PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GEOINTERAKTIF (GEOMETRI INTERAKTIF) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Penulis

  • Putri R Wardani Universitas Majalengka, Indonesia
  • Dede Salim Nahdi Universitas Majalengka, Indonesia
  • Indani Damayanti Universitas Majalengka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.392

Kata Kunci:

Geometri Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media Geointeraktif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstrak

Tujuan dari studi ini ialah untuk menelaah bagaimana model pembelajaran berbasis masalah dengan Media Geointeraktif (Geometri Interaktif) berdampak pada keterampilan siswa kelas V untuk memecahkan masalah matematis. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif dan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah disertai Media Geointeraktif (Geometri Interaktif) dan kelas kontrol yang menggunakan Direct Intruction. Kemampuan pemecahan masalah diukur melalui soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menyatakan kemajuan yang signifikan, pada kemampuan memecahkan masalah matematis peserta didik di kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Geointeraktif (Geometri Interaktif). Hal ini dibuktikan melalui uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test dengan nilai signifikasi <0,05. Oleh karena itu, ada kesimpulan yang dapat ditarik bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan media Geointeraktif (Geometri Interaktif) mempengaruhi tingkat kemampuan problem solving matematis siswa.

Referensi

Adifta, E. D., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa madrasah tsanawiyah kelas VII pada materi himpunan. Jurnal Kependidikan, 6(2), 340. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2561

Albab, R. U., Wanabuliandari, S., & Sumaji, S. (2021). Pengaruh model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Gagung Duran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Aksioma, 10(3), 1767. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3969

Amatullah, D. C., & Sutrisno, J. A. B. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 243–250.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Budiningtyas, H., Nurfadillah, A., & Nursyifa, D. (2022). Efektivitas media pembelajaran geometri berbasis android terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dasar, 7(1), 15- 23.

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan, 5(2), 112–118.

Indarini, A. D., & Rusnilawati, R. (2022). Media Terivestor karakter animasi untuk mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Obsesi, 6(6), 5463–5475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3035

Manurung, A. M., Tarihoran, D. M., Gulo, D. J., Simamorad, D. F., Yunita, S., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2023). Guruan Kewarganegaraan Sebagai Landasan Karakter Bangsa. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 5(Desember), 174–190. Https://Doi.Org/10.55606/Sinov.V5i2.687

Muhtadi, D., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Bahasa matematis dalam penentuan waktu siang malam menurut tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 263–274.

Puspita Anggraeni, S., Yusup, M., & Nuraeni, S. (2022). Analisis reliabilitas dan validitas instrumen penilaian hasil belajar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(2), 33–40.

Safirah, N., Aisyah, I. N., & Saputra, A. (2024). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 55–65.

Saman. (2023). Tinjauan Teoritis Media Pembelajaran Matematika Dengan Aplikasi Tiktok Theoretical Review Mathematics Learning Media With Tiktok Applications. Science Journal), 21(2), 79–88.

Teori, R., Tohir, M., & Setiawan, A. (2023). PISA 2018 dan upaya peningkatan mutu pendidikan matematika. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 14(1), 1–8.

Wayan, K. D., & Rini, A. (2020). Matematika dan penguatan literasi numerasi dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 85–92.

Widyastuti, E., & Airlanda, A. (2020). Efektivitas model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 140–147.

Witha, Y. P., Sutama, & Haryanto. (2021). Validitas dan reliabilitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 77–86.

Zulkarnain, M. (2023). Penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1), 89–97.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-29

Cara Mengutip

Wardani, P. R., Nahdi, D. S., & Damayanti, I. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GEOINTERAKTIF (GEOMETRI INTERAKTIF) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 868–877. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.392

Terbitan

Bagian

Artikel