STRATEGI EFEKTIF DALAM MERUMUSKAN REKOMENDASI HASIL EVALUASI DIRI UNTUK PENINGKATAN SATUAN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.176Kata Kunci:
Evaluasi Diri, Madrasah, Pendidikan Islam, Peningkatan MutuAbstrak
Evaluasi Diri satuan pendidikan Islam, khususnya madrasah, merupakan suatu proses penting yang bertujuan untuk menilai dan meningkatkan mutu pendidikan. Evaluasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menilai efektivitas metode pengajaran, materi pembelajaran, dan strategi evaluasi, sehingga lembaga pendidikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman siswa. Selain itu, evaluasi membantu mengukur sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan, memungkinkan guru dan lembaga pendidikan untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran serta mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Dalam konteks pendidikan Islam, evaluasi juga mencakup aspek moral dan spiritual peserta didik untuk memastikan bahwa siswa memahami dan melaksanakan ajaran agama secara benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) yang bertujuan untuk mengkaji secara mendalam berbagai literatur yang relevan dengan evaluasi diri dan strategi peningkatan mutu satuan pendidikan Islam. Dalam artikel ini, akan membahas langkah-langkah sistematis yang dapat diambil oleh satuan Pendidikan untuk mengumpulkan dan menganalisis data, serta melibatkan semua pemangku kepentingan dalam proses evaluasi. Keterlibatan berbagai pihak mulai dari guru, siswa, orang tua, hingga masyarakat sangat penting untuk memastikan bahwa rekomendasi yang dihasilkan relevan dan dapat diterima oleh seluruh komunitas sekolah.
Referensi
Al-Atsari, A. R., & Achadi, Muh. W. (2024). Efforts of Islamic Religious Educational Institutions in the Era of Globalization. Journal of Education Research, 5(4), 5848–5857. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1854
Al Amin, A. Y., & Sukari, S. (2025). Isu Pendidikan Islam di Era Globalisasi. 2(1), 242–250. https://doi.org/10.61132/hikmah.v2i1.598
Anitasari, Nita.2016. “Manajemen Program Evaluasi Diri Sekolah di SMP Negeri 9 Purwokerto Kabupaten Banyumas.” Skripsi, IAIN Purwokerto,
Asnaul Lailina Nikamtus Zahrok. (2020). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Akuntanbilitas Manajemen Pendidikan,
Athiyah, C. N. U. (2017). Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Melalui Evaluasi Diri Madrasah di MAN 4 Jakarta (Observasi pada Diklat Tugas Tambahan Kepala Madrasah Aliyah 2017) Oleh: Andragogi Jurnal Diklat Teknis, Volume: V,
Baharuddin, B., Isnaini, E., & Lusiana, L. (2024). Islamic Education Curriculum That is Relevant to the Challenges of the Times. https://doi.org/10.55927/eajmr.v3i3.8103
Boli, M., & Nurhikmah, N. (2023). Langkah-langkah pelaksanaan evaluasi manajemen pendidikan islam. El-Idarah: Jurnal manajemen pendidikan islam, 9(1)
Chamidi, A. S. (2018). Evaluasi diri dan Rencana Kerja Madrasah/Sekolah. Ar Rihlah IAINU Kebumen, 3(manajemen pendidikan),
ismail Marzuki and Lukmanul Hakim, 2019 “EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM,” Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy 1, no. 1 https://doi.org/10.31000/jkip.v1i1.1498.
Maulida, Yulia Nurul.2018. “Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri 1 Grobogan.” Skripsi, UIN WalisongozSemarang,
Neng Gustini & Yolanda Mauly. (2019). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar. Isema: Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(2).
Nurman, M. (2016). Evaluasi Program Pendidikan: “Pedekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan (Goal-Oriented Evaluation Approach: Ralph W. Tyler).” El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 15(2),
Qiqi Asmara. (2021). Implementasi Kebijakan dan Mutu Pendidikan (Penerapan Delapan Standar Pendidikan Nasional di SMA Mutiara Bunda Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. KAIS: Kajian Ilmu Sosial, 1(1)
Rahmadi, R. N. (2021). Peningkatan mutu pendidikan melalui penerapan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo.
Sardi, A., Nanning, M., Firmansyah, J. N., Muchtar, J., & Jannah, M. Fostering Auditory English Proficiency through Cinematic Exposure.
Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-langkah dan teknik evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1).
Setyaningsih, N. N. R. (2020). Penyusunan Rencana Kerja Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1Pekanbaru. Istighna, Vol. 3, No,
Subangun & Laily Isroin. (2018). Penerapan Evaluasi Diri Sekolah Dasar Model EMI di Kabupaten Ponorogo Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1).
Suharsimi, A (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, cet. ke 10,
Sumarno. (2020). ANALISIS ISI DALAM PENELITIAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA. Jurnal Elsa, 18 (2).
Tim PMU, R.-M. (2020). Panduan Teknis Penggunaan Aplikasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM). . https://mrc.kemenag.go.id/wp-content/uploads/2020/10/Topik-6-Panduan-Teknis-Penggunaan-EDM.pdf.
Tyas, Fitri Ningidan Desi Nurhikmahyanti.(2014) “Penerapan Program Evaluasi Diri Sekolah (EDS) (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gresik).” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 3 no. 3
Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 23–36. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222
Zaelani, Juanidi, M., & Muhsinin. (2023). Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Perkembangan Terkini dan Tantangan di Era Digital). Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, 12(1), 67–80. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/view/767 8
Zaini, Muhammad 2009. Pengembangan Kurikulum: Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Adinda Rusdiana, Nur Fitria, Mardiyah Mardiyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.