INTEGRASI PERENCANAAN SUPERVISI DAN RUBRIK PENILAIAN INSTRUMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Penulis

  • Adinda Rusdiana UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Agus Imaduddin UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Shelvi Chairunnisak UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Zakiyah Darojah UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Mardiyah Mardiyah UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v5i1.480

Kata Kunci:

Kualitas Pendidikan, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Rubrik Penilaian

Abstrak

Perencanaan supervisi yang dirancang secara sistematis memiliki peran sentral dalam mengarahkan proses pembinaan tenaga pendidik agar terlaksana dengan efektif, efisien, dan berkelanjutan. Penerapan rubrik penilaian sebagai instrumen evaluatif memberikan acuan yang jelas bagi supervisor untuk menilai kinerja guru secara adil, objektif, serta berdasarkan indikator yang terukur. Keterpaduan antara perencanaan supervisi dan rubrik penilaian menjadikan kegiatan supervisi tidak hanya sekadar proses penilaian, tetapi juga sebagai sarana peningkatan profesionalisme guru. Lebih jauh, pelaksanaan supervisi baik secara individual maupun kelompok yang dirancang dengan persiapan matang serta didukung rubrik yang relevan mampu menumbuhkan suasana kerja yang kolaboratif dan berorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran. Dengan demikian, supervisi pendidikan yang terintegrasi berfungsi sebagai strategi efektif dalam memperkuat kompetensi pendidik sekaligus meningkatkan mutu layanan pendidikan secara berkesinambungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research dengan menelaah berbagai referensi ilmiah, termasuk jurnal, buku, serta hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi antara perencanaan supervisi yang sistematis dengan penggunaan rubrik penilaian yang terstandar mampu menghasilkan mekanisme evaluasi pembelajaran yang lebih objektif, transparan, dan konsisten. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan akurasi penilaian kinerja guru, tetapi juga memperkuat orientasi supervisi pada pengembangan profesional berkelanjutan. Dengan demikian, konsep integratif ini menawarkan model supervisi yang lebih efektif dan relevan dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan serta memperkaya wacana manajemen mutu pendidikan di era modern.

Referensi

Abbas, A. (2019). Implementasi teknik supervisi: Supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, Didaktika, 12(1), 15. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.173

Abdullah, A., & Rahman, M. (2020). Peran perencanaan dalam meningkatkan efektivitas supervisi pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 15–30. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/384

Amalia, L., Arismunandar, & Wahira. (2025). Pengaruh teknik supervisi akademik kelompok, teknik supervisi akademik individu terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar se kecamatan patimpeng kabupaten bone. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 489–503. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24646

Azhar, Dzul. 2025 Peran Dan Fungsi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkankan Etos Kerja Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 5, No1, 760-772

Basilio, M. B. (2021). Instructional supervision and assessment in the 21st-century and beyond. Institutional Multidisciplinary Research and Development Journal IMRaD Journal, 4.

Besse Marhawati 2020, “Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dasar: studi kualitatif,” JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan) 4, no. 2 (March 2020): 71–76, https://journal-fip.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/2162

.Brookhart, S. M. (2018). How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. ASCD.

Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291–309.

Farhan, M., & Khairul, I. (2021). Efektivitas supervisi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah. Jurnal Administrasi dan Supervisi Pendidikan, 9(2), 123– 132. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAA/article/view/602/553

Fathih, M. A. (2022). Meninjau Kembali Prinsip dan Perencanaan Supervisi Pendidikan Sebagai Pengawasan dalam Pendidikan yang Bersifat Pembinaan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 142–157. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i2.384

Fitriani, E. (2023). Strategi supervisi pendidikan untuk meningkatkan inovasi pembelajaran di sekolah. Journal of Social Science Studies, 12(3), 456–470. https://fjssj.journals.ekb.eg/article_353593.html

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). SuperVision and Instructional Leadership: A Developmental Approach (10th ed.). Pearson.

Hattie, J. (2018). Visible Learning: A Synthesis of Over 1,400 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.

Heryawan, A. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Manajemen Kelas Guru Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.22

Ismila Damayanti, Anisa Indah Utami, and Subandi 2024, “Teknik individu dan kelompok dalam supervisi pendidikan,” Jurnal Media Akademik (JMA) 2, no. 6 (2024): 4–6, https://doi.org/10.62281/v2i6.360.

