INTERNALISASI NILAI ISLAM DALAM SELEKSI DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LEMBAGA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v5i1.582Kata Kunci:
internalisasi nilai Islam, Lembaga Pendidikan Islam, Manajemen SDM, Pengembangan SDM, Seleksi SDMAbstrak
Kualitas pendidikan Islam sangat bergantung pada kompetensi dan integritas sumber daya manusia yang tidak hanya profesional secara akademik, tetapi juga berakhlak mulia sesuai nilai-nilai Islam. Di era globalisasi dan digitalisasi, banyak lembaga pendidikan Islam belum mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam manajemen SDM, padahal hal ini penting untuk menjaga keseimbangan antara kemajuan profesional dan keteladanan moral. Penelitian ini bertujuan menganalisis proses internalisasi nilai-nilai Islam dalam seleksi dan pengembangan SDM di lembaga pendidikan Islam serta implikasinya terhadap peningkatan kualitas lembaga. Bagaimana nilai-nilai Islam seperti amanah, shiddiq, ikhlas, dan ta'awun dapat diinternalisasikan secara sistematis dalam proses seleksi dan pengembangan SDM untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan Islam. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis literatur dari buku, artikel ilmiah, jurnal akademik, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Internalisasi nilai-nilai Islam dalam seleksi dan pengembangan SDM dapat diterapkan melalui tes karakteristik kepribadian berbasis Islam, studi kasus berbasis Islami, spiritual training, halaqah tarbawiyah, dan mentoring. Penerapan ini meningkatkan profesionalisme, integritas, dan budaya kerja Islami yang berdampak pada peningkatan mutu lembaga secara menyeluruh.
Referensi
Ahmad, N. H., Rofiah, N., & Tamam, B. (2024). Nilai-Nilai Keikhlasan dalam Al-Qur’an untuk Pengembangan Etos Kerja: Perbandingan dengan Teori Self-Determination. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, 7(2), 300–316. https://doi.org/10.58518/alfurqon.v7i2.2865
Aida Raihani Subandi, Awalia Izza Ari Putri, Hilman Achmad Sanusi, & Hesti Kusumaningrum. (2024). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru dan Staf dalam Manajemen SDM Pendidikan. Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 106–122. https://doi.org/10.62383/edukasi.v2i1.956
Aisyah, N., & Giovanni, A. (2018). Pengaruh Proses Rekrutmen (Porek) dan Seleksi terhadap Kinerja Karyawan PT. BANK MAYA PADA INTERNASIONAL, Tbk. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 1(2), 8–18. https://doi.org/10.36778/jesya.v1i2.17
APA PsycNet Buy Page. (t.t.). Diambil 9 Oktober 2025, dari https://psycnet.apa.org/buy/2007-09571-006
Fikri, F. (2025). Manajemen SDM Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan di Era Digital. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(3), 4330–4338. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2633
Halisa, N. N. (2020a). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia “Sistem Rekrutmen, Seleksi, Kompetensi dan Pelatihan” Terhadap Keunggulan Kompetitif: Literature Review. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(2 Desember), 14–22. https://doi.org/10.34306/abdi.v1i2.168
Harahap, T. K., Hasibuan, S., Pratikna, R. N., Ahmad, M. I. S., Novarini, N. N. A., Widiawati, W., Sanjaya, R., Riesso, A. S., & Batubara, N. A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Tahta Media. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/225
Hartati, L., Nurhayati, N., & Hidayat, N. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada lembaga Pendidikan. Journal of Education Research, 5(2), 1980–1987. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1080
Hikmah, D., Rahmatika, A. N., & Widyaningsih, B. (2025). Inovasi dan Kreativitas dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Nilai-Nilai Islam. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1240–1249. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1962
Jamrizal, J., Samsu, S., Hasdiana, S., & Agustina, N. D. (2025). Strategi Pengelolaan SDM untuk Menciptakan Suasana Kerja yang Kondusif di Pondok Pesantren. Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 93–102. https://doi.org/10.61132/moral.v2i1.504
Masruroh, L., & Mua’limin. (2025). Peran Nilai-Nilai Islam dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan. CERDAS - Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.58794/cerdas.v4i1.1459
Maunah, B., & Junaris, I. (2025). Paradigma Integratif Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam Berbasis Nilai Tauhid dan Kompetensi Profesional. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 470–480.
Mirela, T. (t.t.). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Islam. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), Vol. 7 No. 1 Juni 2022.
Mubarok, R. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Muhsim, M., Syahril, S., & Abun, A. R. (2023). Manajemen Pembinaan Sumber Daya Manusia Berbasis Nilai – Nilai Spiritualitas (Studi Pada Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren di Kabupatenogan Komering Ilir). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001). https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7448
Nurhasnah, N., Kustati, M., Sepriyanti, N., Tiffani, T., Pratiwi, S. H., & Sarbaini, S. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1367–1376.
Renanda, R., & Jamilus, J. (2024). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 254–264. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4027
Salsabila, A., & Sesmiarni, Z. (t.t.). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan.
Salsabila, A., & Sesmiarni, Z. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(2), 252–260.
Santika, N. W. R. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Karakter. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 4(1), 1–20.
Sawaluddin, F. R., & Rustandi, R. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Islam di MTs Persis 3 Pameungpeuk. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(4), 375–396. https://doi.org/10.15575/tadbir.v5i4.2306
Siagian, H., & Al Farabi, M. (2025). Membangun Masyarakat Harmonis Melalui Pendekatan Wahdatul Ulum dan Ukhuwah Islamiyyah. JURNAL KHULUQ, Vol. 1 No. 1.
Siswahyuningsih, Z., Maunah, B., & Junaris, I. (2025). Paradigma Integratif Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam Berbasis Nilai Tauhid dan Kompetensi Profesional. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 470–480.
Suhartini, S., & Hasibullah, M. U. (2025). Tranformasi Pendidikan sebagai Fondasi Pembangunan Nasional di Era Globalisasi. International Conference on Humanity Education and Society (ICHES), 4(1). https://proceedingsiches.com/index.php/ojs/article/view/338
Sulistyowati, C., & Wicaksono, L. (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Merdeka Belajar Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1182–1189. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6798
Sunarni, W., & Ibrahim, R. (2025). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Menghadapi Pembelajaran Abad ke-21. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 645–653.
Syahril, S., & Abun, A. R. (t.t.). Manajemen Pembinaan Sumber Daya Manusia Berbasis Nilai – Nilai Spiritualitas (Studi Pada Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren di Kabupatenogan Komering Ilir).
Utami, S., Turmudi, I., & Fauzi, I. (2025). Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Institusi Pendidikan Islam. Syntax Idea, 7(1), 115–129. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v7i1.12084
Zulkarnain, L. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. INTELEKTIUM, 3(2), 409–421. https://doi.org/10.37010/int.v3i2.1114
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhamad Nur Iksan, Nisfani Alfi Fahrezi, Azizatul Magfiroh, Mardiyah Mardiyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




















