaching Dengan Teknik Tandur Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Ipa SMA PPM Al-Ikhlas. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1).
Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28-34.
Atikah, Arifuddin, M., & Miriam, S. (2019). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan Prodi Pendidikan Fisika FKIP ULM.
Haloho, L. (2014). Perbaikan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 12 Medan. Jurnal Saintech, 6(2).
Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.
Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 2(1), 8-19.
Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 39-50.
Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.
Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97-106.
Sahriani, I., Arsyad, M., & Ma’ruf. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Tandur Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas XI. IPA1 SMA Negeri 1 Bungoro. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar, 4(1), 249–264.
Sari, N. P., & Sudirman, D. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Penggunaan Media Lingkungan. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 6(1), 62–68.
Sanjata, A. R. M. P., Sardi, A., & Muchtar, J. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran tutor sebaya setting kooperatif. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 118-125.
Sardi, A., Kalsum, K., Rauf, W., & Hasyim, S. (2023). Enhancing Students’ Writing Skills through the Implementation of the Seven Nucleus Approach in Teaching Tenses. SELTICS, 6(1), 39-47.
Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.
Wote, A. Y., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Randy Saputra Mahmud, Hamdana Hamdana, Ayu Sarini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.