Ismuha, I. (2019). Penerapan teknik supervisi kelompok dengan metode workshop untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD Negeri Lamklat tahun pelajaran 2018/2019. Visipena Journal, 10(1).

Jonsson, A., & Svingby, G. (2007). The use of scoring rubrics: Reliability, validity and educational consequences. Educational Research Review, 2(2), 130–144.

Khoironi, D. R., Rahmasari, L., Yantoro, Y., & Setiyadi, B.2025 "Implementasi Program Supervisi Pendidikan untuk Pengembangan Profesionalisme Guru di Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur." LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5 no. 1, 2025, 288-295.

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62-72.

Puji Rosianna Sinaga et al 2024., “Konsep dasar supervisi pendidikan: implikasi terhadap pengembangan kinerja guru,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu 1, no. 1 (February 2024): 7–8, https://doi.org/10.69714/rgqtga74

Purnawati, Hamidah, Apriliyani, & Warman. (2025). Transformation of Educational Supervision in Improving School Quality Between Classical Theory and Contemporary Practice. International Journal of Educational and Life Sciences, 3(7), 2431–2440. https://doi.org/10.59890/ijels.v3i7.97

Rohimah, S. (2023). Supervisi pendidikan sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Al-Idaroh: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 67– 78. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/384

Rukayah, R. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Kelompok Pendekatan Kolaboratif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 37-46.

Sahertian, P. (2008). Perilaku kepemimpinan berorientasi hubungan sebagai anteseden, selfefficacy dan organizational citizenship behavior. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 12(2), 273–282. https://doi.org/10.26905/jkdp.v12i2.892 .

Sari, D. Y. R., Abdullah, G., & Ginting, R. Br. (2024). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2), 794–804. https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.270

Sari, N. (2022). Supervisi pendidikan: Teori dan praktik. Jurnal Kependidikan, 8(1), 15– 26. https://ejournal.kependidikan.ac.id/view/615

Sembiring, D. A. K. (2023b). Implementasi teknik supervisi individual kepala sekolah: sebuah studi literatur. noken : Jurnal Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 68–75. https://doi.org/10.31957/noken.v3i2.270

Sriyanto 2020. "Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Supervisi Kelompok." Jurnal Wahana Pendidikan, 7, no. 1, 2020, 45-52.

Syabirin et al 2024., “literature review: praktik supervisi efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran,” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 03 (September 2024): 355–66, https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.19102.

Ulil Multazam 2022, “Teknik supervisi individu dan kinerja guru,” Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11, no. 1 (September 2022): 121–24, https://doi.org/10.61088/tadibi.v11i1.479.

Wahyuni, S., & Berutu, F. R. (2023). Peran Perencanaan dan Kontrol Operasi dalam Meningkatkan Efesiensi Pemasaran Global. 6(12).

Wibowo, A., Herawati, E. S. B., & Wijayanti, W. (2025). Langkah Strategis Perencanaan Supervisi Pendidikan Berbasis Kolaborasi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 13(1), 39–52. https://doi.org/10.21831/jamp.v13i1.84737

Widati, S. (2023). Peningkatan Kedisiplinan Mengajar Guru Melalui Konseling Kelompok Dalam Supervisi Akademik Di SD Negeri Ngadiharjo 1 Tahun Pelajaran 2021-2022. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(3), 112-120.

Zaenab Husni et al 2025., “Persepsi Guru Terhadap Praktik Supervisi Yang Monoton Dan Kurangnya Umpan Balik: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Kabupaten Bima,” DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial 6, no. 3 (July 2025): 337–42, https://doi.org/10.53299/diksi.v6i3.1936.Zepeda, S. J. (2017). Instructional Supervision: Applying Tools and Concepts. Routledge.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-11

Cara Mengutip

Rusdiana, A., Imaduddin, A., Chairunnisak, S., Darojah, Z., & Mardiyah, M. (2025). INTEGRASI PERENCANAAN SUPERVISI DAN RUBRIK PENILAIAN INSTRUMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 5(1), 190–214. https://doi.org/10.58917/aijes.v5i1.480

Terbitan

Bagian

Artikel